Top Tips Jasa Live Streaming: Panduan dan Cara Melakukan Live Streaming Untuk Pemula

 

Live Streaming, Apa Itu?

Live streaming tengah menjadi trend tersendiri yang keberadaannya turut meningkatkan kebutuhan akan jasa live streaming. Siaran langsung atau live streaming sendiri merupakan suatu konten video yang dapat disiarkan secara langsung.

Singkatnya seperti menonton acara langsung di televisi, bedanya Anda selaku live streamer (penyiar langsung) dan penonton membutuhkan akses internet serta platform sebagai media siaran. Sementara itu penonton bisa menonton siaran Anda melalui gadget, baik smartphone maupun PC dengan platform pendukung yang sudah terinstall sebelumnya.

Tema siaran langsung sangat beragam tergantung dari tujuan live streamer. Beberapa bertujuan menghibur, promosi produk atau jasa live streaming event, mengedukasi, menjaga hubungan dengan pengikut, dan lainnya. Untuk seorang penyiar yang sama pun bisa memiliki tema berbeda-beda. Misalnya pada suatu kesempatan bertujuan mengenalkan produk baru dan pada kesempatan lain melakukan siaran sekedar menyapa pengikut setia.

Dalam siaran langsung tidak diperlukan post production atau editing. Dimana Anda cukup menyalakan kamera kemudian memulai perekaman langsung. Pada umumnya, video yang direkam secara otomatis tersimpan agar bisa dilihat kembali selesai live streaming. Bagi penonton atau pengikut yang ketinggalan pun bisa menontonnya di waktu senggang.

Sejumlah platform media sosial sekarang dilengkapi fitur live streaming dengan nama berbeda-beda. Contohnya seperti fitur Live pada Instagram dan Facebook, ada pula fitur Periscope untuk Twitter. Adanya fitur live streaming yang disediakan media sosial memberi peluang kepada siapa saja bisa melakukan siaran langsung kapan saja dan dari mana saja. Baik menggunakan jasa live streaming atau mandiri. Apakah Anda tertarik melakukan live streaming?

 

Perlukah Live Streaming?

Bagi beberapa orang seperti pengguna pasif media sosial bisa dibilang tidak begitu membutuhkan fitur live streaming atau sewa jasa live streaming. Mungkin tidak untuk melakukan siaran langsung, tetapi sesekali cukup tertarik melihat video siarang langsung seseorang yang diikuti.

Memang sangat berbeda bagi mereka yang aktif dalam kegiatan tertentu. Terutama mereka yang mendapat pemasukan tambahan dari internet. Mungkin Anda salah satu diantaranya yang memiliki income menjanjikan via internet? Bila iya tentu Anda harus memanfaatkan fitur live streaming dan bekerjasama dengan jasa virtual event profesional.

Live streaming termasuk konten marketing yang bersifat interaktif yang perlu dilakukan guna memudahkan mencapai tujuan. Cara ini memungkinkan Anda dapat berinteraksi dengan penonton secara langsung. Dimana para penonton bisa menuliskan komentar ataupun bereaksi selama menonton siaran Anda.

Dengan pengaturan tertentu, pengikut Anda akan mendapat notifikasi bila Anda memulai siaran langsung. Karenanya siaran langsung dapat diandalkan sebagai strategi marketing untuk menjaring banyak penonton. Lebih jelasnya berikut beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan live streaming:

Untuk Menjangkau Penonton Baru

Live streaming bisa menjadi jalan Anda menjaring penonton baru. Dari hasil study terkait konsumen pernah dilakukan di USA. Didapati hasil konsumen usia 8 hingga 64 tahun lebih tertarik dengan live streaming yang dinilai lebih menarik untuk memperbarui informasi mereka.

Dibanding strategi marketing konvensional, streaming dengan persiapan dari tempat jual stage virtual custom dinilai lebih authentic. Para konsumen lebih tertarik menonton video langsung dibanding harus membaca konten tertulis atau VOD (Video on Demand). Wajar jika persentase hasil menonton siaran langsung akhir-akhir ini meroket tinggi.

Bila konsumen senang dan merasa video live yang ditonton menarik, tidak jarang mereka akan membagikan secara sukarela. Hal inilah akan membuat video semakin tersebar luas dan meningkatkan brand awareness secara tidak langsung.

 

Untuk Meningkatkan Brand Personality dan Engagement Penonton

Video langsung memang sekilas memiliki kelemahan, dimana Anda tidak bisa melakukan editing untuk menutup hal yang kurang sempurna. Video langsung akan menampilkan setiap hal apa adanya. Namun, di sinilah yang dicari penonton Anda untuk bisa melihat kondisi aslinya.

Ketidaksempurnaan yang ditampilkan malah dapat menegaskan bahwa brand Anda nyata. Penonton pun merasa dapat menilai apa adanya tanpa perlu ragu akan adanya tipu-tipu lewat editing. Kesempatan baik untuk membangun brand personality.

Sebenarnya untuk tampilan siaran yang lebih epic Anda bisa menggunakan virtual stage yang cocok. Setidaknya hal tersebut akan mengurangi keterbatasan penampakan lokasi secara tidak langsung.

 

Untuk Menyuguhkan Konten Secara Real Time

Saat melakukan siaran langsung dengan virtual stage stimulator online, penonton Anda berkesempatan mendapat informasi terbaru secara real time. Misalnya informasi tentang launching produk baru, diskon, atau promo. Untuk pengenalan produk baru, Anda bisa memberikan review sembari menunjukkan benda secara langsung.

Dari sisi penonton tentu hal ini menarik bisa melihat tampilan produk tanpa editing. Bila penonton merasa tertarik pun dapat menanyakan tentang produk secara langsung dengan melakukan interaksi melalui komentar.

Menggunakan live streaming Anda juga bisa menunjukkan kegiatan di balik layar. Anda bisa mengajak penonton melihat langsung kondisi apa adanya termasuk penggunaan event green screen misalnya. Sekilas Anda hanya akan menampilkan sisi berantakan dari perencanaan pembuatan siaran langsung, tetapi bagi penggemar setia itu sangat menarik. Sehingga hal ini termasuk ide bagus seperlu membangun kedekatan dengan penonton atau pengikut baru Anda.

 

Cara Memulai Live Streaming Untuk Pemula

Bagaimana cara melakukan live streaming? Apa saja yang harus disiapkan? Perlukah membeli persiapan dari tempat jual stage virtual custom? Bila kali ini menjadi kesempatan pertama Anda wajar jika Anda masih merasa bingung. Tidak perlu khawatir karena berikut diberikan panduan dan cara melakukan live streaming bagi pemula:

 

Menyiapkan Peralatan

Untuk melakukan siaran langsung dibutuhkan beberapa peralatan pendukung. Sebagai pemula Anda tidak membutuhkan peralatan bermerek atau peralatan mahal. Anda bisa menggunakan kamera ponsel yang dimiliki. Anda hanya perlu memastikan kamera ponsel dapat merekam secara bersih supaya kualitas tampilan baik.

Agar kegiatan merekam lebih bebas, Anda bisa memanfaatkan penggunaan tripod. Hal ini penting apalagi jika saat streaming Anda butuh menggerakkan tangan misal untuk peragaan atau menjelaskan sesuatu di virtual stage. Namun, jika Anda belum memiliki tripod sekiranya bisa menggunakan benda lain sebagai sandaran.

Pilih lokasi dengan pencahayaan yang cukup agar video jelas tidak gelap. Bila terpaksa mengambil video di dalam ruangan Anda bisa menggunakan ring light atau menggunakan lampu ruangan yang terang. Sebagai pemula sah-sah saja menggunakan event green screen untuk memiliki latar siaran yang baik dan layak dipertunjukkan.

Satu hal penting lain yang perlu dipastikan adalah akses internet lancar sehingga video tidak terjeda. Adapun bila Anda memang memiliki modal lebih tidak ada salahnya melengkapi perlengkapan siaran seperti membeli earphone hingga layar hijau yang menunjang kegiatan.

 

Melakukan Persiapan

Spontanitas pada siaran live dinilai memiliki daya tarik tersendiri. Namun, mengingat Anda akan berinteraksi dengan penonton tetap dianjurkan mempersiapkan beberapa hal mulai dari mengatur jadwal hingga mempersiapkan sesi tanya jawab. Hal ini seperlu memastikan kegiatan berlangsung terarah dan mencapai tujuan.

Bila saat streaming hanya sedikit penonton yang menonton, pastikan untuk tetap melanjutkan sesuai jadwal. Sediakan waktu untuk melakukan tanya jawab. Live streaming kebanyakan bukan presentasi formal dengan virtual stage, seperti kegiatan promosi produk misalnya. Meski demikian, Anda tetap wajib mengatur waktu yang dialokasikan untuk dialog dan sesi tanya jawab dengan penonton.

Jangan menghentikan siaran langsung virtual seketika. Terlebih bila banyak pertanyaan dari penonton usahakan untuk menjawab dengan baik. Karena bisa jadi pertanyaan itu memang yang penonton butuhkan dan dapat meningkatkan peluang engagement.

 

Menentukan Tema

Tentukan tema yang dapat menarik perhatian penonton, sehingga mereka berkenan meluangkan waktu untuk menonton. Akan tetapi, memang lebih baik bila tema dipilih sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Catat poin-poin penting yang harus disampaikan agar tidak terlupa.

Bila Anda menjual produk tertentu seperti produk kecantikan, tidak ada salahnya bila di salah satu kesempatan siaran Anda mengundang seorang ahli. Dengan mengajak seorang ahli berbicara sesuai tema, maka itu akan menjadi nilai plus untuk brand Anda. Menggunakan jasa virtual event juga dapat menunjukkan keseriusan Anda dalam perencanaan siaran langsung.

 

Memilih Platform

Sebelumnya sudah disebutkan bila sejumlah media sosial kini dilengkapi fitur live streaming. Lantas, dimana Anda harus melakukan live streaming? Pilih platform tepat yang mudah dan sering diakses penonton Anda. Sebagai pemula sangat disarankan menggandeng jasa live streaming Youtube.

Youtube merupakan salah satu platform yang banyak dipilih penggunanya untuk melakukan video siaran langsung, selain Instagram. Untuk mendapatkan pundi-pundi pemasukan Anda bisa memonetisasi lalu menambahkan ads pada live streaming Anda. Namun, tentu ada risiko gangguan. Lakukan konsultasi dengan  jasa live streaming berpengalaman untuk mengambil pilihan terbaik.

 

Mempromosikan Siaran

Jika tujuan live streaming Anda untuk menjaring banyak penonton, maka sebaiknya lakukan promosi seperti halnya sebuah perusahaan akan menggelar acara besar. Promosikan melalui sejumlah media sosial agar pengikut Anda mengetahui tentang rencana siaran langsung. Informasikan perihal waktu, tema, dan pembicara pada acara siaran Anda.

Anda juga bisa melakukan digital advertising untuk merangkul para penonton. Dalam hal ini menggunakan jasa virtual event pun direkomendasikan.

Menyuguhkan Konten Eksklusif

Ada banyak bentuk konten eksklusif. Mulai dari informasi dari seorang ahli, penelitian, atau pengunduhan informasi yang dapat dilakukan penonton dengan registrasi, potongan harga khusus untuk pembelian produk selama kegiatan streaming berlangsung, atau informasi yang hanya akan diperoleh penonton bila mereka berkenan registrasi.

Tentu masih ada pilihan lain seperlu menarik perhatian penonton agar berkenan bergabung melihat siaran Anda. Apapun itu, pastikan Anda hanya menyuguhkan konten live streaming berkualitas. Pasalnya hal ini turut mempengaruhi citra Anda di mata pengikut setia.

 

Aktif Berinteraksi dengan Penonton

Menjadi live streamer atau penyiar langsung memang tidak mudah. Dibutuhkan kemampuan berbicara yang lancar dan percaya diri selama tampil di event green screen.

Selain itu, Anda juga harus mampu berinteraksi dengan penonton selama siaran berlangsung. Mulai dari awal dengan menyapa para penonton yang ikut serta, menyampaikan ucapan terimakasih untuk waktu yang diluangkan, hingga menanggapi komentar-komentar yang masuk.

 

 

Mendatangkan Pembicara Lain

Pada salah satu kesempatan video streaming Anda bisa mengajak pembicara lain atau teman Anda. Kolaborasi ini dapat digunakan untuk saling mempromosikan kepada pengikut masing-masing. Dari hasil kolaborasi bisa jadi Anda akan memiliki pengikut lain dari pembicara atau teman yang diajak kolaborasi.

Bagi Anda pemula juga dapat belajar dari teman yang sudah berpengalaman tentang teknik siaran langsung yang menarik. Selain itu, tidak ada salahnya pula bertukar informasi misal tentang jasa jual stage virtual custom terpercaya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *