11 Manfaat Live Streaming Perusahaan yang Wajib Diketahui Para Pebisnis


11 Manfaat Live Streaming Perusahaan yang Wajib Diketahui Para Pebisnis

Jasa live streaming merupakan salah satu layanan yang paling tepat untuk mendukung branding companies perusahaan Anda. Jika selama ini target audiens untuk branding belum sesuai harapan, layanan ini akan membantu Anda untuk melakukan program live streaming atau siaran langsung.

Efek Live Streaming Untuk Bisnis

Live streaming dengan virtual stage bisa dibilang sebagai salah satu strategi digital marketing yang dapat memberikan efek luar biasa untuk kemajuan bisnis Anda. Apalagi siaran langsung juga diketahui sangat efektif untuk menjalin komunikasi dengan audiens atau konsumen, khususnya di masa pandemic.

Sayangnya masih banyak perusahaan yang belum menyadari bahwa jasa virtual event dapat memberikan banyak manfaat untuk mereka, salah satunya adalah dapat memikat audiens agar merasa tertarik dengan layanan atau produk yang ditawarkan.

Live streaming dapat menjadi strategi efektif untuk mendukung branding perusahaan dan pemasaran produk. Bahkan menurut hasil riset, video live streaming saat ini mendominasi lalu lintas di internet. Berdasarkan temuan ini, terbukti bahwa banyak orang yang mau menonton video live streaming di internet. Jadi, ada banyak peluang sekaligus manfaat yang dapat diperoleh perusahaan jika memanfaatkan virtual stage.

Apa Itu Live Streaming

Live streaming itu sendiri merupakan kegiatan yang ditayangkan secara langsung melalui media baik berupa situs maupun aplikasi, siaran tersebut dapat diakses melalui aplikasi atau situs dengan memanfaatkan jaringan internet.

Acara yang ditayangkan oleh jasa virtual event dapat dinikmati saat itu juga dan videonya memungkinkan untuk disimpan dan ditonton di lain waktu. Dalam live streaming, audiens tidak hanya bisa menonton acara itu tetapi juga dapat memberikan reaksi, komentar, dan berinteraksi dengan penonton lainnya.

Karena tayangan ini disiarkan secara langsung yang juga sedang disaksikan oleh audiens, maka acara tersebut ditayangkan tanpa diedit. Untuk itu, kegiatan ini sebaiknya didukung oleh jasa virtual event yang berpengalaman untuk menghadirkan kegiatan siaran langsung yang berkualitas.

Manfaat Live Streaming Untuk Perusahaan 

Live streaming atau siaran langsung dapat membantu menciptakan interaksi yang lebih baik antara perusahaan dengan audiens. Agar semakin yakin untuk menggunakan jasa live streaming, berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan tersebut untuk perusahaan.

Dapat Menjangkau Audiens Dalam Jumlah Besar

Siaran langsung oleh jasa virtual event memungkinkan perusahaan untuk mengadakan kegiatan yang diikuti oleh audiens dalam jumlah yang besar. Melalui siaran tersebut, Anda dapat memberikan gambaran mengenai perusahaan atau produk yang ditawarkan dengan memanfaatkan media sosial atau aplikasi live streaming kepada ratusan atau bahkan ribuan orang sekaligus.

Menjadi Terobosan Baru Perusahaan Untuk Terhubung Dengan Pelanggan

Adanya virtual stage menjadi cara baru bagi perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan brand. Melalui kegiatan ini, perusahaan dapat berinteraksi secara real time atau langsung, sehingga siapapun yang sedang menonton acara tersebut akan merasakan bahwa dirinya terlibat dalam brand dan aktivitasnya juga direkam leh kamera live.

Dalam kegiatan tersebut, audiens dapat mengajukan pertanyaan langsung, memberikan tanggapan, dan komentar yang akan sangat berharga untuk perkembangan bisnis Anda. Mengingat saat ini masih sedikit brand yang memanfaatkan jasa live streaming, kegiatan ini dapat menjadi angin segar sekaligus pelopor untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dari brand competitor.

Tidak Perlu Banyak Alat dan Perlengkapan

Untuk mengadakan kegiatan live streaming, tidak perlu banyak alat dan properti yang digunakan. Apalagi jika menggunakan jasa virtual event, semua perlengkapan yang dibutuhkan tidak perlu disiapkan sendiri oleh perusahaan. 

Bahkan dengan event green screen, kegiatan live streaming dapat dibuat seolah berada di gedung atau tempat lainnya meskipun faktanya hanya menggunakan green screen sebagai latarnya. Perusahaan cukup memikirkan konten yang menarik agar audiens mau mengikuti live streaming yang ditayangkan oleh channel perusahaan Anda.

Mudah Dipromosikan

Saat ini cukup banyak situs dan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengadakan kegiatan live streaming mulai dari Youtube hingga Periscope. Untuk mempromosikannya, Anda cukup menyebarkan tautan acara tersebut di halaman web perusahaan dan berbagai media sosial, sehingga mereka yang berminat untuk ikut tinggal meng-klik tautan yang telah dibuat oleh jasa virtual event..

Promosi tersebut dapat dilakukan beberapa hari sebelum acara dimulai sehingga beritanya akan semakin tersebar lebih luas. Dengan semakin banyak orang yang mengetahui, maka akan semakin banyak juga audiens yang mungkin akan bergabung.

Cocok Untuk Menawarkan Produk yang Time Sensitive.

Acara live streaming dengan virtual stage sangat cocok dijadikan sebagai platform untuk hal-hal yang masa berlakunya cepat habis, Contohnya Anda dapat mengajak orang-orang untuk mengikuti siaran tersebut dan menyimaknya untuk mendapatkan potongan harga khusus atau bonus hadiah ketika membeli produk dari perusahaan Anda.

Selain untuk mengadakan promosi, acara live streaming juga dapat dimanfaatkan untuk mengadakan sesi tanya spesial saat peluncuran produk baru. Jadi orang-orang akan meluangkan waktu untuk bergabung dalam siaran tersebut agar dapat bertanya secara langsung karena sesi tersebut tidak mungkin dilakukan jika melihat tayangan ulang video.

Lebih Hemat

Kegiatan siaran langsung tidak memerlukan biaya yang besar, baik dari segi promosi maupun pelaksanaan acara. Pasalnya Anda juga tidak perlu menyiapkan tempat yang bagus dan studio khusus untuk menampilkan produk-produk yang akan disiarkan karena semua sudah disiapkan oleh jasa live streaming.

Meningkatkan Brand Awareness

Saat Anda berencana mengadakan siaran langsung dengan menggandeng jasa virtual event, Anda dapat menayangkan konten dengan tampilan yang beragam sehingga terlihat menarik. Siaran tersebut dapat berupa ulasan singkat, sesi motivasi, berbagi inspirasi, atau wawancara dengan pemimpin perusahaan maupun brand ambassador.

Dari kegiatan tersebut, audiens perlahan-lahan akan semakin mengenal produk dan perusahaan Anda, termasuk mengetahui kelebihannya dari competitor. Selain dapat meningkatkan brand awareness, live streaming juga dapat membantu meningkatkan brand association secara signifikan.

Menjaga Relasi yang Baik Antara Perusahaan Dengan Audiens

Pengguna internet saat ini mayoritas adalah generasi milenial dan generasi Z yang lebih menyukai tayangan video atau virtual stage daripada harus membaca teks berupa artikel atau blog.

Jadi pastikan ketika mengadakan siaran tersebut Anda dapat menyiapkan konten terbaik dan mengadakan sesi tanya jawab sehingga penonton lebih antusias dan lebih dekat dengan produk Anda serta tidak hanya menjadi audiens pasif. Hasilnya, brand loyality pun akan meningkat.

Dapat Menjangkau Pelanggan Baru

Selain meningkatkan loyalitas, siaran langsung yang menarik dengan event green screen juga sangat berpotensi untuk menjangkau audiens menjadi pelanggan baru, mereka mungkin akan merasa tertarik untuk mencoba produk yang Anda tawarkan.

Video live streaming yang menarik dan kreatif akan membuat audiens betah berlama-lama dan membagikan konten tersebut ke media sosial. Hasilnya, nanti akan semakin banyak lagi orang yang ingin mengetahui layanan atau produk dari brand Anda.

Perusahaan Dapat Memahami Keinginan Konsumen

Selain mendapatkan ulasan dari audiens saat siaran langsung, kegiatan ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui hal yang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen. Pasalnya audiens pada umumnya akan melontarkan pertanyaan atau komentar mengenai produk/

Contohnya Anda mengadakan live streaming terkait produk kecantikan serum vitamin C. Audiens yang pernah mencobanya mungkin akan menanyakan apakah serum tersebut cocok untuk semua jenis kulit, apakah serum tersebut cocok untuk remaja, dll.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul ini, Anda akan mendapatkan masukan terkait produk dan dapat mengetahui hal yang dibutuhkan konsumen. Jadi Anda dapat berinovasi dan menghadirkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Bisnis yang sukses dapat memenuhi kebutuhan dan memberikan solusi permasalahan yang dihadapi konsumen.

Dapat Didokumentasikan

Meskipun acara tersebut dilakukan secara live, perusahaan tetap mungkin untuk mendokumentasikan acara virtual stage tersebut, sehingga tidak akan hilang begitu saja. Video dokumentasi tersebut dapat disimpan di youtube perusahaan atau diunggah di media lainnya.

Live streaming bersifat evergreen karena memungkinkan Anda untuk melakukan pembahasan lebih lanjut terkait video dengan mengunduh video siaran tersebut dan mengunggahnya dilengkapi dengan konten tambahan yang mengulas tentang siaran langsung tersebut. Jadi Anda dapat memberikan akses bagi pelanggan yang terpaksa melewatkan acara siaran langsung dan tetap berpeluang mencetak penjualan melalui konten lanjutan yang dibuat.

Demikian beberapa alasan mengapa live streaming perlu dilakukan oleh perusahaan dalam berbagai kesempatan. Di era yang serba online saat ini, pengusaha harus kreatif ketika menghadirkan brand agar tetap terhubung dengan audiens, salah satunya dengan mengadakan acara live streaming.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Jasa Live Streaming

Jasa Live Streaming merupakan jasa yang menyediakan layanan perekaman video untuk disiarkan secara langsung oleh audiens. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kegiatan live streaming perlu menggunakan jasa professional

Memastikan Video Siaran Langsung Berkualitas

Merekam video yang dilakukan ala kadarnya kadang cukup mengecewakan seperti ada bagian yang tidak jelas, salah dalam mengambil sudut pengambilan gambar, dan kurang ramah bagi audiens. Dengan menggunakan jasa live streaming, para pengusaha atau pemilik bisnis dapat memastikan siaran langsung yang diselenggarakan memiliki kualitas tampilan yang professional. 

Orang-orang yang merekam selama proses acara berlangsung sudah berpengalaman sehingga sudah mengetahui sudut pengambilan yang tepat sehingga memastikan video tersebut berkualitas dan terlihat dengan jelas.

Dapat Menangani Berbagai Acara

Layanan live streaming dan jual virtual stage siap melayani berbagai acara untuk disiarkan secara langsung seperti acara peluncuran produk, talk show, webinar, promosi, dan berbagai acara lainnya yang perlu disiarkan secara langsung.  

Selain itu, layanan tersebut juga dapat menggunakan berbagai platform untuk acara siaran langsung tersebut. Jadi Anda memiliki keleluasaan untuk memilih platform yang akan digunakan untuk acara live streaming mulai dari Instagram, Facebook, Youtube, dan masih banyak lagi.

Dapat Dilakukan di Berbagai Ruangan

Acara live streaming dapat dilakukan di mana saja. Bahkan perusahaan dengan tempat terbatas pun dapat melakukan siaran ala professional dengan memanfaatkan event green screen yang dapat mengatur latar belakang acara sesuai dengan keinginan penyelenggara. 

Karena acara virtual stage ini dapat diadakan di mana saja, Anda tidak harus pergi ke studio khusus atau meninggalkan perusahaan sehingga lebih fleksibel. Nantinya, layanan live streaming tersebut yang akan datang ke tempat Anda.

Demikian beberapa manfaat menggunakan layanan live streaming untuk perusahaan. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, Anda dapat menggunakan jasa live streaming untuk mengadakan berbagai acara perusahaan dengan mudah dan tetap terlihat professional.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *