Seiring perkembangan teknologi, tentu anda semua tahu akan perkembangannya media sosial. Kini maraknya penggunaan media sosial di kalangan masyarakat bukanlah hal yang mengagetkan. Ketersediaan alat seperti smart phone, mempermudah masyarakat dari semua elemen dan semua tingkat sosial untuk menggunakan dan mengakses media sosial. Namun sayangnya penggunaan media sosial, terkadang masih pada jalur yang salah. Berikut ini saya akan membahas bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak.

Sejarah Media Sosial

Penemuan media sosial dimulai pada tahun 1978 yaitu dengan ditemukannya sistem papan buletin. Keberadaannya kemudian dijadikan sebagai alat komunikasi tanpa batas yang mana semua orang diseluruh dunia memungkinkan untuk menggunakan alat tersebut. Sehingga antara satu dengan yang lain tetap dapat berkomunikasi.

Kemudian seiring berjalan nya waktu, teknologi semakin berkembang dan media sosial pun demikian. Hingga kini kita dapat menikmati berbagai jenis media sosial dengan berbagai fungsi yang pastinya tetap dengan solusi komunikasi sepeda yang utama. Media sosial terdiri dari proyek kolaborasi, blok dan microblog, konten, situs jejaring sosial, virtual game, dan virtual sosial world.

Proyek kolaborasi merupakan situs website yang mana anda atau pengguna lain untuk dapat berkreasi pada situs tersebut. Anda bisa menambah informasi yang berhubungan dengan konten yang sedang dibahas pada situs tersebut.

Blog atau microblog merupakan situs website yang dimiliki oleh satu atau sekelompok orang yang diisi oleh konten konten tertentu. Konten merupakan konsep yang disematkan pada isi dari website misalnya media, gambar, suara, buku, video, ataupun hal lainnya. Situs jejaring sosial adalah yang mana yang sering dikenal orang sebagai sosial media. Di mana fungsi utama dari jejaring sosial ini adalah sebagai alat komunikasi yang dilengkapi dengan fitur fitur yang berbeda beda.

Jenis Media Sosial

Media sosial umumnya terdiri dari banyak jenis dengan fungsi yang juga berbeda. Berikut ini adalah jenis jenis media sosial yang paling sering digunakan oleh pengguna teknologi.

Jejaring Sosial

Jejaring sosial memiliki manfaat untuk menghubungkan antara manusia satu dengan lainnya dengan menggunakan jaringan internet. Selain memiliki dampak sebagai alat komunikasi, jejaring sosial juga memiliki manfaat yang baik bagi pengembangan bisnis seperti sebagai tempat untuk mempromosikan produk. Jejaring sosial yang kini banyak digunakan diantaranya:

  • Facebook

Merupakan salah satu media social yang ditemukan oleh mark zuckerberg pada tahun 2004. Media ini memungkinkan seseorang untuk terhubung antara satu dengan lainnya dengan cara membuat per temanan. Pengguna juga dapat mau nggak media media seperti foto video status ataupun check in pada lokasi tertentu.

  • Twitter

Berbeda dengan facebook, twitter lebih memusatkan pada penulisan status. Pengguna twitter diberikan ruang untuk menulis status dengan jumlah karakter yang dibatasi. Namun begitu twitter juga memungkinkan untuk mengelola media seperti foto atau video, hanya saja kebanyakan pengguna memilih untuk menggunakan sebagai tempat untuk menulis status.

  • Line

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan seperti room chat yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Untuk berkomunikasi menggunakan line, anda akan diberikan id dan tanda bisa saling bertukar antar sesama pengguna line. Anda juga memungkinkan untuk berkomunikasi via suara, pesan maupun panggilan video.

  • Whatsapp        

Tidak jauh berbeda dengan line, whatsapp menfokuskan pengguna untuk melakukan komunikasi langsung. Adapun status yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi. Untuk berhubungan menggunakan whatsapp, pengguna membutuhkan kontak atau nomor telefon.

Jejaring Berbagi Media Sosial

Jejaring berbagi media memiliki fungsi serupa dengan media sosial, namun jejaring ini lebih menfokuskan pada konten media seperti foto dan video. Berikut ini adalah beberapa aplikasi jejaring berbagi media.

  • Instagram
media sosial instagram

Instagram hadir pada tahun 2010, awalnya hanya dapat diakses oleh pengguna iphone. Namun selang 2 tahun kemudian, instagram memberikan akses kepada pengguna android. Aplikasi ini merupakan jejaring berbagi foto atau video antar sesame pengguna. Beerbagai fitur juga ditawarkan instagram seperti mengunggah story, membuat highlight, mengunggah video berdurasi 15 detik hingga 1 menit, mengunggah ig tv atau video yang lebih panjang dan masih banyak lagi. Anda pasti sudah hafal betul mengenai instagram karena merupakan salah satu media sosial yang paling banyak di akses di indonesia.

baca juga: https://ekonovianto.id/tips-trik-optimasi-instagram/

  • Youtube

Aplikasi jejaring media yang satu ini juga sangat terkenal. Youtube merupakan media dimana anda dapat membagikan video dengan pengguna lainnya. Satu hal yang membuat youtube menjadi unik adalah anda dapat menghasilkan pundi rupiah dari layanan yang diberikan. Namun pihak youtube memiliki standar tersendiri mengenai monetasi. Anda dituntut untuk memenuhi standar yang diberikan baru kemudian bisa mengajukan monetasi.

baca juga: https://ekonovianto.id/mengumpulkan-rupiah-dari-youtube/

Forum Diskusi

Berbeda dengan aplikasi media sosial lainnya, forum diskusi memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya suatu diskusi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Biasanya forum diskusi banyak digunakan untuk tujuan akademis. Misalnya melakukan diskusi online apabila pengajar dan murid tidak dapat bertemu langsung.

  • Reddit

Reddit pada dasarnya adalah forum di mana pengguna terdaftar dapat berbicara tentang hampir semua hal. Sepeti berita, budaya pop, teknologi, komik, film, sastra, hingga hal-hal teraneh di dunia. Namun aplikasi ini telah di banned atau telah diblokir penggunaanya di indonesia. Hal ini disebabkan oleh reddit tidak menggunakan sensor pada konten yang dihadirkan sehingga dianggap tidak sesuai dan tidak cocok digunakan di indonesia.

  • Quora

Quora memiliki layanan tanya jawab yang akan menampilkan pertanyaan tentang hal apapun dan disertai jawaban. Sering menggunakan layanan ini tentu akan membuat pengetahuan anda semakin bertambah. Namun jangan salah, memberikan pertanyaan di quora juga harus jelas dan logis. Apabila pertanyaan yang anda berikan tidak jelas makan akan ditarik atau downnote.

media sosial quora

Kurasi Konten

Kurasi konten merupakan tempat penampungan konten konten yang dapat anda gunakan apabila suatu waktu anda membutuhkan konten media. Menggunakan aplikasi kurasi konten juga sangat baik bagi anda yang berkutat didunia menulis atau blogging. Anda bisa terbantu dengan adanya kurasi konten. Anda juga dapat menggunakan untuk kemudian diunggah pada media sosial anda.

  • Pinterest

Sebagian besar dari anda mungkin tidak asing dengan pinterest. Disana anda dapat menemukan berbagai gambar yang bisa menjadikan konten anda jauh lebih menarik. Berbagai tema juga ditawarkan oleh pinterest seperti gaya hidup, gaya rambut, tema pernikahan, dekorasi ulangtahun, feed instgram dan masih banyak lagi.

  • Listly

Konten kurasi yang satu ini sedikit berbeda dengan pinterest. Listly memungkinkan anda untuk membuat daftar yang well organized atau lebih terorganisir dengan baik dan rapi. Selain itu tidak lupa juga anda tetap akan memprioritaskan target audiens anda. Sehingga rasa khawatir akan konten tidak sesuai dengan audience akan terbayarkan denggan menggunakan lastly.

  • Shutterstock

Shutterstock merupakan layanan kurasi konten yang berasal dari new york. Layanan ini tersedia melalui website maupun aplikasi mobile phone. Didalam shutterstock, anda dapat mengakses lebih dari ratusan juta foto yang telah bebas rolayti atau gratis. Sehingga anda tidak perlu ragu tentang copyright. Selain foto, anda juga dapat mengakses grafik vector, ilustrasi, hingga music video.

Jejaring Konsumer Review

Jenis media sosial yang satu ini mungkin akan asing diteling anda bahwa ia tergolong media sosial. Namun ternyata media sosial yang satu ini sangat sering anda gunakan. Dimana menyediakan informasi mengenai review suatu tempat. Aplikasi jejaring consumer review contohnya adalah zomato dan trip advisor. Bagi anda yang suka jalan jalan dan eksplor tempat baru tidak asing dengan aplikasi tersebut.

Blogging

Bagi anda para blogger, tahukah anda apabila blogging termasuk dalam media sosial? Ya blogging merupakan salah satu jenis media sosial. Biasanya blogging digunakan untuk menulis konten yang sesuai dengan minat pemiliki blog. Jenis blog yang tersedia di internet sudah sangat banyak. Anda bisa memilih yang gratis maupun membuat domain yang berbayar.

Beberapa contoh aplikasi blogging adalah medium, tumblr, blogspot dan wordpress. Blogspot dan wordpress akan sangat biasa ditelinga anda. Namun bagi anda yang menyukasi blog dalam bahasa inggris dengan pembahasan yang sedikit lebih berat, maka anda dapat menggunakan medium atau tumblr.

Tempat Berbelanja

Media sosial berupa e-commerce pasti tidak asing ditelinga anda. Media sosial ini biasanya digunakan untuk kegiatan ekonomi jual beli. Dengan media sosial ini, anda dapat membeli tanpa harus datang ke toko. Hal ini juga sangat memudahkan transaksi apabila suatu waktu anda dalam keadaan yang tidak memungkinkan atau sibuk hingga tidak dapat mengunjungi tempat berbelanja. Contohnya shopee, tokopedia, lazada.

Pada media sosial ini anda dapat melakukan belanja berbagai produk dari berbagai merk. Mulai dari kebutuhan sehari hari, makanan, minuman, perabotan besar hingga kecil dan masih banyak lagi. Kini banyak brand yang selalu mengeluarkan aplikasi e commerce untuk memudahkan pembeli jarak jauh. Anda tidak perlu khawatir karena harga yang diberikan juga sama dengan harga yang ada ditoko.

Aturan Mengenai Penggunaan Media Sosial

Aturan atau dasar hukum penggunakan media sosial diatur pada Undang Undang Dasar Republik Indonesia tepatnya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Beberapa pasal yang mengatur tentang penggunaan media sosial adalah:

dasar hukum ber media sosial
  • Pasal 27 ayat 3

Pasal ini mengatur tentang penghinaan atau bentuk pencemaran nama baik. Bagi anda yang sering berkomentar namun tidak memperhatikan etika, maka berhati hatilah karena anda bisa saja dipidanakan dengan ancaman penjara selama 4 tahun dan/atau denda sekitar rp. 750.000.000.

  • Pasal 27 ayat 1

Pada pasal ini mengatur tentang norma kesusilaan. Bagi anda yang secara sengaja mengunggah konten yang melanggar norma kesusilaan yang diatur negara, maka anda akan terancam dihukum dengan pidana 6 tahun penjara tahun dan/atau denda sekitar rp. 1.000.000.000.

  • Pasal 45 ayat 1

Mengatur tentang setiap orang yang menyebarkan berita menyesatkan. Hal ini berhubungan dengan penyebaran berita hoaks atau tidak diketahui kebenarannya. Anda akan dipidanakan 6 tahun penjara tahun dan/atau denda sekitar rp. 1.000.000.000. Maka dari itu berhati hatilah dalam menyebarkan berita.

  • Pasal 45 ayat 2

Menyebarkan berita yang mengandung kebencian atau isu sara juga memiliki ancaman 6 tahun penjara tahun dan/atau denda sekitar rp. 1.000.000.000. Hal ini karena dianggap meresahkan masyarakat yang mana membuat kepanikan dan dapat berdampak terjadinya kekacauan pada masyarakat.

Tips Menggunakan Media Sosial

Unggahan Foto Dan Video

Dalam menggunakan media sosial, kita seringkali mau nggak foto dan video. Namun terkadang kita tidak sadar bahwa buka’an tersebut bisa menjadi boomerang bagi diri kita. Mengunggah foto dan video termasuk salah satu cara untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan, akan tetapi ternyata memiliki batasan batasan tertentu.

Pernahkah anda mendengarkan tentang jejak digital. Hal ini yang akan berhubungan dengan unggahan foto atau video pada media sosial. Sebagaimana ketika kita mengunggah foto atau video, meskipun nantinya sudah dihapus namun ternyata masih tersimpan pada satu sistem yang kita sendiri tidak tahu bagaimana cara menghilangkannya. Kejadian terburuk bisa saja terjadi yang mana ketika suatu waktu tanpa disengaja organ tersebut bisa muncul kembali. Sehingga sangat disarankan untuk lebih berhati hati dalam foto dan video.

Apabila anda hendak tangga foto atau video, pastikan foto tersebut layak untuk dikonsumsi publik. Selain menjadi jejak digital yang berbahaya bagi diri sendiri, ternyata mengunggah foto dan video juga memiliki dampak buruk lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan adanya media sosial, orang orang akan terhubung tanpa batasan jarak.

Sehingga hal ini dapat diartikan bahwa foto atau video yang anda unggah juga dapat dikonsumsi oleh orang orang tersebut. Bisa saja ketika hal buruk sedang menimpa anda, foto yang anda unggah disalahgunakan oleh orang lain. Apalagi pada media sosial yang bersifat publik. Maka dari itu sebaiknya anda hanya mengunggah foto yang sewajarnya atau layak untuk dikonsumsi oleh publik. Karena kita tidak mengetahui siapa saja yang melihat foto tersebut dan apakah ada yang berniat jaahat atau tidak kepada kita.        

Informasi Personal

Banyak orang yang mengunggah informasi personal pada media sosial. Meskipun mungkin sebagian dari anda akan berfikir bahwa sah sah saja apabila seseorang ingin mengunggah tentang apapun. Namun yang harus anda pertimbangkan adalah apakah informasi tersebut dapat membahayakan diri anda atau tidak. Informasi yang bersifat personal sebaiknya tidak anda sebarkan atau hanya disimpan sebagai privasi. Informasi personal yang dimaksud adalah seperti alamat email, nomor hp, alamat rumah, tanggal lahir, atau data data yang bersifat pribadi lainnya.

Sebagaimana yang dibahas pada poin sebelumnya mengenai unggahan foto dan video, yang mana orang orang dari segala penjuru dunia dapat mengakses atau mengetahui unggahan anda dengan menggunakan media sosial. Maka dari itu informasi yang bersifat personal juga sangat beresiko. Salah satu resiko nya yaitu penyalahgunaan informasi. Kemungkinan kemungkinan yang bisa terjadi adalah orang dapat menggunakan informasi anda untuk hal hal yang bersifat membahayakan anda misalnya dengan membuat sesuatu atas nama anda.

Bayangkan saja apabila suatu waktu tiba tiba ada tagihan yang datang ke rumah anda tanpa sepengetahuan anda hanya karena orang salah menggunakan informasi yang anda berikan. Ataupun misalnya ketika ada yang tiba tiba datang dan berniat buruk ke kediaman anda untuk membahayakan anda dan keluarga. Hal ini tidak menutup kemungkinan hanya karena mudahan yang anda berikan orang mengetahui segala seluk-beluk kehidupan anda. Sehingga sebaiknya anda lakukan adalah jangan memberikan informasi personal pada media sosial.      

Etika Berkomentar

Memberikan komentar di media sosial juga harus memperhatikan etika. Biasanya orang orang merasa bahwa ketika memberikan komentar di media sosial, mereka tidak memberikan komentar secara langsung sehingga dengan leluasa mereka berkomentar. Namun ternyata, memberikan komentar yang berlebihan juga bisa dikenakan pasal undang undang. Hal inilah yang disebut dengan cyber crime.

Istilah cyber crime digunakan untuk segala bentuk kejahatan yang dilakukan melalui internet. Salah satunya yaitu memberikan komentar negatif pada media sosial. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa cyber crime ini sangat berbahaya dan bisa menjerumuskan seseorang ke dalam jeruji. Bentuk bentuk cyber crime diantaranya adalah memberikan komentar negatif, komentar yang berbau isu agama, isu suku, rasisme, mencela pemerintah, atau bersifat bullying.

Komentar negatif secara tidak langsung mempengaruhi mental seseorang. Hanya karena komentar yang bersifat judging, seseorang bisa mengalami gangguan mental seperti depresi dan stress. Tidak heran kini banyak orang yang melaporkan kepada pihak yang berwajib ketika mengalami komentar yang bersifat negatif. Ingat bahwa mulutmu harimaumu. Maka dari itu sebaiknya berikanlah komentar yang sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Jangan terlalu sering mengurusi hidup orang apabila kita tidak mengetahui yang sebenarnya. Karena sesungguhnya media sosial hanyalah tempat untuk berkomunikasi dan bukan berarti bersosialisasi kita telah mengetahui seluruh hidup seseorang.      

Mengetahui Audiens

Dalam ber media sosial kita harus paham siapa audiens. Audiens adalah orang orang yang memiliki jaringan dengan kita pada suatu media sosial. Pada facebook audience disebut dengan teman, pada instagram edit disebut dengan followers, pada twitter audience disebut dengan followers, pada line serta pada whatsapp audiens adalah kontak yang ada pada handphone kita. Memahami siapa audiens adalah suatu kewajiban, karena kita dapat mengetahui hal yang dapat kita sajikan dan tidak dapat kita sajikan.

Memahami siapa audiens bukan berarti kita dapat membatasi hak kita untuk berekspresi di media sosial. Namun dengan mengetahui siapa audiens, kita dapat lebih sadar bahwa dalam ber ekspresi juga mungkin bisa menyinggung orang lain atau membahayakan diri sendiri, apabila audiens kita mungkin tidak sepemikiran dengan kita. Dengan begitu kemungkinan besar terjadinya komentar negatif atau salah dalam mengunggah tidak akan terjadi.

Misalnya anda adalah seorang guru, dan audience anda kebanyakan adalah murid atau siswa anda. Maka dari itu mungkin akan kurang layak apabila anda mengunggah tentang masalah keluarga anda atau contoh yang kurang baik. Karena secara tidak langsung audiens anda akan menyimak dan mencontohi karena ia menganggap bahwa anda seorang guru. Apabila seorang guru dapat melakukannya biasanya murid akan menganggap itu adalah hal yang benar. Sehingga sebaiknya anda memikirkan kembali tentang apa yang akan anda ekspresikan sesuai dengan audiens anda tahu tidak.

Tips untuk terindah dari permasalahan tersebut adalah tidak mengunggah konten yang berbau negatif seperti perbuatan mencela dan pornografi. Jika anda menganggap bahwa anda tetap ingin mengunggah sesuai dengan apa yang dinginkan, maka sebaiknya buatlah close friend atau batasi siapa saja yang dapat melihat unggahan tersebut.

Sebagai Tempat Untuk Bersosialisasi

Sebagaimana namanya media sosial, hal ini berarti digunakan untuk tempat bersosialisasi. Maupun sosialisasi sangat luas, namun yang di titik beratkan adalah bagaimana kita menjadikan interaksi dengan orang lain. Pada media sosial mungkin bagi sebagian orang akan sangat membatasi dirinya dalam berteman, akan tetapi tahukah anda bahwa ini adalah suatu kesempatan untuk anda membuat jaringan seluas luasnya.

Media sosial menawarkan jejaring sosial tanpa batasan wilayah. Anda dapat berteman dengan siapa pun dari penjuru dunia. Untuk itu manfaatkan hari ini untuk sesuatu yang bersifat positif. Membuat per temanan dengan orang bukanlah hal yang sulit, selain itu juga anda dapat menciptakan jaringan baru apabila suatu waktu ternyata anda membutuhkan orang tersebut.

komunikasi menggunakan media sosial

Ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan apabila menjalin pertemanan pada media sosial. Pastikan bahwa orang tersebut memiliki kesamaan interest atau kepentingan dengan anda, yang mana orang tersebut juga ingin bersosialisasi pada media sosial. Kedua yaitu pastikan bahwa akun yang digunakan orang tersebut adalah akun asli dan bukan akun palsu. Hal ini dapat anda ketahui seberapa sering intensitas orang tersebut melakukan unggahan.

Anda juga dapat menyalurkan hobi dan bakat yang sama melalui media sosial. Misalnya pada instagram anda bisa mengikuti beberapa akun yang mungkin akan membantu anda untuk meningkatkan minat dan bakat anda. Salah satunya yaitu melukis atau photografi. Mengikuti akun akun yang menyediakan konten lukisan atau hasil foto dapat membantu anda untuk menemukan ide ide baru.

Selain itu anda juga bisa bertanya kepada mereka apabila ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan. Secara tidak soal sosialisasi atau interaksi antara dua manusia telah terjadi pada media sosial tersebut. Dan keduanya mendapatkan nilai positif karena saling berbagi.         

Tidak Menyebarkan Hoax

Isu yang satu ini yang paling sering terjadi pada media sosial. Menyebarkan isu hoax sangat banyak ditemukan pada media sosial akhir akhir ini. Sebagaimana diketahui bahwa media memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi. Melalui media orang orang akan mengetahui informasi yang terjadi di manapun. Salah satu contohnya yaitu melalui berita atau koran.

Akan tetapi yang terjadi justru banyak orang yang menjadikan dirinya sebagai media dengan membuat isu hoax atau palsu dan menyebarkan melalui media sosial karena mengetahui bahwa penyebaran melalui sosial akan sangat cepat. Selain itu juga dengan menyebarkan di media sosial orang orang pakan dapat dengan mudah saling menyebarkan dan informasi tersebut semakin cepat didapatkan oleh orang lain. Hingga saat ini masih belum ditemukan bagaimana cara yang paling efektif untuk mengatasi isu hoax.

Isu hoax yang dimaksud di sini adalah isu yang tidak diketahui kebenarannya dan dibuat oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu. Misalnya ada oknum – oknum yang menginginkan terjadinya masalah atau mengadu dombakan antara satu kubu dengan kubu lainnya. Maka biasanya orang tersebut akan membuat suatu sms atau berita yang dapat memancing keadaan sehingga timbul amarah.

Membuat isu hoax sangat dilarang anda bisa dikenakan pasal yang telah diatur oleh undang undang republik indonesia. Jangan sampai anda berpikir bahwa itu adalah hal yang lumrah dan tidak akan diketahui. Karena sesungguhnya indonesia juga memiliki badan intelijen dan dapat dengan mudah mendeteksi penyebaran isu hoax apalagi yang berbau isu sensitif.

hoax

Maka dari itu pastikan bahwa anda tidak menyebarkan isu hoax. Apabila anda menerima suatu berita atau informasi maka pastikan bahwa berita tersebut memang benar adanya sebelum anda kembali menyebarkan. Karena orang yang menyebalkan juga akan terkena pasal meskipun ia tidak membuatnya.              


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *