3 Trik Jitu Meningkatkan Profit Bisnis

Profit bisnis atau keuntungan perusahaan merupakan sesuatu yang bukan hanya perlu diukur, tapi juga ditingkatkan dari waktu ke waktu. Sebagai pelaku bisnis, Anda wajib mengetahui apakah profit yang didapatkan meningkat, statis, atau justru cenderung menurun.
Ketahuilah, meningkatkan omzet atau profit bisnis tak hanya soal bagaimana caranya meningkatkan penjualan. Banyak pengusaha retail yang berpikir, salah satu cara tepat dan cepat meraih keuntungan adalah dengan diskon atau promosi besar-besaran. Padahal, pemikiran tersebut salah total!

Pentingnya meningkatkan profit bisnis

Secara umum, bisnis dibangun untuk menciptakan konsumen yang dicapai melalui adanya suatu nilai manfaat berupa barang, jasa, atau kombinasi keduanya. Nilai manfaat atau yang biasa dikenal dengan value proposition ini hanya bisa terwujud jika pengusaha memahami target konsumennya.
Sebagai pelaku bisnis, pengusaha wajib menjaga agar biaya untuk mewujudkan produk tersebut lebih sedikit dari harga yang dibayar oleh konsumen. Nah, selisih harga yang dibayarkan konsumen dengan biaya yang dikeluarkan ini merupakan keuntungan perusahaan.
Meski bukan menjadi tujuan utama, keuntungan tetap wajib diperhatikan. Pasalnya, tanpa target keuntungan tertentu, suatu bisnis tidak akan bisa berjalan atau bahkan tidak mungkin eksis di masa depan. Lalu, apa saja upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan profit?

Menambah produk atau layanan baru yang efektif

Trik satu ini mungkin terdengar sederhana, tapi percayalah untuk merealisasikannya secara serius bukanlah hal yang mudah. Demi meningkatkan profit melalui produk atau layanan baru, Anda patut mencari tahu terlebih dulu apa keinginan konsumen. Cari tahu juga seberapa banyak dari mereka yang bersedia membayar untuk itu.

Nah, riset pasar secara menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya untuk produk baru tersebut merupakan cara paling tepat dalam melakukannya.

Memperluas jangkauan pasar ke wilayah baru

Inti dari trik kali ini adalah untuk memasarkan sekaligus menjual produk atau layanan kepada calon konsumen baru. Pahamilah, banyak konsumen baru berasal dari segmen atau lokasi yang berbeda dari tempat bisnis Anda beroperasi saat ini. Jika jenis bisnis Anda adalah retail, maka perluasan yang tepat dapat berupa pembukaan cabang baru di daerah yang berbeda.

Rebranding melalui media yang tepat, salah satunya video company profile

Rebranding dikenal sebagai salah satu cara yang bisa mengubah secara total atau meremajakan brand yang telah ada sebelumnya. Tentu saja, salah satu tujuannya adalah mencari profit bisnis yang dihasilkan ke depan setelah proses tersebut berjalan.

Proses rebranding secara matang akan menghasilkan sejumlah keuntungan signifikan yang dianggap sebagai proses regenerasi suatu brand. Berhasil atau tidaknya proses pembangunan kembali suatu bisnis, tak lepas dari media promosi yang digunakan. Dan media paling tepat yang bisa Anda pilih untuk memulai rebranding adalah melalui video company profile.

Video company profile merupakan media informasi perusahaan dengan format audio visual yang mencakup gambaran perusahaan secara singkat dan jelas. Umumnya, gambaran suatu perusahaan dalam media ini tidak sepenuhnya detail dan mendalam. Sebab, video company profile hanya bertujuan untuk memberikan informasi secara sederhana, namun tetap efektif.

Konten apa saja sih yang biasanya ada dalam sebuah video company profile demi meningkatkan profit bisnis?

  • Video company profile yang baik akan memuat gambaran umum tentang bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan. Siapa Anda, bergerak di bidang apa, produk apa yang dihasilkan hingga seperti apa budaya kerjanya. Visual bisnis seperti ini bisa membantu konsumen mengenal secara jelas identitas bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
  • Motivasi, inspirasi, dan latar belakang perusahaan juga perlu ada dalam setiap video company profile. Pasalnya, dengan cara ini konsumen dapat menilai bagaimana pengalaman perusahaan Anda.
  • Visi dan misi perusahaan juga umumnya turut tampil di dalam video company profile. Tentunya, penyampaian visi dan misi perusahaan ini tidak boleh ditampilkan dengan monoton. Ada baiknya jika Anda melengkapi bagian ini dengan penulisan naskah dan konsep yang menarik.

Demikian 3 trik yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan profit bisnis. Di era seperti sekarang ini, para pebisnis memang dituntut untuk mampu bersaing di segala peluang. Berani mengambil risiko ke arah yang lebih maju merupakan salah satu tujuan utamanya. Sebab, bisa dipastikan akan seiring pula dengan meningkatnya pendapatan perusahaan. Semoga bermanfaat.

“Sebagai #Marketer dan skaligus bisnis owner, saya memahami betul seluk beluk pemasaran melalui media #ONLINE baik itu #jasa seo semarang #fbAds  #jasa website semarang #GoogleAdword, saya dan tim siap membantu Anda menjangkau pasar yang Anda inginkan..”


EkonovID

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *