5 Manfaat Menggunakan Jasa Live Streaming Berkualitas bagi Bisnis Anda

 

Kemajuan teknologi menghasil beragam dimensi baru dalam dunia usaha; mulai dari munculnya peluang – peluang usaha baru hingga kebutuhan strategi dan metode pemasaran baru karena perubahan perilaku konsumen. Semakin besarnya keterlibatan internet dan sosial media dalam kehidupan kebanyakan orang menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan perilaku konsumen. Kondisi tersebut membuat banyak pelaku usaha menjadikan dunia maya sebagai salah satu target pemasaran.

 

Latar Belakang Live Streaming Sebagai Strategi Bisnis Kekinian 

Aktivitas pemasaran dan branding di dunia maya menjadi lebih disukai karena beberapa alasan; salah satunya adalah kebutuhan biaya yang lebih kecil. Alih – alih membeli jam siar di televisi nasional; kini pelaku usaha dapat melakukan siaran sendiri di dunia maya dengan memanfaatkan beragam platform aplikasi. Di sisi lain; aktivitas bisnis online atau e-commerce juga membidik konsumen yang banyak aktif di dunia maya.

Situasi ini membuat strategi melakukan live streaming atau siaran langsung melalui platform internet menjadi jauh lebih efisien dan tepat sasaran. Pada saat itulah jasa live streaming menjadi sebuah solusi untuk melakukan aktivitas live streaming yang mampu mendukung branding dan pencitraan pelaku usaha,

Dalam merespon tren dan perubahan perilaku khalayak sebagai target pasar tersebut; pelaku usaha sebaiknya juga melakukan adaptasi agar tidak kehilangan peluang. Beberapa pelaku bisnis besar seperti marketplace kini cukup rajin melakukan live streaming atau siaran langsung melalui internet dengan konten informatif dan menghibur.

Tren ini pertama kali menjadi populer di Tiongkok yang memang mengalami perkembangan aktivitas belanja online dengan pesar. Tidak hanya produk – produk yang terkait dengan hiburan dan fashion; pelaku bisnis lain seperti pertanian dan jasa juga memanfaatkan virtual event dengan live streaming untuk menjangkau target pasar mereka. Berikut ini sebuah bahasan singkat bagi Anda tentang manfaat live streaming yang bisa diperoleh untuk memajukan bisnis.

 

 

Meningkatkan Popularitas Produk dan Brand Dengan Menjadi Viral

Menjadikan dunia maya sebagai lahan bisnis sepertinya telah menjadi keharusan pada saat ini. Hampir semua sektor usaha yang mengandalkan penjualan langsung telah berevolusi merambah dunia maya untuk membidik target konsumen mereka. Ada beragam cara yang dikembangkan dan dipraktekkan untuk meningkatkan popularitas dan citra produk serta pelaku usaha di dunia maya. Berbagai metode dan platform iklan online kini semakin mudah ditemukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet dalam wujud sosial media.

Harus diakui bahwa sosial media memberi kontribusi besar pada perilaku bersosial dan juga berbelanja bagi khalayak. Potensi interaksi yang banyak dan feedback yang cepat menjadi keuntungan dari memanfaatkan dunia maya untuk beriklan dan meningkatkan popularitas. Bagaimana khalayak dunia maya atau netizen dapat dipengaruhi melalui sosial media untuk menciptakan tren menjadi bukti kekuatan medsos bagi bisnis.

Selain bermain unggahan dan konten; melakukan live streaming bisa menjadi cara lebih lanjut untuk meningkatkan engagement atau hubungan antara pelaku bisnis dengan konsumen atau target pasar mereka. Menggunakan jasa virtual event untuk melakukan live streaming bisa menjadi solusi terbaik sekaligus praktis bagi pelaku bisnis. Pelaku usaha tidak perlu repot melakukan persiapan dan mengeluarkan biaya berinvestasi pada peralatan untuk melakukan live streaming dan bisa fokus pada aspek lain seperti produksi dan penjualan.

Melakukan siaran online atau live streaming merupakan dimensi baru yang muncul berkat koneksi internet yang semakin cepat dan semakin banyaknya manusia yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Pengguna smartphone yang memiliki akun sosial media juga sangat banyak dan pada saat yang sama; mereka adalah target pasar yang sangat potensial. Alih –alih membidik khalayak umum; fokus pada target pasar pengguna smartphone bisa jadi pilihan yang sangat menguntungkan.

Jika pelaku usaha membidik target konsumen “konvensional” dalam lingkup nasional; maka penyiaran sebagai media berkomunikasi dan berinteraksi dengan target konsumen umumnya akan membutuhkan siaran televisi. Kini dengan adanya internet; pelaku usaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk beriklan di televisi atau membeli jam tayang untuk membuat program dengan tujuan meningkatkan popularitas.

Terdapat perubahan cara pandang masyarakat modern dalam menilai popularitas pada saat ini. Dahulu seseorang disebut public figure atau selebriti ketika muncul di televisi. Hal yang sama juga berlaku pada sebuah brand yang dianggap terkenal jika iklannya muncul di televisi. Kondisi tersebut telah bergeser berkat adanya internet. Kini setiap orang bisa membuat acara sendiri dan melakukan siaran sendiri melalui beragam platform seperti YouTube, Instagram, TikTok ataupun Facebook.

 

Memaksimalkan Peluang dan Keuntungan Bisnis

Setiap pelaku usaha dipastikan membidik keuntungan sebagai tujuan akhirnya. Karena alasan itulah fokus pada upaya mendapatkan keuntungan menjadi sebuah keharusan bagi pelaku bisnis apapun. Usaha untuk meraih keuntungan tersebut juga harus diiringi oleh pengetahuan tentang strategi dan perkembangan peluang usaha. Pada bagian inilah pengetahuan tentang peluang usaha di dunia maya menjadi sebuah kebutuhan.

Menjadi bagian dari aktivitas e-commerce sepertinya telah menjadi kewajiban bagi pengusaha yang membidik pasar yang luas. Meningkatkan kesadaran publik akan kehadiran produk dan brand menjadi sebuah keharusan. Salah satu cara terbaik untuk itu adalah dengan menjadi populer sehingga dikenal oleh khalayak.

Pada bagian inilah dibutuhkan strategi dan kemampuan berkomunikasi dengan khalayak. Merancang konten dan meningkatkan hubungan atau engagement menjadi sebuah kebutuhan. Melakukan kerja sama dengan pihak – pihak yang memang pakar di bidang tersebut seperti penyedia jasa virtual event bisa menjadi sebuah strategi bisnis yang sangat baik dan menguntungkan. Memiliki follower atau subscriber yang banyak di sosial media bisa menjadi sebuah modal penting untuk meningkatkan penjualan karena setiap konten informasi yang disiarkan atau diunggah berpotensi dilihat dan memberi pengaruh pada orang banyak.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan; internet dan sosial media memiliki jangkauan global sehingga pasar pelaku bisnis pada saat ini tidak lagi terbatas pada wilayah negara atau regional tertentu. Hal lain yang tidak bisa dipungkiri; akun sosial media dengan jumlah follower atau subscriber yang banyak juga bisa menjadi lahan bisnis tersendiri. Melakukan live streaming dengan perencanaan yang baik mulai dari aspek teknis hingga tampilan virtual stage yang menarik sehingga banyak ditonton bisa menghasilkan keuntungan sampingan yang tidak kalah besar.

 

 

Membiasakan Berkomunikasi Dengan Kepercayaan Diri Tinggi

Tampil dalam sebuah siaran live streaming bisa menjadi sebuah ajang melatih kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi. Hal ini penting karena pelaku usaha dituntut mampu mengkomunikasikan produk atau jasa yang dijual kepada calon konsumen. Hal ini penting jika ingin produk atau jasa tersebut terjual dan menghasilkan keuntungan.

Sedikit berbeda dengan komunikasi secara langsung; dengan melakukan live streaming maka Anda tidak harus berhadap – hadapan langsung dengan pihak yang diajak berbicara. Hal ini bisa menjadi sebuah keuntungan jika dipandang dari segi tekanan psikologis. Hal lain yang bisa dimanfaatkan adalah melibatkan orang – orang yang berpengalaman dan kompeten dari jasa live streaming terbaik dalam mempersiapkan siaran langsung Anda.

Dengan bantuan pihak yang berpengalaman; Anda bisa merancang sebuah live streaming yang terencana dan tertata. Anda bisa lebih percaya diri dengan adanya event green screen yang mendukung tampilan. Adanya dukungan teknis untuk kebutuhan video dan audio yang mumpuni juga bisa sangat membantu anda tampil mengkomunikasikan produk, jasa dan usaha Anda dengan lebih menarik.

 

 

Mengedukasi Publik Dan Meningkatkan Omzet

Live streaming bisa menjadi sarana untuk melakukan edukasi kepada publik; terutama jika Anda telah memiliki penonton yang banyak. Anda bisa membuat jadwal live streaming secara teratur; baik itu mingguan atau beberapa kali dalam sepekan. Menggunakan event green screen yang dirancang dengan baik dan menarik bisa menjadi ciri khas yang memperkuat strategi branding Anda. Hal ini bisa meningkatkan engagement atau hubungan dengan penonton selaku target konsumen dan juga sebagai upaya mengedukasi khalayak dengan informasi yang baik dan mencerahkan.

Semakin banyak orang mengenal Anda dan juga produk atau jasa yang Anda jual; maka potensi untuk meningkatkan omzet juga semakin terbuka. Faktor inilah yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis saat ini mengingat iklim bisnis dan peluang bisnis yang terus berevolusi. Kejelian melihat peluang bisa menjadi jalan meraih keuntungan.

Salah satu kelebihan dari live streaming yang harus Anda pahami adalah aktivitas ini bisa direkam untuk kemudian diunggah pada beragam platform agar bisa ditonton kembali kapanpun dan dimanapun. Bekerja sama dengan jasa live streaming terbaik bisa sangat menguntungkan karena Anda tidak hanya mendapat 1 layanan. Melakukan siaran langsung dengan baik dapat menjadi cara untuk membuat konten; artinya Anda melakukan 1 kegiatan yang bisa menghasilkan 2 keluaran berupa hubungan dengan khalayak dan bahan konten yang bisa dimanfaatkan kembali.

 

Menemukan Relasi dan Peluang Bisnis Baru Yang Menguntungkan

Salah satu tips menarik dalam melakukan live streaming adalah dengan mendatangkan tamu; sebisa mungkin tamu yang dihadirkan adalah sosok yang juga populer dan memiliki banyak follower. Praktek menggandeng sosok populer atau influencer ini umum disebut endorsement. Pada awalnya Anda mungkin harus membayar; tetapi jika Anda berhasil membuat acara live streaming yang seru dan memiliki engagement tinggi maka posisi tawar Anda juga semakin meningkat.

Ketika Anda sudah semakin populer dan memiliki citra yang dipercaya; maka akan lebih mudah untuk menemukan relasi dan membuat kerjasama yang saling menguntungkan. Bahkan live streaming Anda justru bisa jadi lahan iklan jual stage virtual custom dari pihak di mana Anda dulu membelinya saat pertama melakukan live streaming. Artinya Anda bisa menciptakan peluang bisnis baru dan menggandeng semakin banyak relasi dari beragam sektor usaha.

Semakin populer kanal atau acara live streaming Anda maka akan memberi potensi bisnis yang makin banyak menghasilkan keuntungan. Anda bisa bertukar peran sebagai influencer dan orang lain yang hadir dalam live streaming justru menjadi pihak yang membayar Anda untuk bisa ikut serta dalam siaran tersebut. Selain mempopulerkan dan menjual produk atau jasa yang selama ini menjadi fokus bisnis; Anda juga bisa menjual siaran live streaming sebagai virtual event yang bisa dimanfaatkan oleh relasi bisnis Anda untuk membantu meningkatkan popularitas atau branding.

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *