9 Tips Membuat Live Streaming Sendiri Untuk Pemula


Tips Membuat Live Streaming Sendiri Untuk Pemula

9 Tips Membuat Live Streaming Sendiri Untuk Pemula

Belakangan ini, kegiatan live streaming, atau siaran langsung, terbilang jadi salah satu kegiatan yang cukup populer. Jika beberapa tahun yang lalu, kegiatan seperti ini hanya dilakukan oleh segelintir orang, namun belakangan ini, banyak orang yang mulai melakukan kegiatan tersebut.

Bahkan kini topik yang diangkat dalam kegiatan live streaming ini cenderung lebih beragam. Tidak hanya bertujuan untuk menghibur para audience atau penonton saja. Tapi banyak juga yang melakukannya untuk tujuan memberikan edukasi, menjaga relasi dengan para penggemar dan yang lainnya.

Tidak hanya sampai disana, mengingat antusiasme para masyarakat online belakangan ini, yang senang dan tertarik untuk melakukan live streaming. Maka belakangan ini beragam sosial media mulai membuat fitur live streaming, pada aplikasi yang dimiliki. Tentu saja fitur tersebut sengaja dibuat, untuk mempermudah pada penggunanya untuk melakukan kegiatan live streaming, dengan siapa, kapan dan dimana saja.

Lalu bagaimana sebenarnya melakukan kegiatan live streaming tersebut! Tentunya ada beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan secara detail. Terutama untuk Anda para pemula, yang ingin belajar jadi penyiar secara langsung atau live streaming, maka berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan :   

Siapkan peralatan yang diperlukan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan melakukan kegiatan live streaming adalah mempersiapkan aneka perlengkapan dan peralatan yang diperlukan. Adapun aneka perlengkapan dan peralatan yang sebaiknya dipersiapkan ini tergantung kebutuhan dan kemampuan Anda.

Membeli kamera atau perlengkapan berkualitas, pastinya jadi satu poin penting, untuk menghasilkan video atau hasil live streaming yang berkualitas. Tapi jika hal tersebut tidak mampu Anda siapkan, tidak perlu sedih. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa perlengkapan berikut ini:

Kamera ponsel.

Kali ini pastikan kamera ponsel Anda mempunyai kualitas gambar dan hasil video yang baik.

Mic.

Walaupun di kamera ponsel, terdapat mic. Tapi ada baiknya jika Anda membeli mic tambahan, agar suara yang dihasilkan kelak, terdengar jelas, dan jernih.

Tripod.

Agar tangan Anda tidak pegal, tentunya Anda membutuhkan sebuah tripod. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan smartphone di tripod, agar kamera dapat tersimpan dengan baik, dan hasil gambar yang diambil juga tidak goyang.

Lightening.

Agar hasil pengambilan gambar baik, tentunya Anda membutuhkan lightening yang juga baik. Salah satu cara untuk memberikan sistem pencahayaan yang baik adalah dengan memberikan ring light. Dimana lampu ini, berbentuk ring yang biasanya diletakkan di sekeliling ponsel. Agar hasil pencahayaan di ponsel jadi lebih baik. Yang harus diingat adalah, pasang posisi ring light di tempat yang tepat.

Sinyal yang stabil.

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah, pastikan internet yang Anda gunakan untuk live streaming stabil. Agar tidak ada gangguan sinyal,ketika kegiatan streaming berlangsung.

Lain halnya ketika Anda menggunakan jasa virtual event, pastinya kegiatan seperti ini akan dipersiapkan oleh penyedia jasa tersebut.  

Siapkan peralatan cadangan

Tahukah Anda, bahwa ketika kegiatan live streaming berlangsung, pastinya tidak akan ada proses editing. Yang tidak menutup kemungkinan, ketika kegiatan live streaming berlangsung, terjadi kesalahan teknis.

Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, sebelum melakukan kegiatan live streaming, sebaiknya cek semua perlengkapan dan peralatan yang akan digunakan sebaik mungkin. Termasuk peralatan cadangan. Jadi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat mengatasinya dengan segera. Misalnya saja virtual stage, tiba-tiba rusak, maka Anda dapat menggantinya dengan menggunakan green screen.

Adapun beberapa perlengkapan cadangan yang sebaiknya dipersiapkan antara lain, laptop atau komputer, kamera, lighting, dan juga mikrofon. 

Siapkan teknik siaran secara tepat

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah, mempersiapkan teknik siaran secara tepat. Dalam hal ini, Anda harus mempersiapkan :

  • Posisi event green screen secara tepat. Apabila Anda tidak menggunakan event green screen juga tidak masalah. Anda dapat melakukan live streaming di sebuah ruangan yang sudah disetting khusus, atau di salah satu posisi kamar tertentu.
  • Posisi kamera, terutama ketika Anda akan menggunakan beberapa buah kamera sekaligus untuk kegiatan siaran.
  • Hal lain yang juga penting adalah, sistem pencahayaan. Sistem pencahayaan ini penting sekali. Agar orang yang menonton live streaming yang Anda lakukan merasa nyaman, dan tidak terganggu oleh pencahayaan yang kurang jelas. Adapun sistem pencahayaan sendiri dapat dilakukan di berbagai lokasi. Seperti kalau siang hari, Anda dapat melakukan live streaming di outdoor / luar ruangan, dekat dengan jendela, atau yang lainnya.
  • Sedangkan jika malam hari, Anda dapat menggunakan ring light, atau yang lainnya. Simpan ringlight di sekeliling kamera ponsel, atau kamera lain yang sedang digunakan. agar cahaya yang diberikan nantinya jauh lebih jelas.

Pilih topik dan rancang poin-poin yang akan dibicarakan

Jangan lupa untuk mencari tema atau topik yang akan diusung. Pilih topik yang sesuai dengan tema sosial media atau channel yang Anda lakukan. Misalnya saja kamu suka melukis, dan membuat channel tentang melukis, maka dalam kegiatan live streaming kali ini, kamu dapat mengangkat tema tentang melukis, baik itu tips trik, atau kegiatan melukis di lokasi yang kurang umum, misalnya saja di kanvas yang berukuran besar, di sebuah dinding atau yang lainnya.

Jangan lupa, untuk melakukan sederetan riset atau bahkan mencari fakta dan juga data yang akan mendukung konten dan tema yang akan diusung kelak.

Sekaligus mulai merancang aneka macam poin penting, yang akan disampaikan pada kegiatan live streaming kelak. Agar acara siaran langsung tersebut nantinya berjalan dengan lancar.  

Pilih pakaian yang tepat

Untuk memaksimalkan acara siaran langsung, bukan hanya peralatan dan materi saja yang harus dipersiapkan, namun penampilan Anda juga perlu dipersiapan. Maka untuk siaran langsung kali ini, Anda juga perlu memperhatikan, pakaian yang akan digunakan, aksesoris yang akan digunakan, dan hal lainnya. Pastikan pakaian atau penampilan Anda kelak, mampu menarik perhatian para penonton semua.

Lakukan persiapan secara matang

Kegiatan live streaming ini, bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan yang spontanitas. Tapi walaupun demikian, ada baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, agar kegiatan siaran langsung tersebut dapat berjalan dengan baik, dan juga sukses, mulai dari :

Atur jadwal siaran secara tepat

Pilih jadwal siaran yang tepat,dan pastinya mampu ditonton oleh para penonton setia Anda. Tapi walaupun jumlah penonton yang akan menonton nantinya sedikit, jangan berkecil hati, tetap lanjutkan kegiatan siaran langsung tersebut. Anda sebaiknya tetap melakukan siaran langsung tersebut sesuai jadwal, dan jangan kecewakan orang-orang yang sudah menunggu kemunculan Anda tersebut.  

Siapkan sesi tanya jawab

Akan lebih baik, ketika dalam kegiatan siaran langsung tersebut, Anda berkenan untuk melakukan sesi tanya jawab. Ini adalah salah satu bentuk kedekatan antara Anda sebagai pembawa acara atau bahkan influencer dengan para penggemar atau para penontonnya.

Yang perlu dicamkan adalah, dalam kegiatan live streaming, tidak ada presentasi formal. Yang adalah acara bincang-bincang santai. Dalam hal ini, Anda tetap perlu mengatur kapan waktu yang tepat, untuk melakukan sesi tanya jawab, dengan para audience.

Tidak hanya menjawab pertanyaan dari para audience, dalam sesi ini, Anda juga dapat memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh para audience. Hal ini yang membuat kegiatan streaming jadi terasa menarik, dan interaktif.  

Jangan batasi waktu live streaming

Apabila dalam kegiatan live streaming kali ini, Anda memperoleh banyak sekali pertanyaan menarik dari para audience, ada baiknya jika tidak membatasi layanan diskusi atau kegiatan live streaming tersebut. Apalagi pertanyaan yang diberikan, memang mempunyai nilai plus, atau mampu menjawab banyak pertanyaan sejenis dari audience lainnya. Lantaran sedikit banyak, hal-hal seperti ini, mampu meningkatkan engagement dengan para audience, dan kelak mampu meningkatkan konten lebih menarik dan informatif di masa yang akan datang, yang membuat para audiens senang karenanya.  

Mengajak teman atau mendatangkan pembicara lainnya

Agar siaran langsung tidak membosankan, tidak ada salahnya jika pada kesempatan tertentu, Anda berkolaborasi dengan teman atau pembicara lainnya. Yang tidak banyak orang sadari adalah, kegiatan seperti ini, sedikit banyak membuka peluang untuk saling memberikan promosi pada masing-masing chanel.

Secara tidak langsung Anda akan memperoleh penonton atau bahkan penggemar lain, yang awalnya dari channel lain. Mengingat kali ini Anda adalah seorang pemula, tidak ada salahnya jika sekaligus belajar, tentang teknik ketika streaming dengan baik. Baik itu tentang gaya bicara, teknik berinteraksi dengan penonton, dan yang lainnya.   

Memilih platform yang tepat

Hal berikutnya yang termasuk penting untuk diperhatikan adalah platform siaran langsung yang akan digunakan. Seperti yang diceritakan di awal, bahwa saat ini, ada beberapa sosial media yang sudah mempunyai fitur live streaming.  Kali ini, Anda akan memilih akan melakukan streaming di platform yang mana.  

Youtube

Youtube adalah salah satu platform live streaming yang paling banyak digunakan saat ini. Fitur yang dimiliki sendiri bernama youTube Live. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan integrasi video ke sosial media lainya, seperti Facebook, dan yang lainnya.   

Instagram

Instagram Stories dan IGTV adalah sistem siaran langsung yang diberikan oleh sosial media Instagram. Yang menarik, ketika Anda akan melakukan streaming menggunakan Instagram, Anda dapat menyimpan video atau bahkan bisa posting langsung di IGTV dan juga instastories diri sendiri.

Facebook

Facebook live adalah salah satu pasar streaming yang juga cukup digemari belakangan ini. Terbilang fleksibel, yang memungkinkan user, melakukan streaming menggunakan berbagai macam pilihan kamera, dan audio yang ada. Selain itu, prioritas siaran langsung tersebut, ada dalam feed dan fokus pada konten video yang ada.

Selain beberapa platform yang disebutkan di atas, ada juga platform lain yang dapat Anda gunakan, seperti Likee, Tiktok, dan yang lainnya.

Untuk memperoleh hasil visual yang lebih baik, tidak ada salahnya jika Anda menyewa jasa yang melayani jual stage virtual custom. Ini yang nanti akan membedakan antara acara streaming yang Anda lakukan dengan streaming yang dilakukan oleh influencer lainnya.

Lakukan promosi live stream

Jangan lupa untuk mempromosikan kegiatan streaming Anda pada orang lain. Anda dapat mempromosikannya melalui berbagai sosial media yang dimiliki. Cantumkan juga tanggal dan waktu pelaksanaannya, agar para audiens tahu akan kegiatan streaming tersebut.

Demikianlah beberapa tips untuk Anda, yang ingin melakukan kegiatan streaming sendiri. Terutama untuk para pemula. Tapi jika hal-hal tersebut dirasa sedikit rumit tidak masalah. Anda dapat menggunakan jasa live streaming. Dengan menggunakan penyedia jasa tersebut, Anda tidak perlu memikirkan banyak hal, seperti aneka peralatan, teknik pengambilan gambar, kecepatan internet dan yang lainnya, karena umumnya, hal-hal tersebut sudah


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *