Inilah 10 Tips Memilih Jasa Live Streaming Untuk Acara-acara dan Dokumentasi

Di era pandemi seperti sekarang ini, semakin banyak kegiatan yang mulai dilakukan secara online. Tidak hanya pekerjaan, namun juga kegiatan pembelajaran di seluruh sekolah dan universitas, hingga beragam event dan acara resmi juga mulai diadakan secara online.

Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilakukan karena menggunakan jasa live streaming atau jasa virtual event. Dengan menggunakan jasa tersebut, maka segala kegiatan yang dilakukan tidak harus dilaksanakan dengan berkerumun. Sehingga, semuanya bisa dilakukan di mana saja, bahkan dari rumah sekalipun.

jasa live streaming studiopelangi

jasa live streaming studiopelangi

Selain itu, jasa live streaming juga telah mencakup berbagai macam perlengkapan streaming dan teknisi yang ada di dalam bidang tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu mencari berbagai perlengkapan dan tenaga kerja lagi.

Saat ini, sudah mulai marak penyedia jasa live streaming yang menawarkan beragam fasilitas dan kelebihannya masing-masing. Meskipun demikian, Anda sebagai konsumen juga harus cermat dalam memilih jasa live streaming yang terpercaya agar mendapatkan hasil yang baik dan berkualitas.

Oleh karena itu, berikut ini 10 tips memilih jasa live streaming agar mendapatkan penyedia jasa live streaming yang bertanggung jawab dan terpercaya yang memberikan hasil berkualitas:

 

  1. Mencari Rekomendasi Penyedia Jasa Virtual Event yang Memiliki Ulasan dan Testimoni

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari beberapa rekomendasi penyedia jasa virtual event yang telah memiliki pengalaman, khususnya di bidang dokumentasi acara secara live streaming.

Untuk hal ini, Anda bisa mencarinya di Google, beragam media sosial, ataupun bertanya kepada seseorang yang pernah mengadakan acara, khususnya yang menggunakan penyedia jasa virtual event.

Saat ini sudah banyak penyedia jasa virtual event yang telah mengiklankan diri mereka di berbagai platform media sosial, hingga memiliki situs web sendiri. Sehingga, mencari rekomendasi bukanlah hal yang dirasa sulit untuk saat ini.

 

  1. Mencari Penyedia Jasa Live Streaming yang Telah Berpengalaman dan Profesional

 

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan penyedia jasa live streaming yang hendak Anda ajak kerja sama telah berpengalaman dalam bidang ini. Jangan sampai, penyedia jasa live streaming yang Anda pilih hanya merupakan jasa dokumentasi event yang bahkan tidak mengerti konsep dan seluk-beluk dari live streaming.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda melihat rekam jejak dari penyedia jasa live streaming yang hendak Anda ajak kerja sama. Biasanya, penyedia jasa live streaming yang berpengalaman telah menangani beragam acara virtual stage, seperti beragam event online hingga acara wisuda sekolah ataupun universitas yang akhir-akhir ini mulai diadakan secara online.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa bentuk promosi yang mereka gunakan untuk memasarkan jasa live streaming dengan membuka akun media sosial ataupun website mereka. Biasanya, jasa live streaming profesional akan memperlihatkan hasil live streaming yang telah mereka kerjakan, hingga daftar harga yang telah ditetapkan.

 

  1. Memastikan Penyedia Jasa Virtual Event Menggunakan Perlengkapan Profesional

 

Selain memperhatikan pengalaman dari penyedia jasa virtual event yang hendak Anda ajak kerja sama, pastikan juga jika mereka memiliki dan menggunakan perlengkapan profesional yang memadai dan khusus digunakan untuk mengadakan virtual stage.

Biasanya, mereka akan menggunakan kamera, mikrofon, alat-alat pencahayaan, laptop, dan tentu saja membutuhkan internet dengan koneksi yang cepat dan stabil untuk menjalankan live streaming.

  1. Melihat Hasil Live Streaming yang Pernah Dikerjakan

 

Salah satu cara yang harus dipertimbangkan dalam memilih jasa live streaming adalah dengan melihat hasil video virtual stage yang pernah dikerjakan sebelumnya.

Biasanya, jasa live streaming yang berpengalaman memiliki portofolio yang dapat calon konsumen lihat sebagai bukti pengalaman mereka dalam menangani berbagai macam jenis acara virtual stage.

Selain itu, mereka juga telah mengunggah video hasil live streaming yang telah mereka kerjakan di kanal YouTube mereka ataupun mengunggah video semacam teaser di akun media sosial mereka, seperti Instagram ataupun Facebook.

Dari situ, Anda bisa melihat kualitas video yang telah penyedia jasa live streaming kerjakan mulai dari kualitas perekaman hingga pencahayaan video.

 

  1. Menyediakan Daftar Harga

 

Salah satu ciri penyedia jasa yang berpengalaman adalah dengan mempersiapkan daftar harga yang dapat dilihat oleh calon konsumen. Hal ini juga berlaku pada penyedia jasa virtual event bahkan yang telah berpengalaman sekalipun.

Untuk penyedia jasa virtual event sendiri, daftar harga yang dipasang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Mulai dari kualitas streaming yang diinginkan (bisa Full HD ataupun 4K), durasi streaming, hingga skala acara yang akan dijadikan virtual stage.

 

  1. Memilih Fasilitas yang Disediakan oleh Penyelenggara Jasa Live Streaming

 

Setiap penyedia jasa live streaming menyediakan fasilitas live streaming yang dapat digunakan konsumen untuk menunjang kebutuhan acara agar dapat terlaksana dengan baik.

Untuk kualitas perekaman sendiri, biasanya jasa live streaming menyediakan kualitas perekaman mulai dari Full HD (1080p) hingga 4K sekalipun. Saran dari kami, sebenarnya Full HD sendiri sudah dirasa sangat cukup untuk mengadakan acara virtual stage. Akan tetapi, bila memiliki budget yang banyak, Anda juga bisa memilih kualitas perekaman 4K agar mendapatkan tayangan yang sangat jernih.

Selain itu, penyedia jasa live streaming juga menyediakan opsi event green screen bila Anda membutuhkannya. Event green screen adalah event yang dilakukan menggunakan background berupa layar berwarna hijau.

Nantinya, layar hijau ini akan diolah secara langsung oleh teknisi dari pihak penyedia jasa live streaming untuk nantinya disesuaikan background-nya dengan keinginan pihak penyelenggara acara. Biasanya, event green screen digunakan sebagai pengganti layar proyektor ataupun ketika pihak penyelenggara acara menginginkan background bergerak agar dapat menarik perhatian penontonnya.

Selain itu juga, penyedia jasa live streaming juga menyediakan opsi jual stage virtual custom yang dapat dipilih oleh pihak penyelenggara acara. Dengan opsi ini, maka live streaming tidak hanya dapat berjalan dan diakses melalui YouTube saja, namun juga pada beberapa layanan e-conference seperti Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan beberapa layanan lainnya dengan fungsi serupa.

 

  1. Menyesuaikan dengan Harga atau Budget yang Anda Keluarkan

 

Setelah Anda melihat beragam harga pelayanan, hingga fasilitas yang diberikan, Anda juga harus menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

Tentu semakin mahal harganya, Anda akan mendapatkan pelayanan yang semakin memuaskan. Akan tetapi, jangan memaksakan diri Anda sendiri untuk memilih harga yang mahal, namun ternyata tidak sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan acara Anda. Semisal acara dilaksanakan selama 4 jam, maka jangan memilih yang lebih ataupun kurang dari waktu tersebut. jika merasa tidak membutuhkan kualitas penayangan yang bagus, maka pilih saja Full HD.

Selain itu, biasanya setiap penyedia jasa virtual event juga memiliki beragam jenis paket event yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan acara Anda.

Bahkan, harga layanan bisa lebih mahal dari harga yang tertera jika menggunakan layanan e-conference, ataupun acara yang hendak ditayangkan secara live streaming dilakukan di kota lain. Untuk hal ini, lebih baik untuk ditanyakan kepada penyedia jasa virtual event terkait.

 

  1. Menemui Penyedia Jasa Live Streaming Secara Langsung

 

Apabila Anda telah memilih penyedia jasa live streaming yang menurut Anda cocok, Anda juga harus mendatangi penyedia jasa live streaming tersebut secara langsung ke tempat atau kantor mereka.

Biasanya, penyedia jasa live streaming mencantumkan alamat mereka pada akun media sosial mereka, hingga pada laman website mereka.

Dengan mendatangi penyedia jasa live streaming, Anda dapat memastikan beberapa hal lebih rinci lagi, baik dari harga hingga perlengkapan yang mereka gunakan untuk mengakomodir acara virtual stage yang hendak diadakan.

 

  1. Mendiskusikan Rangkaian Acara dengan Pihak Penyedia Jasa Virtual Event

 

Selain memastikan beberapa hal, Anda juga dapat mendiskusikan tentang acara virtual stage yang hendak Anda adakan, mulai dari gambaran acara, waktu, hingga tempat diadakan acara tersebut.

Mendiskusikan rangkaian acara merupakan hal yang perlu dilakukan agar nantinya tidak terjadi miskomunikasi antara pihak penyedia jasa virtual event dengan pihak penyelenggara acara.

Selain itu, Anda juga dapat mendiskusikan harga layanan yang disediakan apabila harga yang telah diperlihatkan masih dirasa belum jelas ataupun belum puas. Pastikan juga biaya yang Anda keluarkan sepadan dengan pelayanan yang Anda dapatkan.

 

  1. Memastikan Video Hasil Acara virtual stage

 

Biasanya setelah acara selesai, pihak penyedia jasa live streaming akan memberikan video hasil acara virtual stage yang telah diolah dan diedit seperlunya agar Anda, khususnya pihak penyelenggara acara, dapat menonton video hasil acara virtual stage tersebut dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Hal pertama yang harus Anda pastikan adalah dengan menanyakan berapa lama proses pengeditan video tersebut hingga selesai. Biasanya, pihak penyedia jasa live streaming membutuhkan waktu yang lama, bahkan hingga seminggu untuk menyelesaikan video tersebut.

Meskipun Anda bisa meminta lebih cepat, akan tetapi hasilnya mungkin akan menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, jangan memaksakan pihak penyedia jasa live streaming untuk menyelesaikan video tersebut dengan waktu yang sangat singkat (misal 2-3 hari) agar hasil yang Anda dapatkan akan semakin maksimal.

Untuk video hasil acara virtual stage, biasanya ada beberapa opsi output yang digunakan untuk memberikan video yang telah jadi kepada pihak penyelenggara acara. Biasanya berupa DVD, flash drive, hard disk, bahkan bisa dikirim melalui cloud sekalipun.

Untuk hal ini, Anda perlu merundingkannya terlebih dahulu. Terkadang, pihak penyedia jasa live streaming membutuhkan flash drive berkapasitas besar, bahkan hard disk sekalipun karena video hasil acara virtual stage biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar, yang bahkan tidak bisa disimpan dalam bentuk DVD sekalipun.

Namun apabila Anda tidak memiliki flash drive dan hard disk dengan kapasitas yang memadai, saran dari kami adalah bila Anda meminta mengirimkannya secara cloud. Nantinya, pihak penyedia jasa live streaming akan mengirimkan link video yang nantinya dapat Anda unduh sendiri ketika Anda merasa sudah memiliki penyimpanan file yang memadai.

Demikianlah 10 tips memilih jasa live streaming yang telah kami paparkan. Dengan mempertimbangkan beberapa tips yang telah diberikan, diharapkan Anda mendapatkan penyedia jasa live streaming yang cakap dalam menangani acara virtual stage dan memberikan pelayanan dan hasil yang sangat memuaskan.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.