Mendengar kata YouTube, pasti sudah tidak asing ditelinga anda. Kini semakin banyak orang menggunakan aplikasi tersebut hampir di seluruh penjuru dunia. Keberadaan YouTube mendekatkan setiap orang yang memiliki platform tersebut. Bahkan sudah banyak orang juga yang meraih keuntungan dari penggunaannya.

Tulisan kali ini, kami akan membahas seputar YouTube, mulai dari pembahasan secara umum, sedikit sejarah, bagaimana membuat akun, serta apa saja yang ada di pada aplikasi tersebut. Jadi buat kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut, selamat membaca.

YouTube

Pada pembahasan ini kami akan membahas mengenai YouTube itu sendiri. Sudah banyak orang yang menggunakan aplukasi tersebut, namun tidak banyak dari mereka memahami mengenai platform video itu dan bagaimana perkembangannya.

Tentang YouTube

YouTube merupakan platform berbagi video daring yang berasal dari Amerika. Platform ini berpusat di california, yang mana awal mulanya dibuat pada tahun 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Setahun kemudian, YouTube dibeli oleh Google dan menjadi anak perusahaan Google.

Dengan menggunakan YouTube, pengguna dapat melakukan aktivitas seperti mengunggah, melihat, menilai, mengunduh, mengomentari, melaporkan, hingga membagi kan video. Konten konten yang biasanya terdapat pada YouTube diantaranya video klip, musik, film pendek, film dokumenter, rekaman audio, livestreamin, klip acara tv, hingga konten blogging video atau disebut dengan vlog.

Pada platform YouTube, tidak dibatasi penggunaan baik untuk individu wall maupun untuk perusahaan. Namun sebagian besar merupakan pengguna individu. Beberapa korporasi media besar juga memiliki akun YouTube seperti BBC, CBS, VEVO, TvOne, NET Tv, Kompas Media, MNC, dan masih banyak lagi.

Melalui platform YouTube, seseorang dapat menghasilkan pendapatan. Pendapatan tersebut didapatkan dari iklan dan jumlah penonton. Hingga 2017, ditemukan sudah sekitar 400 jam konten yang diunggah pada platform tersebut. Kini platform berbagi video tersebut dikabarkan sangat jauh berkembang seiring berkembangnya teknologi. Sudah banyak juga fitur fitur YouTube yang berkembang.

Cara Membuat Youtube

Untuk membuat akun YouTube atau channel, pertama tama pastikan bahwa anda memiliki alamat email. Lalu langkah kedua adalah mengunjungi situs atau halaman YouTube, namun jika anda menggunakan aplikasi pada handphone maka anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut.

Jika sudah berada pada halaman YouTube, maka anda klik pojok kanan atas layar lalu pilih sign in. Masukan email pada kolom tersebut dan buatlah password anda. Kini anda sudah memiliki akun YouTube.

Tahap berikutnya jika anda ingin membuat channel, yaitu setelah masuk pada halaman YouTube klik pojok atas kanan dan pilih settings. Setelah itu akan muncul pilihan create a new channel. Akan muncul beberapa kolom yang harus anda isi, adanya perlu mengikuti hingga tahapan selesai.

Serba – Serbi Youtube

Untuk mengenal YouTube lebih jauh lagi, berikut ini adalah beberapa istilah yang biasa digunakan dalam platform YouTube.

Adsense

Fitur yang satu ini merupakan daya tarik YouTube. Sudah banyak yang meraup keuntungan dari adsense YouTube. Justru sekarang ini sangat banyak anak muda yang ingin menjadi YouTuber. Adsense adalah program kerjasama dalam bentuk iklan yang mana diselenggarakan oleh Google.

Sehingga pemilik channel yang telah mendaftar dan disetujui diperbolehkan memasang iklan yang ditentukan oleh Google dan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan. Keuntungan adsense berupa sistem pay per click atau pembayaran setiap kliknya.

Namun untuk mendaftar adsense YouTube tidaklah mudah, karena anda harus menunggu disetujui oleh pihak YouTube. Banyak orang juga yang belum mengetahui mengenai syarat adsense. Diantaranya adalah akun YouTube anda harus telah terverifikasi, memiliki 1000 subscriber, tidak melakukan spaming, memiliki 4000 jam tayang selama 12 bulan.

Maka dari itu, sebelum mendaftar adsense pastikan anda telah memenuhi syarat syarat tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan sering membuat konten yang mampu menarik banyak orang sehingga semakin banyak orang yang menonton dan subscribe channel anda.

Tahapan dalam mendaftar adsense YouTube adalah persetujuan dari partner program YouTube, menghubungkan akun YouTube dengan adsense, mengatur pilihan monetisasi, menunggu review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Subscriber

Subscriber merupakan istilah yang digunakan YouTube bagi penonton yang telah mengakui dan menyatakan bahwa mereka ingin menonton lebih banyak konten suatu channel. Tombol subscribe seperti tanda berlangganan. Keberadaan subscriber sangat membantu kesuksesan channel YouTube, bagaimana menjadi salah satu syarat untuk pengajuan adsense. Dengan mengklik tombol subscribe, maka seseorang akan lebih sering mendapat rekomendasi video dari channel tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips menambah subscriber.

Konten Unik

Membuat konten anda unik dan berbeda dari yang lainnya dengan cara menjadi diri sendiri. Ketika mengembangkan konten, sangat disarankan untuk anda tetap menjadi diri anda sendiri sehingga tidak perlu mengikuti orang lain untuk menyusun konten anda. Keunikan atau perbedaan yang terdapat pada konten anda yang akan menjadi daya tarik untuk para subscriber.

Konsistensi Tema

Konsistensi tema sangat dibutuhkan. Sebelum anda menyusun konten pastikan terlebih dahulu tema yang akan anda bawakan pada YouTube anda berkisar apa misalnya tentang teori konspirasi, kisah horror, channel keluarga, atau berita lainnya. Pastikan sepanjang membuat konten, tidak akan terlalu jauh dari tema tersebut.

Ekspresif

Ketika membuat konten YouTube, pemilik akun dituntut untuk ekspresif. Hal ini karena anda menghadap kepada kamera seakan akan bercerita dengan orang banyak. Maka dari itu ekspresif seakan anda bersemangat.

Jadwal

Buatlah jadwal untuk mengunggah video, jadwal ini untuk menata konsistensi.c sehingga anda tidak akan lupa untuk mengunggah video anda, dan channel anda tetap akan selalu aktif.

Carilah ide menarik sebagai konten yang akan anda buat. Jangan buat konten yang sudah pernah dibuat oleh orang lain. Apabila isinya kurang lebih sama maka anda harus membuat judul yang unik sehingga orang merasa bahwa konten anda berbeda dan lebih menarik.

Unggah video sebanyak mungkin. Seorang YouTuber tidak akan memahami konten apa yang disukai oleh penonton. Untuk itu, buatlah video yang banyak sehingga anda akan mendapat jam tayang lebih banyak serta lebih berpotensi untuk menarik banyak subscribernya.

Pastikan bahwa kualitas video yang anda tayangkan bagus dan tidak mengganggu kelihatan. Meskipun hal ini terkesan sulit, namun setidaknya video tersebut tidak bu rum dan jelas sehingga orang merasa nyaman untuk menonton.

Sering lakukan promosi merupakan suatu kewajiban. Promosikan channel akun anda pada sosial media sehingga orang mengetahui bahwa anda memiliki channel YouTube. Pada YouTube juga terdapat fitur membangkitkan yang mana anda dapat membagi kan langsung pada beberapa sosial media seperti whatsapp, line, facebook, instagram ataupun email.

Likes / Dislike

Like atau dislike merupakan istilah yang digunakan apabila penonton ingin mengutarakan bagaimana penilaian nya pada video YouTube. Lies memiliki makna menyukai sedangkan dislike adalah tidak menyukai.

Komentar

Komentar merupakan salah satu fitur yang disediakan YouTube untuk para penonton memberikan pendapatnya mengenai video yang ditonton. Kolom komentar tidak hanya terdapat pada video biasa namun juga terdapat pada video siaran langsung, yang mana komentarnya juga akan langsung ditayangkan.

Keberadaan kolom komentar sangat membantu para pengembang channel YouTube, karena mereka akan melihat apakah penonton menyukai atau tidak menyukai dan disertai alasan. Tanpa mengurangi privasi pemilik channel, YouTube juga menyediakan bagi pemilik akun apabila merasa bahwa kolom komentar perlu ditutup.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah dalam memberikan komentar, anda juga harus memperhatikan etika karena jangan sampai melanggar aturan yang berada di negara kita.

Play Button

Play button merupakan bentuk penghargaan yang diberikan YouTube kepada channel channel yang populer. Pemberian hadiah play button tergantung pada jumlah subscriber yang dicapai oleh channel tersebut. Setiap channel akan direview terlebih dahulu oleh tim tertentu sebelum diberikan hadiah. Salah satu syarat review adalah dengan melihat apakah channel tersebut telah mengikuti gaya lain yang diberikan atau belum. Berikut ini adalah beberapa tahapan penghargaan yang diberikan oleh YouTube.

Graphite

Adalah penghargaan yang diberikan untuk channel yang mencapai 100 subscribers. Namun penghargaan ini tidak diberikan dalam bentuk play button.

Opal

Diberikan untuk channel yang lebih dari 1000 subscribers. Biasanya ketika channel sudah sampai pada tahap ini maka siap untuk melakukan monetisasi.

Bronze

Pada tahapan ini, channel YouTube sudah mencapai 10000 subscribers. Namun masih belum diberikan play button.

Silver Button

Ketika mencapai 100000 subscribers, channel YouTube akan dikirimkan hadiah berupa silver button. Hadiah ini dibuat dari bahan metal yang ditengahnya bertuliskan nama dari channel YouTube tersebut dan dibungkus pada kotak.    

Gold Button

Apabila channel mencapai 1000000 subscribers, maka akan dikirimkan sekali lagi gold button. Dengan warna yang berbeda yaitu warna emas dan terbuat dari bahan metal, membuat dengarkan ini terasa sangat precious.

Diamond Button

Penghargaan ini akan didapatkan bagi mereka yang sudah memiliki lebih dari 10000000 subscribers. Semenjak februari 2020, dikonfirmasi bahwa telah ada 566 channel yang mencapai tahap ini.

Custom Button

Penghargaan ini memiliki warna seperti logo YouTube yaitu warna merah dengan lambang segitiga. Untuk mendapat penghargaan ilmu, channel harus melebihi 50000000 subscribers.

Red Diamond

Ini merupakan harga yang tertinggi bagi channel yang telah meraih 100000000 subscribers. Serasa tidak mungkin namun ternyata sejauh ini sudah ada dua channel YouTube yang meraih penghargaan ini. Pengertian ini terbuat dari kristal yang diberi warna hitam dan segitiga merah ditengah.

Share / Membagikan

Fitur share atau membagi kan merupakan salah satu tombol yang biasanya diletakkan di bawah video YouTube. Fungsinya adalah untuk membagi kan link dari video anda. Ini bisa menjadi salah satu alternatif apabila anda menginginkan video anda banyak ditonton, maka sebaiknya sering sering dan banyak banyak lah membagi kan video anda. Ketika anda mengetuk tombol tersebut, maka secara langsung anda akan bisa memilih di mana anda akan membagi kan link tersebut. Beberapa list sosial media secara otomatis langsung ada dan dapat dipilih.      

Batasan Umur (18+)

YouTube memberikan salah satu fitur yang diberi nama batasan umur. Fitur ini secara otomatis akan mendeteksi konten konten yang tidak layak ditonton bagi umur saya tentu. Biasanya konten konten tersebut adalah yang mengandung pornografi. Untuk mengakses konten tersebut, anda harus masuk menggunakan akun yang menandakan bahwa anda berada di atas 18 tahun. Fitur ini tentu sangat baik, karena untuk menyaring video video apabila anak di bawah umur menggunakan YouTube.

Live Streaming

Siaran langsung merupakan salah satu fitur yang ada pada YouTube. Fitur ini diluncurkan pada bulan april 2011. Namun sebelumnya uji coba telah dilakukan pada tahun 2009 yaitu konser u2 dan pada sesi tanya jawab presiden Amerika barrack obama tahun 2010.

Awalnya fitur ini terbatas pada pengguna tertentu namun pada tahun 2013 dibuka untuk pengguna yang telah ter ferry fixasi dengan jumlah 1000 subscribers. Hingga kemudian pada akhir tahun 2013 diresmikan siaran langsung dibuka untuk seluruh pengguna. Fitur siaran langsung pernah digunakan pada olimpiade london 2012.

Siaran langsung dari tahun ke tahun selalu dikembangkan oleh pihak YouTube. Tahun 2017, siaran langsung resmi dikenalkan pada pengguna telepon genggam. Yang mana pengguna telepon genggam dapat melakukan siaran langsung YouTube hanya dengan bermodalkan kamera telepon genggam. Siaran langsung YouTube juga memiliki resolusi 4k ada 60 fps dan mendukung video 360 °.         

Layanan YouTube

YouTube Music

Layanan ini merupakan streaming musik yang dikembangkan oleh YouTube. Anda diberikan layanan antarmuka untuk streaming musik, selain itu juga memungkinkan para pengguna untuk menelusuri lagu serta video berdasarkan genre, play list dan rekomendasi.

YouTube Kids

YouTube kids merupakan salah satu aplikasi video yang dikembangkan oleh yutub itu sendiri. Aplikasi ini dibuat khusus untuk anak anak yang berada di bawah usia 12 tahun. Isi dari aplikasi tersebut kurang lebih sama dengan YouTube pada umumnya namun hanya berisi konten konten seputar dunia anak. Setelah resmi merilis aplikasi ini, beberapa perusahaan besar juga ikut merilis YouTube kids.

Keberadaan YouTube kids sangat baik. Apalagi di jaman sekarang ini hampir semua anak anak sangat melek akan teknologi. Sehingga bagi anda para ibu ibu, tidak perlu khawatir untuk memberikan YouTube kids kepada anak anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda perlu mengunduh secara terpisah dari aplikasi YouTube pada umumnya.    

YouTube Premium

Merupakan salah satu layanan berbayar berlangganan yang ditawarkan oleh YouTube. Layanan ini menyediakan akses bebas iklan menuju konten di seluruh layanan, dan akses menuju program premium yang diproduksi melalui kolaborasi dengan pembuat situs tertentu, saya dan ini juga mendukung pemutaran secara offline dan latar belakang video pada perangkat seluler, akses streaming musik YouTube juga tersedia pada layanan ini. Untuk mendapatkan layanan ini, tentu anda harus berlangganan dan membayar setiap bulannya.

Melalui layanan YouTube premium, penonton dapat menikmati konten tanpa adanya iklan yang menghalangi baik melalui website ataupun aplikasi. Selain itu anda juga dapat menggunakan layanan ini pada aplikasi YouTube musik, YouTube gaming, dan YouTube kids. Layanan ini resmi dimulai pada tahun 2018. Terdaftar telah ada 82 negara yang mendukung penggunaan YouTube premium. 

Cara Membuat Video Youtube

Karena banyak dari anda yang pasti ingin membuat video YouTube, berikut ini kami tampilkan beberapa tahapan untuk membuat video YouTube.

Konten

Yang paling pertama dan utama harus anda pikirkan adalah konten. Kira kira konten apa yang akan anda buat. Untuk memilih konten tidak bisa sembarangan, karena konten tersebut akan mencerminkan mengenai bagaimana kepribadian anda sebagai pemilik channel. Dalam artian anda harus membuat konten yang menjadi ciri khas diri anda sendiri. Tips dalam memilih konten diantaranya adalah pilih konten yang berbeda dari channel air lainnya, jangan meniru atau plagiat dari channel lainnya, buatlah konten yang sesuai dengan passion anda sehingga anda tidak kaku dalam pembuatan video, buat kontan yang bersifat kepanjangan karena anda harus konsisten satu arah untuk konten berikutnya.           

Melakukan Riset

Setelah mengetahui konten apa yang akan anda buat, kedua yaitu lakukan riset. Melakukan riset bertujuan untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan, memahami proses dan mematangkan konsep yang telah anda bayangkan. Anda bisa melakukan riset dengan cara mencari channel YouTube serupa sebanyak mungkin dan lihatlah apa yang sudah mereka sajikan dan apa yang belum, apa yang menarik dan apa yang tidak, dari sana anda bisa belajar banyak mengenai konten anda.

Kedua yaitu banyak membaca, membaca memberikan anda pengetahuan sehingga menguasai konten yang akan anda buat, carilah bahan pada mesin pencarian Google atau buku majalah yang berhubungan dengan konten anda. Ketiga yaitu bertanya pada orang yang pernah membuat konten serupa, tanyakan hal apapun yang ingin anda ketahui dan belum anda ketahui. Dari ketiga cara diatas akan memberikan anda lebih dari cukup pengetahuan untuk menyusun konten.

Persiapan

Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, kini saatnya anda melakukan persiapan. Kumpulkan bahan serta peralatan yang dibutuhkan. Yang paling pasti adalah kamera untuk mengambil gambar. Peralatan mendukung lainnya dapat berupa lighting untuk penerang, script apabila anda membutuhkan, dekorasi, serta bahan konten lainnya.

Eksekusi

Lalu masuk pada tahap eksekusi yaitu pembuatan video. Disini kami akan bagikan beberapa tips. Ambillah video secara jelas atau tidak blur, karena video blur mengundang ketidaknyamanan. Pastikan penerangan yang diberikan cukup untuk menunjang kualitas video. Editlah video dengan watermark nama channel anda untuk menghindar terjadinya plagiarism. Buatlah video pembuka dan penutup untuk menyapa para penonton. Selain itu, anda juga bisa mengingatkan penonton untuk subscribe channel anda dan setia menonton video video dari anda.

Mengunggah Video

Setelah selesai membuat video, kini anda sudah bisa mengunggah video pada channel YouTube anda. Menggunggah video sangat disarankan menggunakan jaringan internet yang stabil. Biasanya proses mengunggah video apalagi video yang panjang membutuhkan koneksi stabil serta waktu yang lama. Maka dari itu, anda harus bersiap dengan hal tersebut. Untuk mengatur konsistensi channel YouTube anda, anda juga dapat membuat jadwal khusus untuk mengunggah video anda. Misalnya pada minggu jam 10 pagi atau lainnya.

Satu hal yang wajib anda lakukan adalah mengecek kembali video sebelum mengunggah video anda. Anda bisa menonton berkali kali untuk memastikan semuanya sudah seperti apa yang direncanakan. Anda juga dapat mengajak kerabat untuk memberikan penilaian sebelum mengunggah video.

Review

Setelah video anda berhasil di unggah, anda harus memantau bagaimana trafik pada video anda. Mulailah dengan melihat jumlah like dan dislike, apabila ada komen yang kurang menyenangkan maka anda pelu mencatat. Catatan tersebut menjadi pelajaran bagi anda untuk melakukan perbaikan. Hasil dari review ini akan menjadi tolak ukur untuk anda menyusun konten berikutnya.

Tips Mengembangkan YouTube

Konsistensi Mengunggah Video

Untuk mengembangkan YouTube, yang harus anda atur adalah bagaimana konsistensi anda dalam mengunggah video. Hal ini tentu sangat penting sehingga anda membutuhkan jadwal kapan anda akan mengunggah video. Tidak hanya sekedar membuat jadwal namun anda juga harus komitmen untuk menuruti jadwal tersebut. Konsistensi dalam mengunggah video menandakan bahwa akun anda aktif selain itu juga memastikan bahwa penonton anda tidak akan berpaling ke lain channel.

Judul dan Pembuka Menarik

Membuat judul bagi sebagian orang adalah hal yang membingungkan. Terkadang banyak YouTuber yang membuat judul panjang dan berbelit belit. Namun yang perlu anda lakukan adalah buatlah judul yang singkat padat dan jelas namun tetap menarik. Selain itu pada pembukaan video, tidak perlu terlalu banyak basa basi yang terpenting adalah bagaimana anda menyapa penonton anda terlebih dahulu. Sehingga sangat disarankan untuk membuat judul serta pembuka yang menarik namun tidak berbelit.      

Thumbnail Menarik

Thumbnail video merupakan tampilan yang digunakan pada video YouTube. Berupa satu gambar yang mampu menggambarkan bagaimana isi dari video tersebut. Keberadaan thumbnail secara tidak langsung mempengaruhi minat orang untuk menonton video anda. Bayangkan saja apabila tampilan tersebut kurang menarik dan muncul pada sisi bagian kanan YouTube maka orang tidak akan mengetuk video tersebut, sebaliknya jika menarik maka akan langsung ditonton.

Untuk membuat tampilan ini, buatlah seakan akan menonton bertanya tanya dan penasaran apa isi dari video tersebut. Namun satu hal yang harus anda pastikan adalah membuat tampilan juga harus konsisten dari konten yang satu ke konten yang lain.

Video Berdurasi Panjang

Sebagaimana diketahui bahwa jam tayang merupakan salah satu faktor penentu untuk melakukan monetisasi. Maka dari itu salah satu alternatif yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuat video berdurasi panjang. Namun isi dari video tersebut juga harus dipastikan bahwa menarik sehingga orang tidak bosan untuk menonton. Membuat video berdurasi panjang tidak harus di unggah dalam waktu sekali, anda juga dapat membuat penonton menjadi penasaran dengan membagi-bagikannya video tersebut dalam bentuk series.          

Kolaborasi

Bagi YouTuber pemula, mendapatkan penonton sangatlah sulit. Maka dari itu sangat disarankan anda untuk melakukan kolaborasi. Melakukan kolaborasi dengan akun atau channel terkenal karena penonton mereka dipastikan juga akan ikut menonton video anda. Selain itu secara tidak langsung YouTuber yang anda aja kolaborasi bisa juga merekomendasi video anda kepada penonton nya sehingga ini menjadi tahapan promosi.

Membangun Hubungan Dengan Penonton

Penonton adalah sesuatu yang berharga bagi akun anda. Keberadaan mereka sangat menentukan keberhasilan channel YouTube anda. Sebagai YouTuber baru atau pemula, sangat disarankan anda untuk membangun hubungan baik dengan penonton.

Caranya adalah dengan membalas komentar mereka atau sekedar memberikan like pada komentar mereka. Hal ini menunjukkan bagaimana anda merespon mereka dengan baik sehingga mereka juga merasa anda adalah orang yang hangat dan secara emosional akan tumbuh kedekatan tersendiri. Tidak menutup kemungkinan bahwa kemudian mereka akan semakin setia menonton video video dari anda.

Demikian sedikit tulisan mengenai YouTube. Berdasarkan ulasan di atas tidak heran apabila gini banyak orang yang ingin menjadi YouTuber. Salah satu alasannya karena memiliki prospek yang sangat baik serta untung yang menjanjikan. Semoga tulisan ini dapat memberikan anda pandangan baru mengenai dunia YouTube.

Baca juga: https://ekonovianto.id/tips-trik-optimasi-instagram/


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *