Kunci dari Segala kunci bisnis adalah Kata Kunci : piranhamas 😀

cara meriset kata kunci untuk membangun website bisnis.

cara meriset kata kunci untuk membangun website bisnis.

sebelum membuat website yang biasa kami lakukan adalah menilai persaingan kata kunci dengan melakukan riset keyword, baik dari yang sederhana maupun metode berbayar.


hal ini menjadi kewajiban bagi mereka yang ingin melakukan optimasi seo. Jika Anda sama sekali belum pernah belajar SEO dan tidak tau sama sekali cara meriset kata kunci, ada baiknya anda menyimak ulasan berikut ini.


mengapa persaingan kata kunci ini menjadi penting. saya teringat sebuah quote yang biasa di sampaikan oleh pembicara internet marketing piranha mas. beliau bilang “kunci dari segala kunci bisnis adalah -kata kunci”. qoutes in ada benarnya saat kita sedang membangun blog atau website. kita perlu menilai persaingan kata kunci, sebab kita bisa realistis menilai apa saja yang harus dilakukan untuk memenangkan persaingan kata kunci tersebut. 

semakin berat persaingan nya makan akan semakin lama dan butuh usaha yang lebih mahal untuk optimasinya.

Belajar Menilai kompetisi Keywor untuk Website Anda

Optimasi semakin berat akan semakin lama ?

jika persaingan kata kunci semakin berat, maka semakin banyak upaya yang dilakukan untuk memenangkannya. website harus di udtae secara rutin agar SEO on page nya tetap bagus. Itupun artikelnya harus original dan setidaknya minimal 2000 kata yang terstruktur dengan baik. Dan yang lebih berat lagi adalah menulis secara berkala dan update, apalagi tiap hari. Jika Anda punya cukup modal si bisa pesan artikel saja, namun jika anda mengoptimasi dengan modal terbatas, tidak ada pilihan lain kecuali dengan melakukan sendiri. meskipun sekarang banya bot yang menjual spintax (apa itu spintax ?) namun tetap saja artikel tulisan tangan dan original jelas lebih berkualitas.

Begitu juga dengan backlink ( baca penjelasan tentang backlink), jelas lebih berat jika Anda harus mencari sendiri ribuan backlink untuk mendapat backlink berkualitas. jadi beda jika persaingan sederhana cukp 500 backlink dari web authority dbanding mencari persaingan yang 1000 apalagi 5000 backlink. oleh sebab itu memilih keyword persaingan rendah juga menjadi strategi untuk membangun website.

Optimasi keyword berat butuh biaya yang semakin mahal.

Optimasi keyword berat butuh biaya yang semakin mahal.

seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa untuk memudahkan pekerjaan bisa kita lakukan dengan membayar jasa seseorang untuk membantu optimasi. namun jika persaingan adalah kata kunci yang berat maka membutuhkan resource yang makin banyak dan maki mahal. jelas kita harus keluar biaya yang mahal untuk jasa penulis atau jasa backlink, atau jasa PBN yang berkuwalitas. 

maka secara kalkulasi juga akan menaikkan bajet Anggaran untuk persaingan, maka Anda harus memilih ingin bersaing di wilayah persaingan ringan – sedang – atau berat, Anda mau melakukan sendiri, atau untuk mempermudah Anda mau mengeluarkan biaya untuknya. 

Dengan melihat persaingan keyword kita akan realistis menghadapi persaingan.

Berikut ini ada beberapa faktor, yang bisa dibilang sangat kuat pengaruhnya untuk SEO Website.

jika kita mau membuat website,  kita harus menilai persaingan sebuah kata kunci yang akan kita hadapi. Maka yang harus kita lakukan adalah menilai faktor SEO yang dimiliki oleh website kompetitor kita. Jika kita membaca artikel tips tentang belajar SEO di beberapa artikel saya, kita bisa melihat bahwa ada tiga faktor yang akan sangat berpengaruh dalam SEO :

  1. SEO on page website
  2. banyak tidaknya backlink dalam sebuah website
  3. kenyamanan pengguna atau yang kita sebut sebagai user experience

Bagaimanakah 3 hal ini bisa mempengaruhi persaingan dalam SEO. Menilai Seo on-page sekarang ini sangat besard pengaruhnya. SOO on page menjadi faktor yang utama. Kita akan susah berkompetisi jika memiliki pesaing yang kontennya unik dan juga sangat lengkap judulnya juga memuat kata kunci.  kemudian update artikel yang sangat sering, hal ini bisa dilihat dari jumlah indeks artikel yang terindeks di Google

Jika hal ini kita perhatikan ada dalam web kompetitor kita, maka bisa dipastikan kompetisi kita akan sangat sulit,  karena tiga hal inilah yang menjadi faktor penunjang Di Dalam persaingan. Akan tetapi jika kita bisa Unggul dalam 3 hal ini maka kita bisa dengan mudah menyingkirkan para kompetitor kita.

Perhatikan tiga hal tersebut jika anda mau berkompetisi dan lakukan Seo on page Silahkan tunggu artikel saya berikutnya akan saya bahas SEO on page tersebut.

yang kedua menilai backlink dari sebuah website kompetitor.

jika website kompetitor kita memiliki banyak sekali Backlink, maka kita harus melihat secara detail seberapa banyak kualitas backlink yang dia miliki Dan seberapa bagus backlink yang dia punya. Jika terlihat bahwa kompetitor kita backlink nya banyak berasal dari artikel dalam suatu website yang sangat berbeda dari berbagai domain bisa dipastikan bahwa kompetitor kita memiliki PBN ( private Network ) dan Kemungkinan dia juga memanfaatkan review. Jadi kita harus lebih banyak daripada kompetitor kita. 

Kemudian yang ketiga adalah Kenyamanan bagi para pengguna atau yang kita sebut sebagai user experience untuk melihat website kita user experience atau tidak, kita tinggal perhatikan saja ketika kita mengunjungi website kita, itu apakah kecepatan websitenya tinggi ? Apakah desain yang menarik ? kemudian Apakah nyaman Ketika anda baca? Kontennya berkualitas atau tidak ? dan navigasinya di website tersebut jelas atau tidak? jika kita melihat bahwa komputer kita memiliki semua syarat ini maka kemungkinan besar ketika kita sulit bersaing dengan website kompetitor itu kita. Maka kita  harus punya poin Plus dalam hal user experience ini sehingga nilai kita dimata Google akan jauh lebih bagus. Tentunya untuk melakukan optimasi dengan dengan melihat kenyamanan para pengguna ini kita harus banyak-banyak memperhatikan website yang dilakukan oleh kompetitor kita.

Semua hal yang kita bahas dalam gambaran di atas ini adalah beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kecepatan atau mempengaruhi kualitas dari sebuah website maka sebaiknya kita perhatikan baik-baik tiga hal itu kemudian kita memperbaiki kualitas website kita, bila dibanding dengan website kompetitor. Maka dengan demikian peluang kita untuk menang jauh lebih besar. Sekian tipas dari saya, kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya di artikel-artikel yang lain


1 Comment

12 Plugin SEO WordPress Terbaik Website Anda di tahun 2019. · July 7, 2019 at 7:07 am

[…] – Belajar Menilai kompetisi Keyword untuk Website Anda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *