Travelling merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh orang. Dengan melakukan traveling biasanya orang akan merasakan lebih baik atau lebih bahagia. Melakukan traveling sangat pas pada waktu luang atau libur. Dengan travelling seseorang bisa menambah pengetahuan lebih luas lagi tentang hal hal baru yang ada di dunia. Namun terdapat beberapa tips travelling yang sering kali dilupakan orang.

Pengertian travelling itu sendiri adalah kegiatan travel atau perpindahan seseorang yang memiliki jarak geografis tertentu. Travelling dapat dilakukan dengan berbagai alat transportasi seperti sepeda ya, mobil, motor, kereta, kapal ataupun pesawat. Biasanya para remaja sangat gemar melakukan traveling baik sendiri maupun secara berkelompok dengan rekan rekan atau keluarga. Berikut ini saya akan membagi kan 25 tips melakukan traveling.         

Destinasi

Tips travelling pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan destinasi. Destinasi merupakan tempat tujuan, di mana kita akan menuju atau lokasi di mana tujuan akhir dari perjalanan kita. Destinasi dapat berupa kota atau suatu kabupaten ataupun suatu negara. Biasanya seseorang menentukan destinasi ketika ia menyukai suatu tempat baik itu kota ataupun tempat wisatanya.

Menentukan destinasi wisata dapat dilakukan jauh jauh hari sebelum melakukan traveling. Hal ini karena menjadi dasar dari melakukan traveling, yang mana dengan menentukan destinasi dapat memudahkan kita untuk melakukan tahapan tahapan selanjutnya.

tips travelling - destinasi

Untuk mencari referensi destinasi anda bisa melihat vlog para traveler, membaca blog travelling, mencari di sosial media, atau pun bertanya pada rekan kerja. Sebenarnya anda juga dapat melakukan traveling ke kampung halaman yang mungkin memiliki alam yang masih asri. Anda dapat menentukan destinasi utama dan destinasi cadangan apabila destinasi utama tidak memungkinkan untuk melakukan travelling.

Waktu

Tips travelling berikutnya yaitu menentukan kapan anda akan melakukan travelling. Mencari waktu traveling dapat anda cocokkan dengan jadwal anda. Bagi anda yang masih berstatus sebagai pelajar maka pilihlah waktu libur semester, namun bagi ada seorang pekerja maka anda dapat memilih liburan akhir tahun. Pililah waktu di mana anda senggang minimal satu minggu karena harus tetap dibuat spare waktu untuk beristirahat sehingga kondisi kesehatan ada tiga drop.

Transportasi PP

Setelah anda mengetahui ke mana anda akan pergi dan kapan, maka anda harus mulai mencari transportasi yang akan mengantarkan anda menuju tempat tujuan dan kembali dari tempat tujuan. Untuk menemukan alat transportasi pulang dan pergi, anda dapat melakukan riset kecil kecilan. Silahkan lakukan riset mengenai jarak antara tempat anda dan tempat tujuan, juga transportasi apa yang tersedia.

Selain itu anda juga dapat mencari revue atau ulasan perjalanan dari travel lainnya dengan tujuan destinasi yang sama. Setelah itu catatlah transportasi yang mereka gunakan. Namun anda tidak harus langsung memilih transportasi yang serupa, tapi anda juga dapat melakukan riset pada website penyedia jasa perjalanan untuk membandingkan harga yang murah dan nyaman.

Apabila anda menginginkan perjalanan yang ditempuh dengan waktu yang cepat, maka anda dapat menggunakan transportasi udara yaitu pesawat. Namun jika anda menyukai melihat pemandangan yang indah atau menginginkan perjalanan yang dapat bersinggah sehingga maka anda dapat menggunakan mobil ataupun kereta api.         

Akomodasi

Anda juga perlu mengetahui di mana anda akan beristirahat. Biasanya setiap tempat memiliki varian akomodasi dengan harga yang sesuai dengan pelayanan. Para pelaku industri pariwisata sudah banyak yang memainkan jenis akomodasi dengan harga yang murah namun tetap dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Untuk mencari akomodasi, anda dapat mulai melakukan riset pada jasa penyedia akomodasi. Namun pastikan bahwa anda mengetahui terlebih dahulu jenis akomodasi yang anda inginkan misalnya hotel atau kah hanya tempat singgah traveler biasa. Mungkin bagi para mahasiswa dapat memilih penginapan dengan harga yang lebih murah seperti penginapan untuk traveler. Atau juga dapat menyewa sejenis apartemen harian. Namun jika anda berpergian dengan keluarga atau grup besar maka akan lebih baik jika menyewa home stay atau vila atau hotel.

Pastikan bahwa akomodasi yang anda sendiri memiliki jarak yang dekat dengan tempat tempat yang akan anda tuju, atau setidaknya mudah mengakses transportasi lokal untuk mengantarkan anda pada tempat tempat wisata. Selain itu anda juga jangan lupa untuk memastikan bahwa akomodasi yang anda pilih tetap dapat merasakan vibes dari daerah tersebut.

Transportasi Selama Liburan

Selain anda perlu mengetahui transportasi yang akan mengantar anda menuju dan kembali dari tempat tujuan, anda juga harus mengetahui transportasi yang akan anda gunakan selama melakukan traveling. Misalnya apakah anda akan menyewa transportasi seperti motor atau sepeda atau mobil, atau anda memutuskan untuk menggunakan transportasi lokal yaitu kendaraan umum.

Jika anda ingin merasakan betul bagaimana masyarakat setempat, maka sebaiknya pililah gunakan transportasi lokal. Selain anda akan merasakan menjadi masyarakat lokal, anda juga akan lebih merasakan tantangan dari liburan tersebut. Dengan adanya tantangan ini akan menjadi cerita baru ketika anda selesai liburan.

Itenerary

tips travelling - itenerary

Menyiapkan itenerary adalah tips travelling berikutnya. Itenerary merupakan rencana perjalanan yang menyediakan jadwal jadwal sejak awal berangkat hingga kembali dari travelling. Mengatur rencana perjalanan dapat memudahkan anda untuk melakukan perjalanan karena segala sesuatu telah diatur sehingga anda tidak akan merasa bingung pada saat liburan. Rencana perjalanan akan menulis setiap detail dari perjalanan mulai dari jadwal keberangkatan kemudian disusul dengan kegiatan kegiatan yang dilakukan dari hari ke hari, hingga jadwal kepulangan.

Untuk membuat rencana perjalanan ini, anda dapat lihat pada mesin pencarian google referensi rencana perjalanan. Biasanya dalam rencana perjalanan terdiri dari tanggal, waktu, aktivitas, dan keterangan. Namun biasanya orang orang akan mengatur sesuai dengan aktivitas mereka tahu apa yang membuat mereka merasa lebih mudah memahami.     

Waktu Packing

Apakah anda termasuk orang orang yang akan melakukan packing pada jam jam terakhir ? Sebaiknya hindari hari ini ketika anda hendak melakukan traveling. Karena dengan melakukan packing di waktu yang mepet, kemungkinan anda akan melupakan beberapa barang yang mungkin penting. Maka dari itu aturlah waktu untuk packing sekitar tiga hari sebelum keberangkatan. Sehingga pada hari hari tetdekat keberangkatan, anda hanya perlu menambahkan benda benda lainnya.

Teknik Packing

Tips travelling lainnya yaitu teknik packing. Melakukan packing juga membutuhkan suatu teknik. Tentu anda tidak ingin bareng bawan ada terlihat besar ataupun berat. Maka dari itu ada perlu mempelajari teknik packing, misalnya dengan mengatur tata letak atau bagaimana melipat pakaian sehingga menjadi lebih kecil untuk di letakkan pada tas atau koper anda. Di youtube, anda dapat melihat banyak tips dan trik untuk melakukan packing.

Barang Bawaan

Tips travelling lainnya untuk melakukan packing adalah sebaiknya dibatasi barang bawaan, karena biasanya pulang dari travelling atau liburan anda akan membawa lebih banyak barang lagi seperti oleh oleh atau buah tangan lainnya. Bawalah barang bawaan yang memang anda butuhkan dan pasti digunakan. Misalnya dengan membawa baju tidur dua fasha untuk satu minggu karena hanya akan digunakan pada saat tidur.

tips travelling - teknik packing

Selain itu anda hanya memerlukan satu pasang baju untuk satu hari karena dalam melakukan traveling biasanya anda akan melakukan jalan jalan dari pagi hingga malam. Dan bawalah jaket apabila tempat tujuan anda memiliki udara yang dingin dan suatu waktu akan dibutuhkan.

Cek Situasi Tempat Tujuan

Tips travelling berikutnya yaitu anda juga harus melakukan pengecekan situasi tempat tujuan anda. Mulai dari suhu udara, tanggal ketika anda melakukan perjalanan apakah ada perayaan, musim, dan hal hal penting lainnya.

Sebenarnya situasi ini akan berhubungan dengan anda melakukan packing barang barang anda. Karena dengan mengetahui situasi anda dapat mengetahui kira kira barang barang esensial apa yang harus dan wajib dibawa oleh anda. Misalnya apabila anda melakukan traveling di negara swiss, maka anda perlu membawa baju baju hangat. Atau apabila anda melakukan perjalanan dan pada waktu tersebut ternyata musim hujan maka payung sangat amat diperlukan.     

Travel Size Stuff

Seperti yang telah diketahui bahwa anda hanya bisa membawa barang secukupnya. Namun pada suatu waktu mungkin anda ini membawa barang barang keperluan lainnya, misalnya bagi perempuan ingin membawa bedak, krim, sabun, sisir,  handbody, dan lain lain. Barang barang tersebut mungkin akan membutuhkan space yang cukup besar. Untuk itu anda perlu mempertimbangkan lebih lanjut lagi.

Apabila anda menginap di hotel maka biasanya barang seperti handuk dan peralatan mandi sudah disiapkan maka anda tidak perlu membawa lebih banyak. Namun jika anda menginap di tempat yang tidak menyediakan barang barang tersebut, maka anda bisa membeli tempat tempat atau ada yang berukuran travel size. Sehingga anda tidak perlu membawa barang barang dengan ukuran yang besar yang mungkin juga akan bertahan apabila anda menggunakan transportasi udara.     

Cemilan

Tahukah anda bahwa membawa cemilannya merupakan sesuatu tips travelling yang juga penting. Biasanya orang orang akan membawa cemilannya ketika mereka melakukan perjalanan yang jauh menggunakan mobil maupun kereta, namun tidak ada salahnya anda juga dapat membawa cemilannya ketika menggunakan transportasi udara ataupun transportasi laut. Membawa cemilannya tidak hanya untuk dihabiskan pada hari di mana anda melakukan perjalanan.

Namun hal ini juga akan sangat membantu di tempat tujuan, misalnya tempat akomodasi anda jauh dari pusat perbelanjaan maka sembilan ini akan membantu anda untuk mengganjal perut. Untuk itu bawalah beberapa biskuit atau roti yang kira kira bisa bertahan cukup lama sehingga anda dapat menyimpannya dan mengkonsumsi pada beberapa hari kemudian.

Tas Cadangan

Membawa tas cadangan adalah sesuatu yang antara dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Bagi anda yang berlibur bersama keluarga mungkin ini akan sangat dibutuhkan, karena kemungkinan besar anda akan membawa barang banyak kembali. Namun jika anda adalah seorang traveler yang hanya membutuhkan value dari perjalanan itu, maka anda tidak membutuhkan tempat cadangan.

Jika memang anda membutuhkan tas cadangan, maka anda dapat berbagi dengan orang lain untuk menggunakan tas tersebut. Misalnya anda berpergian dua orang, maka anda hanya cukup membawa satu koper yang berisi kebutuhan anda selama perjalanan dan satu kopernya lagi dikosongkan untuk kemudian membawa barang barang saat kembali.

Namun satu hal yang harus diingat ketika anda membawa banyak barang dalam melakukan perjalanan adalah bagaimana anda mengangkut barang tersebut. Jika anda menggunakan transportasi udara yaitu pesawat dan kereta api maka akan dibatasi masa dari bawahan tersebut, sehingga anda perlu mempertimbangkan nya lebih lanjut.

Obat

Obat adalah sesuatu yang sangat penting dan wajib anda bawa dalam melakukan perjalanan. Meskipun terkadang sebagian orang menganggap bahwa ia tidak memiliki penyakit dan dalam keadaan sehat, namun pada saat saat tertentu obat tersebut akan sangat berguna. Cobalah bawa beberapa obat seperti vitamin, parasetamol, obat flu, obat sakit kepala, minyak angin, plester, dan kebutuhan medis dasar lainnya.

tips travelling - obat

Mengapa kita perlu membawa obat meskipun sebenarnya pada tempat tujuan kita dapat membelinya. Karena kita tidak tahu kapan kita akan terserang sakit. Sehingga untuk berjaga-jaga anda harus tetap membawa obat obatan. Bagi anda yang mungkin memiliki masalah kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda sebelum melakukan travel.             

Dokumen Penting

Satu tips travelling yang seringkali dilupakan yaitu membawa dokumen penting. Sadarkah anda bahwa ternyata dokumen penting sangat membantu ketika anda melakukan traveling. Dokumen penting yang dimaksudkan adalah paspor jika anda keluar negeri, ktp, npwp, kartu pelajar, fotokopi kartu keluarga, surat sehat apabila anda sedang sakit atau menderita penyakit tertentu, asuransi dan atau dokumen penting yang kira kira berhubungan dengan identitas.

Dokumen dokumen ini mungkin sebagian bagi anda merasa tidak terlalu dibutuhkan, namun hal ini untuk menghindari jika terjadinya hal yang tidak dinginkan dan anda membutuhkan dokumen dokumen tersebut. Yang paling penting adalah kartu identitas. Jika anda tidak membawa kartu identitas maka kemungkinan anda untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara juga akan terhambat.

Persediaan Uang

Menyiapkan uang sebelum melakukan traveling adalah suatu kewajiban. Jangan selalu menganggap bahwa di tempat tujuan anda memiliki atm yang mungkin anda akan melakukan penarikan di sana. Karena menyiapkan uang juga akan digunakan sepanjang ada melakukan perjalanan.

mata uang

Selain itu uang merupakan suatu hal yang dibutuhkan sebagai alat bayar pada kondisi kondisi tertentu misalnya ketika bagasi anda kelebihan dan anda perlu membayar. Atau jika pada suatu waktu anda ingin mampir dan membeli makanan. Selain itu menyiapkan persedian uang juga untuk menghindari jika tempat tujuan anda tidak memiliki atm atau mesin atm yang cocok dengan kartu atau bank anda. Bagi para traveler yang akan melakukan perjalanan keluar negeri, maka persedian uang sangat amat penting.

Terlebih lagi mata uang yang digunakan sudah pasti berbeda, maka anda perlu melakukan penukaran uang setempat. Satu tips yang dapat anda lakukan jika melakukan perjalanan keluar negeri adalah tukarkan uang anda menjadi uang dari negara tersebut serta beberapa uang dolar amerika. Karena uang dolar amerika ini akan sangat berguna pada sisi kondisi terdesak lainnya dan selalu dapat digunakan di manapun.

Cek ATM

Sebelum melakukan traveling anda juga harus melakukan pengecekan atm. Yang pertama adalah kira kira mesin atm apa yang cocok atau dapat anda gunakan dengan kartu anda. Misalnya apabila anda berpergian masih di dalam negeri maka anda dapat menggunakan kartu kartu yang berlogo gpn pada kebanyakan mesin atm. Meskipun bank anda tidak tersedia pada lokasi tersebut namun anda tetap dapat menggunakan atm bank lain yang support gpn.

Jika anda berpergian keluar negeri maka anda perlu melakukan pengecekan atm dari bank mana yang dapat anda gunakan dan kira kira apakah kartu anda dapat digunakan di luar negeri atau tidak. Biasanya kartu dengan logo master card dan visa dapat digunakan di luar negeri. Selain itu anda juga harus melakukan pengecekan lokasi atm dari tempat akomodasi anda, seberapa jauh jaraknya sehingga anda dapat mengatur kapan anda perlu mengambil uang dan dapat menghindari hal hal yang bersifat kepepet.   

Web Check In

Jika anda hendak melakukan traveling, maka satu saran saya yaitu dengan melakukan web check in. Kini di indonesia sudah banyak penerbangan yang menyediakan fasilitas web check in. Di mana anda tidak perlu tergesa-gesa datang ke bandara untuk mengantri hanya untuk check in dan anda hanya cukup membutuhkan smart phone dan jaringan internet untuk melakukan web check in. Jangan khawatir meskipun anda membawa bagasi karena ada tetap dapat melakukan drop bagasi di bandara.  Dengan adanya web check in, dipastikan bahwa anda tidak akan terlambat melakukan check in hanya karena antrian yang panjang.

Cek Kamar Hotel

Melakukan pengecekan kamar hotel dapat anda lakukan ketika anda tiba di lokasi tujuan anda. Setelah melakukan check in hotel, maka anda dapat mengecek kamar hotel itu terlebih dahulu apakah sudah layak untuk dihuni atau ada kabar kabarnya tertinggal atau belum bersih dan lain sebagainya. Pastikan bahwa anda melakukan pengecekan di seluruh bagian ruangan kamar hotel anda secara teliti sebelum menggunakannya. Pastikan bahwa barang barang yang di sediakan merupakan barang yang bersih dan layak untuk dipakai.

room hotel

Batasi Shopping

Tips travelling penting lainnya adalah melakukan traveling yaitu dengan membatasi shopping. Bagi para ibu ibu atau kaum wanita, shopping merupakan hal yang menyenangkan. Sehingga terkadang mereka sering kalap dan lupa bahwa mereka akan pulang dengan batasan barang bawaan. Jika anda berpergian dengan jumlah orangnya banyak, kelebihan bagasi mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah karena kapasitas bagasi untuk perjalanan grup lebih besar.

Namun jika anda hanya bepergian sendirian atau dengan jumlah yang sangat sedikit maka pastikan bahwa barang yang akan anda bawa memiliki batasan masa. Untuk itu batasi melakukan shopping yang berlebihan. Pililah barang yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat anda tinggal. Selain itu pastikan bawa barang yang anda beli merupakan suatu barang yang dapat digunakan atau memiliki fungsi yang jelas.

Membatasi shopping ketika melakukan traveling juga sangat baik untuk saving money. Hal ini berlaku untuk mereka yang melakukan perjalanan di hari pertama sudah melakukan shopping besar besaran. Maka dari itu lakukan shopping pada hari terakhir anda berada di tempat tersebut. Jika anda ingin mengontrol diri anda, maka ingatkan kembali kepada diri anda apa tujuan utama anda melakukan perjalanan tersebut, apakah berbelanja.

Belajar Budaya Lokal

Satu hal yang dapat menjadi alternatif anda ketika melakukan traveling itu dengan mempelajari budaya lokal. Sebagaimana diketahui bahwa lebih sering kita berpergian maka lebih banyak ilmu yang kita dapatkan. Dengan mempelajari budaya lokal dari lokasi setempat, maka kita memiliki ilmu baru tentang aktivitas mereka yang mungkin tidak kita sangka sebelumnya.

Selain itu mempelajari budaya lokal juga dapat membantu anda untuk mengatasi masalah shopping yang berlebihan. Percayalah bahwa sesuatu yang unik itu sangat menarik untuk dipelajari. Cobalah mengunjungi tempat tempat yang menjadi ikon dari tempat tersebut dan ketahuilah sejarah mengenai tempat tersebut atau cerita khusus mengenai tempat tersebut.                 

Terminal Colokan

Untuk tips travelling yang satu ini berlaku bagi mereka yang melakukan berpergian keluar negeri. Tahukah anda bahwa jika terminal listrik di setiap negara berbeda beda, mulai dari jumlah lubang, panjang dan pendek, bentuk lubang dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan keluar negeri, pastikan bahwa anda mengetahui jenis terminal colokan yang digunakan di negara tersebut.

Selain itu anda perlu menyediakan terminal yang sesuai sehingga ketika tiba anda tidak akan kebingungan. Adapun jika anda melakukan transit maka anda juga perlu mencari tahu mengenai terminal colokan pada tempat transit anda.

Aturan Yang Berlaku Di Tempat Tujuan

Dalam melakukan perjalanan ke suatu tempat, anda harus mengetahui aturan yang berlaku di tempat tersebut. Aturan aturan ini meliputi aturan resmi dan aturan yang bersifat sosial budaya. Misalnya ketika anda hendak menyewa mobil di suatu tempat maka ketahui mengenai aturan lalulintas di tempat tersebut seperti limit kecepatan.

rules

Selain itu anda juga perlu mengetahui aturan aturan sosial yang berlaku seperti hal hal yang tidak boleh dilakukan atau pantangan-pantangan tertentu. Meskipun banyak orang yang berfikir bahwa hal tersebut bukan hal yang kita anut namun menghargai akan lebih baik. Sebagaimana yang harus kita ingat bahwa kita adalah seorang tamu yang datang ke tempat orang sehingga kita tidak dapat semenamena.

Hal ini juga akan berlaku bagi anda yang seringkali merasakan cultural shock. Maka dari itu sebelum anda shock, pastikan bahwa anda telah mengetahui terlebih dahulu.

Kontak Emergensi Tujuan

Hal penting yang harus anda siapkan dalam melakukan traveling adalah kontak emergensi di tempat tujuan. Apabila anda memiliki kerabat atau saudara di tempat tersebut maka mungkin akan sedikit lebih baik, karena ada dapat menghubungi mereka swaktu waktu ketika anda membutuhkan. Tapi jika tidak maka anda perlu mencatat nomor nomor pemerintah yang mungkin akan membantu anda ketika merasakan kesulitan.

Hal ini akan sangat bekerja bagi mereka yang berpergian keluar negeri. Mencatat nomor emergensi serta nomor kedutaan besar republik indonesia adalah suatu kewajiban. Selain itu anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghubungi mereka dan prosedur prosedur yang berlaku.     

Peta Setempat

Sebelum berpergian, tips travelling berikutnya adalah kita harus mengetahui mengenai tempat tersebut. Bagaimana cara mengetahuinya yaitu dengan cara melihat peta tempat tersebut. Anda juga dapat melakukan perjalanan menggunakan live google maps untuk melihat kondisi dan situasi setempat. Anda tidak perlu menghafal namun setidaknya anda mengerti di mana letak akomodasi anda, bandara, tempat tempat yang akan anda tuju, dan tempat penting lainnya.

Biasanya jika anda melakukan perjalanan keluar negeri, di bandara telah disediakan peta untuk para turis yang mana akan sangat membantu anda dalam melakukan eksplorasi. Sebaiknya anda tidak berharap pada penggunaan google maps, karena suatu waktu baterai anda bisa habis atau handphone anda bisa mati. Maka gunakan peta off line akan lebih membantu. Jika anda merasa bahwa di tempat tersebut tidak menyediakan peta, maka anda dapat mencetak peta tersebut dengan mengambil gambar dari google.                     

Sekian 25 tips travelling yang dapat saya bagikan. Semoga dapat membantu anda.

Baca juga: https://ekonovianto.id/menikmati-indahnya-spot-foto-the-hills-vaganza-di-malam-hari/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *