Mengenal SEO Dalam Pemasaran Online dan Fungsinya!

SEO dalam pemasaran online memiliki peranan yang sangat penting terhadap produk Anda. Semakin bagus SEO yang Anda terapkan, tentunya akan semakin besar juga peluang produk Anda untuk dilihat konsumen. Berbekal hal ini, akan semakin banyak juga konsumen yang memberli produk Anda. Tak heran jika jasa SEO saat ini menjadi salah satu jasa dengan bayaran tertinggi di dunia maya.

Meskipun SEO sangat penting, seringkali mereka yang masih awam tidak terlalu memperhatikannya, serta lebih memilih melakukan pemasaran dan penjualan di dunia maya dengan cara mereka sendiri. Tentu saja hal ini sangat tidak direkomendasikan karena bisa mendatangkan banyak kendala. Jika Anda melakukan pemasaran tanpa dibekali SEO yang baik, peluang produk Anda terjual akan semakin kecil.

Pasalnya produk Anda akan kalah bersaing oleh mereka yang melakukan penerapan SEO di dalam webnya. Menilik dari hal ini, SEO dalam pemasaran online tentu berpengaruh besar terhadap segala aspek yang berkaitan di dalamnya. Karenanya sangat penting bagi Anda untuk memahami apa itu SEO dan manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan, pada saat Anda melakukan penerapan di dalamnya.

Pengertian SEO Dalam Pemasaran Online

Bagi Anda yang masih awam dalam pembahasan SEO, sangat baik jika Anda mengenal istilah satu ini lebih dulu, yaitu SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai optimisasi mesin pencari. Bicara mesin pencari atau search engine, tentunya tidak akan bisa lepas dari satu kata yang sangat populer saat ini, Google.

Mengapa Google yang ditargetkan? Bukankan ada banyak mesin pencari di dunia maya? Hal ini benar adanya. Akan tetapi mayoritas pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencari. Karenanya Google seringkali dijadikan acuan oleh para SEO spesialis untuk mengukur kualitas seo dari sebuah postingan.

Hal ini berlaku untuk postingan jenis apapun baik itu penjualan, ataupun sekedar berita. Jadi gampangnya, SEO ini bisa diartikan sebagai cara untuk membuat postingan kita populer dan masuk ke halaman pertama google sehingga banyak yang membacanya. Sederhana sekali bukan?

Jenis-jenis Optimasi SEO yang Harus Dipahami

Ada beberapa jenis SEO dalam pemasaran online, karena yang kita bahas ini adalah artikel. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas dua saja yakni SEO On-Page dan SEO Off-Page. Kedua jenis SEO ini saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan wajib Anda terapkan keduanya jika ingin hasil yang maksimal. SEO On-Page adalah SEO yang diterapkan di dalam artikel yang Anda buat.

Contoh penerapan SEO On-Page adalah penempatan Keyword. Keyword ini bisa disederhanakan menjadi kata kata yang seringkali digunakan oleh para netizen untuk mencari informasi di mesin pencari. Misalkan saat seorang membutuhkan informasi mengenai “manfaat dari buah tomat untuk kesehatan”, apakah dia akan mengetikkan manfaat tomat, manfaat buah tomat, tomat untuk kesehatan, atau kata kata lainnya.

Pemilihan dan penempatan keyword yang tepat akan sangat membantu artikel Anda untuk segera dibaca oleh Google dan direkomendasikan kepada para konsumen yang ada di mesin pencari. Sedangkan mengenai SEO Off-Page, ini merupakan metode penerapan SEO yang berhubungan dengan web Anda. Seberapa banyak jumlah postingan yang Anda miliki, niche yang Anda bahas, dan aspek penting lain seperti misalnya links building, nama website Anda, domain yang digunakan, kesehatan web Anda, dan berbagai aspek lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami bahas pada kesempatan kali ini. Melakukan optimasi pada mesin pencari sudah pasti akan meningkatkan penjualan Anda di dunia maya. Tak heran, jika kemudian banyak orang yang rela membayar maha jasa SEO untuk memaksimalkan proses bisnis mereka di internet. Itulah manfaat dari penerapan SEO dalam pemasaran online yang wajib Anda pahami.

“Sebagai #Marketer dan skaligus bisnis owner, saya memahami betul seluk beluk pemasaran melalui media #ONLINE baik itu #jasa seo semarang #fbAds  #jasa website semarang #GoogleAdword, saya dan tim siap membantu Anda menjangkau pasar yang Anda inginkan..”


EkonovID

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *