Ini Perbedaan Target Konsumen dalam Pemasaran Online dan Offline

Pemasaran online sebenarnya merupakan sebuah kegiatan perdagangan yang dilakukan secara online, melalui sistem komputer untuk menghubungkan pelanggan dengan penjual barang atau jasa secara lebih mudah. Sedangkan pemasaran offline merupakan sebuah kegiatan pemasaran barang atau jasa yang dilakukan secara langsung. Dimana produsen dan konsumen bisa bertatap langsung ketika proses transaksi berlangsung.

Bisnis online dan offline ini tentu saja pasti akan memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Khususnya dalam proses pemasan barang atau jasanya. Untuk bisnis online, biaya yang diperlukan relatif murah ketika akan melakukan pemasaran dan promosinya. Hal ini membuat modalnya menjadi lebih mudah untuk dijangkau, dibandingkan dengan bisnis offline yang rata-rata membutuhkan sebuah modal yang besar.

Namun, pembeda bisnis online dan offline bukan berhenti hanya di situ saja, karena ternyata masih banyak perbedaan yang lainnya termasuk target konsumen dalam pemasarannya. Menurut Valentine (2018) berikut ini merupakan perbedaan yang sangat mencolok dari pemasaran online dan offline, silahkan baca selengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Dilihat dari Segi Jangkauan

Jika dilihat dari segi jangkauan pemasaran, bisnis offline ketika menjual suatu produk biasanya konsumen harus mendatangi tempat produser berjualan. Umumnya, toko offline hanya bisa melayani pelanggan yang berada di daerah toko tersebut berada. Kemudian untuk bisa menarik banyak konsumen, podusen melakukanya dengan membagikan brosur kepada mereka.

Sedangkan dalam sebuah bisnis online, pemasaran dilakukan secara online menggunakan digital marketing. Sehingga jangkauan konsumen pun menjadi semakin luas jika dibandingkan dengan bisnis offline. Bahkan untuk bisnis ini bisa mencapai konsumen hingga ke luar kota atau luar pulau sekalipun. Sehingga dalam hal memperoleh keuntungan pun pemasaran online memiliki peluang yang lebih besar.

Perbedaan Dilihat dari Strategi Pemasaran

Bisnis online dan offline tentu saja memiliki strategi pemasaran yang berbeda pula. Dalam strategi pemasaran offline, untuk bisa menarik konsumen biasanya dilakukan dengan membuat dan memasang sebuah spanduk berukuran cukup besar di area toko tempat berjualan, atau bisa juga dengan menyebar brosur pada orang sekitar. Sayangnya jangkauannya berarti hanya orang di sekitar toko itu saja.

Sedangkan untuk pemasaran online strategi yang digunakan untuk bisa menarik konsumen, ialah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEM (Search Engine Marketing) dan tidak lupa sosial media. Sehingga cakupan untuk bisa mendapatkan pelanggan banyak lebih luas dan banyak. Dengan begini, orang akan lebih mudah untuk mengenali bisnis online yang tengah dijalankan.

Perbedaan Dilihat dari Pengenalan Brand

Dalam sebuah bisnis offline, pada umunya pembeli akan datang ke toko karena toko tersebut telah terkenal kualitasnya. Karena siapapun tidak ada yang mau mengambil risiko untuk belanja di toko yang belum begitu terkenal kualitasnya. Dengan hal ini, toko offline selalu membutuhkan promosi baik dari mulut ke mulut, agar banyak orang yang mengenal produk.

Sedangkan untuk online, target konsumen pemasaran ini biasanya kurang begitu peduli dengan brand apa yang ada. Konsumen biasanya akan lebih mengutamakan keberadaan marketplace yang telah terpercaya. Sehingga jalinan kerja sama yang baik dengan market place akan sangat membantu produsen, untuk bisa menarik banyak pelanggan ke toko onlinenya.

Pemasaran dalam bentuk online ataupun offline sebenarnya sama saja, tergantung pada kenyamanan pada setiap produsen. Jika lebih nyaman dengan bisnis offline maka tidak ada yang salah jika produsen lebih memilih jenis tersebut. Kemudian, jika produsen memilih bisnis online pun bukan sebuah tolak ukur kesuksesan seseorang, meskipun pemasaran online ini memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.

“Sebagai #Marketer dan skaligus bisnis owner, saya memahami betul seluk beluk pemasaran melalui media #ONLINE baik itu #jasa seo semarang #fbAds  #jasa website semarang #GoogleAdword, saya dan tim siap membantu Anda menjangkau pasar yang Anda inginkan..”


EkonovID

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *