Permasalahan klasik ketika seseorang ingin membuka peluang usaha ataupun hendak mengembangkan usaha yang tengah digeluti, sering kali menjadi masalah  utama hingga membuat seseorang pusing tujuh keliling.. Tidak punya cukup modal maupun tabungan, padahal hasrat memulai usaha sudah sampai keubun-ubun kepala.

Bahkan kebanyakan diantara mereka yang sudah merintis usaha apapun atau ingin mengembangkannya juga, sering kali mengalami hal demikian. yaitu kebentur modal.

Hambatan atau halangan inilah yang menjadikan seseorang pesimis duluan dan mengurungkan keinginannya untuk membuka bisnis. Jadi, kesempatan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah pun hangus begitu saja..

sehingga mereka menyalahkan diri sendiri dan menyalahkan keadaan keadaan yang ada karena gagal dalam mewujudkan keinginan membuka atau mengembangkan bisnis.

Sebenarnya jika mau berpikir sedikit lebih keras, ada begitu  banyak jalan menuju roma dalam mendapatkan modal usaha. Salah satu diantaranya adalah melalui pinjaman atau berhutang.

Di zaman seperti sekarang ini, pinjaman modal usaha dari berbagai pihak banyak bertebaran. Anda tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan dalam membayar cicilannya. Sekali lagi,semua tergantung dari kebutuhan dan kemampuan setiap individu.

Informasi yang saya hendak sampaikan berikut ini, bisa jadi menjadi alternatif dan membantu Anda dalam mencari pinjaman modal usaha yang terbaik di tahun 2021, sehingga Anda bisa mewujudkan impian Anda untuk  menjadi seorang pengusaha yang sukses.

 

Anda Pusing Mencari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Pelajarilah solusi berikut ini !!

Pinjaman modal usaha dari bank

 

Sudah bukan hal tabu jika butuh uang/modal, ujung-ujungnya lari ke bank. Termasuk dalam hal ini, adalah untuk mengajukan pinjaman uang. Salah satu produk perbankan adalah pinjaman bank yang dapat dijadikan modal usaha, yang dikenal dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Tentu sesuai namanya, pengajuan KTA tidak memerlukan berupa jaminan atau agunan. Ada sejenis KTA yang mensyaratkan calon debiturnya, hanya memiliki kartu kredit, tetapi ada juga yang tidak. Besaran pinjaman KTA tersebut bisa mencapai Rp 500 juta ! keren bukan ?

Syarat dan Cara untukmengajukan KTA di bank:

  • Anda harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Bagi Anda yang berstatus karyawan, minimal sudah setahun bekerja dan mendapatkan  minimal gaji Rp 5 juta setiap bulannya. Bagi Anda yang pengusaha dan kepemilikan usahanya, minimal  sudah 2 tahun berjalan. Sedangkan bagi mereka yang pekerja profesional atau memiliki tempat praktik, harus berstatus akta secara hukum atau sudah terdaftar di instansi terkait.
  • Wajib melengkapi beberapa dokumen, seperti KTP, NPWP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (jika sudah menikah), Surat Keterangan Penghasilan atau slip gaji bagi karyawan, Surat Izin Praktik bagi profesional, atau SIUP/TDP bagi pengusaha, rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir.

Berikut ini adalah  pinjaman KTA terbaik bagi modal usaha:

  1. KTA Digibank

Produk pinjaman berupa KTA ini, berasal dari Bank DBS Indonesia. KTA Digibank menawarkan pinjaman dengan bunga paling ringan, mulai dari 0,88%

  1. KTA Standard Chartered

Memberikan pinjaman sampai Rp 300 juta dan bunga rendah mulai dari 0,65%. Jangka waktu atau tenornya 5 tahun (60 bulan).

  1. Permata KTA Reguler

Produk pinjaman KTA dari Bank Permata ini, berupa pinjaman hingga mencapai Rp 300 juta. Suku bunga yang ditawarkan pun ringan, mulai dari 0,88% per bulan.

 

  1. KTA Citi Ready Credit

Pinjaman KTA yang ditawarkan,bisa mencapai hingga Rp 200 juta. KTA Citi Ready Credit adalah pinjaman dalam bentuk kartu yang dapat dicairkan oleh peminjam kapan saja.

  1. Kredit Express Panin

Mungkin Anda berminat mengajukan pinjaman KTA di Bank Panin lewat Kredit Express Panin, dengan suku bunganya yang  murah mulai dari 0,88% per bulan. Besaran yang ditawarkan juga sangat besar, hingga Rp 500 juta dan tenor penuh

pencicilan sampai dengan 36 bulan.

  1. KTA Tunaiku

Sedangkan produk pinjaman yang menawarkan kredit hingga Rp 20 juta ini, bisa dicicil hingga 20 bulan lamanya. Pengajuannya pun tidak memerlukan syarat kartu kredit. Enaknya lagi, dananya yang cair hanya dalam waktu 1 hari saja. Menarik sekali bukan?

Pinjaman modal usaha dari fintech

 

Perusahaan teknologi keuangan atau disebut fintech saat ini jumlahnya sangat banyak, tidak mau ketinggalan memberikan pinjaman modal usaha, tak terkecuali fintech p2p lending sebagai penyalur pinjaman atau pembiayaan yang mumpuni.

Kita semua, mengenalnya sebagai pinjaman online alias pinjol. Pinjaman dari jenis ini juga, bisa menjadi alternatif untuk dijadikan modal usaha. Asal perlu diingat jangan digunakan untuk keperluan yang bersifat konsumtif.

Tetapi Anda harus paham, ajukan pinjaman online dari fintech lending yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan yang ilegal, kalau tidak mau terjerat bunga yang mencekik leher dan kepala terasa nyut-nyutan.

  1. Pinjaman online Indodana

Untuk pinjaman dana tunai dengan plafon Rp 1 juta hingga Rp 8 juta, tenggang waktu pencicilan bisa sampai dengan 6 bulan, dengan suku bunga efektif maksimum 8% per bulan. Anda tertarik ?

Syarat dan cara mengajukan pinjaman online di  Indodana:

  • WNI dengan KTP yang sah dengan usia 17-55 tahun, serta  bergaji minimal Rp 3,5 juta per bulan
  • Jangan lupa untuk melampirkan dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, dan akun internet banking atau BPJS calon debitur. Mudahkan?
  1. Pinjaman online Kredivo

Kalau pinjaman yang satu ini menawarkan pinjaman dengan cicilan tanpa kartu kredit maupun pinjaman KTA instan limit hingga mencapai Rp 30 juta. Jangka waktu pembayaran mulai dari 30 hari sampai 12 bulan kedepan. Pencairan dananya juga bisa dikatakan kilat, hanya butuh waktu 5 menit saja. Siap-siap menjadi pengusaha atau mengembangan usaha Anda?

Syarat dan cara mengajukan pinjaman online Kredivo:

  • WNI dengan usia 18-60 tahun, penghasilan yang didapat minimal Rp 3 juta per bulan
  • Pengajuannya bisa melalui akun Kredivo dengan syarat KTP dan swafoto atau selfie, bukti tempat tinggal Anda (hubungkan akun e-commerceyang sudah dipakai bertransaksi), jangan lupa mencantumkan bukti penghasilan (unggah foto NPWP atas nama sendiri).

 

Pinjaman modal usaha dari e-commerce

 

(Foto via Tokopedia)

Zaman yang sudah maju dan canggih sekarang ini, mencari pinjaman modal usaha makin mudah. E-commerce yang berkembang saat ini, bukan hanya menjadi situs jual beli online saja, melainkan menawarkan fasilitas pinjaman online, khususnya Anda sebagai mitra penjualnya.

  1. Pinjaman online Tokopedia

Tokopedia juga tidak mau kalah dengan E-commerce lainya. Maka dari itu, Tokopedia menyediakan dua jenis pinjaman modal. Yaitu pinjaman online dan dana instan. Pinjaman online memberi plafon dari Rp 1 juta sampai Rp 1 miliar rupiah. Sedangkan dana instan, menawarkan pinjaman minimal Rp 600 ribu, maksimal Rp 2,4 juta dengan jangka waktu pembayaran bisa hingga 6 tahun (72 bulan). tentunya dengan waktu pembayaran yang diberikan, bisa membuat Anda tidur nyenyak dan mengatur keuangan Anda lebih mudah.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal Tokopedia:

  • Anda harus merupakan merchant aktif Tokopedia
  • Formulir data diri harus diisi dengan lengkap dan benar
  • Berbagai dokumen yang diperlukan, seperti Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Wajib dilampirkan
  • Pengajuan dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi Tokopedia.

 

 

  1. Pinjaman online Bukalapak

Menawarkan fasilitas pinjaman kepada mitra penjual Bukalapak untuk mengembangkan bisnisnya dengan plafon pinjaman mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 2 miliar, dengan tenor sampai 24 bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal di Bukalapak:

  • WNI serta terdaftar sebagai mitra penjual Bukalapak minimal 6 bulan.
  • Anda wajib melengkapi dokumen seperti foto KTP dan foto KK
  • Pengajuan dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi Bukalapak.
  1. Pinjaman online Shopee

Shopee menawarkan pinjaman modal usaha mulai dari interval Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2 miliar rupiah. Pembayarannyapun dapat dicicil dalam jangka waktu paling lama 36 bulan.

Ada pula layanan Shopee Pinjam atau yang dikenal dengan SPinjam untuk pengguna Shopee. Pinjaman tunai ini, memberikan Anda pinjaman limit hingga Rp 5 juta rupiah.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal di Shopee untuk penjual:

  • Anda minimal telah berjualan di Shopee selama 6 bulan, berusia minimal 21 tahun, memiliki KTP, NPWP, dan aktif bertransaksi selama 6 bulan terakhir di Shopee paling sedikit Rp 2 juta sampai Rp 5 juta rupiah.
  • Pengajuan dilakukan melalui website maupun aplikasi Shopee.

Untuk mengajukan pinjaman online di Shopee:

  • Anda harus masuk ke akun Shopee, fitur Spinjam, lakukan pengajuan Anda dengan mengisi jumlah pinjaman dan tenor yang Anda kehendaki, kemudian masukkan nomor rekening bank, tidak menunggu waktu lama, dana akan ditransfer ke rekening Anda. super gampang bukan, caranya mendapat pinjaman dari E-commerce yang satu ini?

 

Pinjaman modal usaha dari pemerintah

 

Pemerintah berupaya memajukan wiraswasta dalam negeri dengan punya programnya yang disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman ini disubsidi bunganya oleh pemerintah, sehingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa mendapat tingkat bunga sangat murah. sehingga tidak membebani terlalu berat usahawan dalam negeri.

Ada KUR mikro dari pemerintah yang disalurkan melalui bank. Tidak main-main, angkanya begitu fantastik. untuk tahun ini saja ,totalnya mencapai Rp 253 triliun. Dan bank BRI mendapat jatah yang terbanyak, sebesar Rp 170 triliun rupiah.

  1. KUR Mikro Bank BRI

Plafon pinjaman maksimal hingga Rp 50 juta, suku bunga 6% per tahun, dan tenor hingga 24 bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha KUR Mikro di BRI:

  • Individu yang usahanya sudah berjalan minimal 6 bulan, serta menjalankan usaha di salah satu e-commerce atau perusahaan angkutan online, tidak sedang menerima kredit dari bank lain, kecuali KPR, KKB, dan kartu kredit
  • Melengkapi dokumen KTP, KK, dan SIUP
  • Pengajuan bisa online melalui situs KUR BRI, atau offline dengan mengunjungi kantor cabang Bank BRI atau agen BRILink terdekat di wilayah Anda tinggal..
  1. KUR Mikro Bank Mandiri

Bank Mandiri sebagai bank milik negara juga, menawarkan fasilitas pinjaman dengan limit kredit maksimal Rp 25 juta dengan agunan. Jangka waktu pembayaran 2 tahun atau 24 bulan dan suku bunga 6% efektif per tahun.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha KUR Mikro Bank Mandiri:

  • Tidak memiliki atau tidak sedang menerima kredit, tidak masuk daftar hitam nasional penarik cek dan giro kosong, usia Anda minimal 21 tahun sampai maksimal 60 tahun, punya usaha produktif yang telah berjalan 6 bulan.
  • Pengajuan KUR mikro dapat langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Pinjaman modal usaha dari Pegadaian

 

Selain itu ada solusi lain untuk Anda mendapatkan modal usaha, yakni dengan meminjam ke Pegadaian. BUMN ini yang satu ini, tentunya memiliki produk pinjaman usaha dengan sebuah jaminan.

  1. Pinjaman modal usaha Kreasi Pegadaian

Pemberian kredit dengan angsuran bulanan untuk UKM dengan sistem fidusia, dimana jaminan atau agunan yaitu berupa BPKB mobil atau motor.

Plafon pinjaman usaha ini mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 500 juta dengan tenor hingga 48 bulan. Bunganya juga masih tergolong ringan, yaitu 1-1,15% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman usaha Kreasi Pegadaian:

  • Memiliki usaha UMKM, status kepemilikan atas nama sendiri dan sudah berjalan minimal 1 tahun, punya agunan mobil atau motor maksimal 15 tahun
  • melengkapi dokumen, seperti legalitas usaha (SIUP, SITU, SKU) atas nama debitur, legalitas kendaraan (BPKB, STNK, faktur, dan kuitansi), KK, dan KTP.
  • Pengajuan pinjaman usaha melalui outlet Pegadaian, agen Pegadaian, maupun online di aplikasi Pegadaian Digital Service yang tersedia dan dapat diakses dimanapun Anda berada.
  1. Pinjaman usaha dengan gadai emas (KCA)

Pemberian kredit untuk kebutuhan produktif seperti membuka usaha,, bisa dilakukan juga dengan sistem gadai. Jenis barang yang harus diagungkan seperti emas, baik emas batangan maupun perhiasan yang Anda miliki..

Pinjaman mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 500 juta rupiah lebih dengan waktu pencicilan maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang. Sedangkan bunganya mulai dari 0,75% per 15 hari.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman modal usaha dengan gadai emas:

  • Fotokopi KTP Anda, menyerahkan barang jaminan, menandatangani Surat Bukti Gadai.
  • Pengajuannya melalui outlet Pegadaian di tempat tinggal Anda terdekat.
  1. Pinjaman usaha dengan gadai angsuran emas (Krasida)

Sama dengan sistem gadai emas KCA, namun cicilannya dapat dibayar secara bulanan. Maka dari itu, tenor pinjaman ini, lebih panjang dari 6 bulan hingga 36 bulan. Limit kredit pun sampai dengan Rp 250 juta dan suku bunga 1,25% per bulan. tentunya pinjam ini akan meringankan beban keuangan Anda.

Syarat dan cara mengajukan pinjaman gadai angsuran emas:

  • Fotokopi KTP dan memiliki barang jaminan berupa emas.
  • Pengajuan pinjaman dapat dilakukan melalui outlet Pegadaian.

Pinjaman modal usaha dari dompet digital

 Jenis pinjaman yang satu ini lagi naik daun, namanya Pay Later. Perusahaan fintech maupun dompet digital sudah bermain di kancah ini untuk membantu Anda berwiraswasta atau mengembangkan usaha Anda.

Pinjaman dari Pay Later, umumnya dimanfaatkan untuk transaksi belanja. Namun bisa juga digunakan untuk membuka usaha. Membeli alat atau kebutuhan bisnis dengan Pay Later.

  1. Indodana Pay Later

Layanan pinjaman ini, memberi limit hingga Rp 25 juta dan dapat digunakan untuk berbelanja di banyak merchant. Tenor pembayaran yang ditawarkan sampai 12 bulan lamanya.

Syarat dan cara mengajukan Indodana Pay Later:

  • WNI, usia 17-50 tahun, berpenghasilan minimal Rp 2,5 juta, dan melengkapi KTP,serta foto selfie Anda
  • Pengajuannya secara online bisa dilakukan melalui di website maupun aplikasi Indodana.
  1. OVO Pay Later

Pinjaman tanpa kartu kredit dari OVO ini memberikan limit hingga Rp 10 juta. Tenor mulai 1 bulan sampai 12 bulan dengan tingkat bunga 2,2%-2,9% per bulan.

Syarat dan cara mengajukan OVO Pay Later:

  • Cukup melampirkan foto KTP saja
  • Anda hanya perlu meng-upgrade akun OVO ke OVO Premier untuk menikmati fasilitas ini.
  • Pengajuannya melalui aplikasi OVO.
  1. Shopee Pay Later

Layanan pinjaman online dengan limit hingga Rp 6 juta ini, bisa dipakai penggunanya untuk belanja di aplikasi Shopee maupun merchant yang menerima pembayaran Shopee Pay Later. mudah sekali bukan?

Jadi, kalau Anda mau, bisa  membuka usaha kuliner misalnya, bisa beli alat dan bahan yang dibutuhkan langsung di e-commerce tersebut atau merchant. Suku bunga Shopee Pay Later yang ditawarkan sebesar 2,95% per bulan.

Syarat dan cara dalam  mengajukan Shopee Pay Later:

  • Cukup mengunggah foto KTP Anda saja, pada saat pengajuan pinjaman.
  • Pengajuan pinjaman online Shopee Pay Later hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee.

Yakinlah, dengan Utang bisnis Anda kian berkembang !

 

Buanglah jauh-jauh gengsi Anda.Tidak usah malu, atau anti utang jika pinjaman Anda ini digunakan untuk kegiatan yang produktif. Terkecuali Anda berhutang untuk berfoya-foya ataupun untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Dijamin Anda kian kurus karena beban pikiran. jadi bijaklah ketika kita meminjam untuk usaha yang produktif.

Apalagi kalau usaha Anda atau dalam masa mengembangkan bisnis, di waktu yang tepat. jangan ditunda-tunda dan banyak pikir, hanya karena perkara kekurangan atau tidak ada modal berupa uang sama sekali.

Dengan mengajukan pinjaman modal usaha, Anda bisa meraih kesempatan emas mengumpulkan lembaran cuan yang jauh  lebih banyak dari bisnis yang tengah Anda dirintis. Selalu semangat untuk berdiri dikaki sendiri dengan usaha yang digeluti. Anggap saja, Anda tengah berjihad untuk membahagiakan orang-orang yang kita sayangi. Siapa takut mencari pinjaman modal, agar bisniskian berkembang.

 

Categories: Tips Bisnis Online

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.