KETIKA DUA GAJAH BERKELAHI PELANDUK MATI DI TENGAHNYA…

Saya sangat khawatir dengan perang yang dilucur kan oleh amerika atas china. Saya pernah menuliskan bulan lalu bahwa ini perang serius, sangat serius dan ber impact negative buat Indonesia. Bener loh dan menurut saya kita belum melakukan antisipasi apapun.

Jangan menganggap saya ini lebay, tetapi apa yang terjadi kalau efek perang dagang ini memukul amerika? Atau amerika yang kalah.

Amerika yang merasa sebagai “new world order” mendadak mendapat tantangan dari pasukan kuning china. Dan kalau amerika sampai kalah, dunia berubah kutubnya bergeser “centrum gravitates” nya dan kita bisa melihat apa yang terjadi nanti jika benar ramalan saya ini.

Kita semua tahu menjadi penguasa dunia sangat menguntungkan secara ekonomi juga secara politik. Amerika menikmatinya sudah 70 tahun ini dan sekaramg mendapat tantangan dari Negara china. Kekuasaan amerika tinggal 50% mungkin lebih kecil dan amerika panik.

Sejarah pernah menulis roma Byzantium dan konstantinopel menguasai dunia hampir 1000 tahun dengan 8 kali di tantang oleh kaum “barbar” versi roma. Namun tumbang juga oleh genseric ( saya tulisakan lengkap di buku hitam jangan pernah berkata)

Sekarang belum 100 tahun amerika sudah mendapat tantangan super hebat yang dia tidak pernah bayangkan sebelumnya.

Secara kemiliteran, amerika masih mendominasi. Namun secara teknologi? China sudah menyamai. Secara perdagangan? China sudah menguasai dunia, secara logistic dan distribusi? China yang menang.

Uang? Wallstreet? China punya sendiri dan saya sudah puluhan kali menulis dengan “Hudsonian new economic model” yang china punya.

Sosmed, informasi? Apakah amerika pemenangnya? Mungkin di dunia iya, tetapi di china amerika tidak bisa sentuh sama sekali.

Perhatikan list di bawah ini :

  • Baidu google nya china
  • Alibaba amazonnya china
  • Didi chuxing ubernya china
  • Baike wikipedianya china
  • Nice instagram nya china
  • Wei bo twitter nya
  • Renren FB nya china
  • wechat WA nya china
  • Youku youtube nya china
  • QQ adalah gmail nya china

Ketika perang teknologi di lancarkan Trump setelah 5 kali serang china dengan tariff barang china di naikan 25% kemudian melarang android di pakai Huawei, ternyata hua wei sudah punya platform OS bernama hongmeng OS. Sehingga tidak terlalu berpengaruh. Amerika kecele!

Huawei Chip 50% sudah buatan sendiri dan 5G tidak pakai platform ZTE. Di sisi bisnis, Huawei sudah di pakai sebagai platform operator telekomunikasi di 100 negara yang membuat Huawei tetap beroperasi sebagai penyedia alat telekomunikasi dunia.

Ketika 100 nengara itu memakai 5G, apa yang akan trejadi dengan amerika? amerika hilang !! menjadi Negara medioker!!!. Dan itu bisa di mulai tahun 2020. Tahun depan!

Prediksi saya yang mudah mudahan kali ini salah, amerika akan mengalami inflasi besar di tahun 2020. Di sisi lain, tahun itu tahun politik di amerika. Trump pasti habis habis an akan berjuang untuk jabatan 2 kali yang akan membuatnya semakin tidak terkendali mem-blok barang china yang akan membuat harga retail di amerika naik 25% karena ketergantungan akan produk china sudah lebih dari 40% dunia retail amerika.

Efeknya 2021.

Dunia bisa kena resesi imbas amerika kena resesi amerika. Dan ini bisa memicu sebuah perkataan bijak, “the end of trade war is the beginning of military war”, berakhirnya perang dagang adalah saat di mulainya perang militer. Indonesia siap? #peace  ( by Mardigu W Telegram


Categories: Inspirasi

1 Comment

ekonovID · June 10, 2019 at 6:07 am

tes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *