Pada zaman yang telah berkembang teknologi dengan sangat pesat, kini hampir segala sesuatu dapat dilakukan di rumah. Hanya dengan berbagai produk teknologi seperti laptop dan smart phone, anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya yaitu melakukan belanja online melalui e-commerce. E-commerce adalah salah satu jenis media sosial yang digunakan untuk melakukan aktivitas berbelanja. Anda juga dapat menyebutkan ini sebagai pasar online karena terjadi transaksi jual beli.

Di indonesia, ketersediaan e-commerce  semakin hari semakin meningkat membuat para konsumen juga semakin meningkat. Hampir di seluruh pelosok negeri pernah melakukan transaksi belanja online. Apalagi pada masa pandemi COVID-19 yang mana para masyarakat diminta untuk stay at home atau diam di rumah, sehingga segala aktivitas dilakukan secara online.

Namun sayangnya melakukan belanja online membutuhkan kehati-hatian yang tinggi, karena banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan untuk melakukan kejahatan kejahatan tertentu. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda ketahui mengenai belanja online.        

Produk

Tips yang pertama adalah mengetahui produk yang akan dibeli. Sebelum melakukan belanja online sebaiknya cari tahu terlebih dahulu produk apa yang kira kira akan anda beli. Misalnya baju, celana, buku ataupun makanan. Meskipun dengan ketersediaan e-commerce yang besar dan beragam, sangat tidak disarankan untuk berbelanja barang yang tidak diketahui.

Anda juga dapat menggunakan tips membeli barang karena butuh bukan karena keinginan. Hal ini juga akan membantu hidup adalah menjadi lebih hemat. Dengan mengetahui produk yang akan dibeli anda sudah bisa mengerucutkan tips tips berikutnya yang dapat memudahkan anda untuk membeli barang nantinya.

Mengetahui jenis produk yang akan dibeli tidak hanya secara umum, namun anda harus mengetahui jelas secara spesifik tentang produk tersebut. Misalnya anda hendak membeli lemari, maka yang anda cari nantinya yaitu jenis lemari apa contohnya lemari tiga pintu berwarna putih.

Sebaiknya anda tidak langsung mengetik lemari pada mesin pencarian e-commerce, karena di sini anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan harus melihat satu persatu produk. Tidak jarang banyak orang yang merasa bosan ataupun jadi salah beli dan lari dari kebutuhannya. Maka dari itu jangan lupa untuk mencari produk atau melakukan riset mengenai produk yang akan anda beli mulai dari warna bentuk dan jenis.

E-commerce

Tips kedua yaitu memilih e-commerce. Di indonesia sendiri sudah banyak e-commerce yang berkembang. Mulai dari tokopedia, shopee, lazada, jdid, zalora, dan lain lain. Selain melalui e-commerce tersebut, aktivitas belanja orang juga dapat dilakukan melalui media sosial jejaring seperti facebook, instagram, ataupun twitter. Banyak umkm yang mengembangkan produk produknya melalui jejaring media sosial. Sehingga anda dengan mudah dapat memilih sesuai dengan ketertarikan anda.

e-commerce

Dalam memilih e-commerce atau umkm, anda dapat melakukan riset terlebih dahulu. Riset tersebut berupa mencari tahu secara detail mengenai produk produk yang disediakan oleh e-commerce tersebut. Pada beberapa e-commerce mereka memiliki deskripsi yang men detail mengenai produk yang dijual misalnya hanya fokus pada produk kosmetik sehingga bagi anda yang mencari produk fashion tidak dapat melakukan transaksi pada e-commerce tersebut.

Untuk itu sangat penting mengetahui e-commerce tujuan anda. Anda juga bisa bertanya pada beberapa rekan atau kerabat mengenai di mana tempat yang direkomendasikan untuk mencari produk yang ingin anda ketahui. Jangan lupa untuk memberitahu mengenai produk yang ingin anda beli sebelum anda bertanya pada rekan atau kerabat anda.

Baca juga:https://ekonovianto.id/best-e-commerce-di-indonesia/

Toko Terpercaya

Tips berikutnya itu memilih toko yang terpercaya. Mungkin sebagian dari anda yang sering berbelanja online akan merasa ini merupakan hal yang mudah, namun bagi anda yang terbilang baru dalam dunia berbelanja online akan merasa bingung. Pasti terlintas dalam benak anda bagaimana saya mengetahui bahwa toko itu terpercaya atau tidak. Nah kali ini saya akan berbagi tips mengenai mengetahui bagaimana toko tersebut dapat dikatakan terpercaya atau tidak.

Jika anda menggunakan e-commerce seperti tokopedia atau shopee, maka anda dapat mengetahui toko terpercaya melalui fitur star seller atau shopee mall.    Karena fitur ini telah disediakan oleh e-commerce tersebut untuk toko toko yang telah melalui berbagai syarat yang disediakan, sehingga setelah memenuhi kualifikasi tersebut dapat dikatakan bahwa toko mereka cukup terpercaya untuk berbelanja.

Jika anda menggunakan media sosial seperti facebook atau instagram, maka lihatlah jumlah followers mereka terlebih dahulu, kemudian lihatlah foto yang di tag pada akun mereka, ketiga lihatlah komentar yang ada pada postingan dan bagaimana respon para viewers, terakhir itu memastikan bagaimana ke aktifan toko tersebut. Jika salah satu dari beberapa bagian tersebut tidak terpenuhi maka sebaiknya jangan coba coba melakukan transaksi.       

Official Shop

Karena sudah banyak E-commerce yang tersebar di indonesia, maka banyak juga produk produk atau brand yang mengembangkan aplikasi maupun website untuk berbelanja. Dalam artian anda bisa membeli produk produk secara langsung dari produsen atau pabrik melalui halaman web maupun aplikasi yang dikembangkan. Ini juga sering dinamakan dengan official shop.

Berbelanja langsung pada official shop dapat menjauhkan anda dari resiko terjadinya penipuan. Bahkan resiko tersebut hampir mendekati 0%. Hal ini karena ada berbelanja langsung pada produsen yang membuat produk tersebut. Apabila terjadi penipuan atau kesalahan tertentu maka bisa saja disebabkan oleh konsumen yang salah dalam mengikuti prosedur yang disediakan.

Untuk itu saya menyarankan anda untuk berbelanja dengan menggunakan official shop kemudian mengikuti prosedur yang disediakan oleh toko tersebut. Baik dimulai dari cara pemesanan hingga proses pembayaran. Pastikan anda tidak melewati salah satu step yang berlaku. Pada beberapa e-commerce juga menyediakan official shop seperti lazada mall ataupun shopee mall.

Survey

Melakukan survei sebelum berbelanja online adalah hal yang sangat penting. Survei yaitu teknik mengumpulkan data untuk mengetahui suatu informasi yang ingin diketahui. Survei yang patut dilakukan dalam berbelanja online yaitu survei mengenai produk yang akan dibeli, di mana anda akan membeli atau toko apa, proses yang akan anda lewati dan beberapa informasi penting lainnya.

Untuk melakukan tindakan survei, anda dapat memulai dengan bertanya pada orang terdekat anda atau mencari informasi melalui mesin pencarian google. Dengan survei dapat membantu anda mengerucutkan pencarian anda dan mengetahui mengenai resiko resiko yang ada. Sehingga anda dapat mempersiapkan teknik teknik tersendiri untuk melakukan belanja online atau transaksi pembayaran. Tentunya tujuan utamanya itu menghindari diri anda dari resiko seperti terjadinya penipuan.

Teknik ini sangat patut atau wajib dilakukan bagi kalian yang baru pertama melakukan transaksi atau akan melakukan proses belanja online. Selain itu, manfaat yang akan anda dapatkan yaitu mengetahui mengenai dunia belanja online lebih banyak lagi secara mendetail. Sehingga nantinya dapat memudahkan anda untuk melakukan transaksi transaksi berikutnya. Maka dari itu jangan lupa melakukan survei ya.

Syarat dan Ketentuan

Sering kali kita melewatkan bagian syarat dan ketentuan. Namun tahukah anda bawah ini merupakan salah satu hal yang sangat penting. Syarat dan ketentuan menuliskan tentang apa saja yang harus kita lakukan dan apa saja yang akan kita dapatkan serta apa saja yang tidak akan kita dapatkan.

Untuk itu sangat disarankan untuk tidak lupa mengetahui kebijakan yang diberlakukan oleh suatu tokoh atau produsen dengan cara membaca syarat dan ketentuan. Setiap situs belanja online ataupun e-commerce memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda beda. Maka dari itu jika anda dan berbelanja pastikan bahwa anda telah membacanya.

Anda sebagai konsumen harus mengetahui hak dan kewajiban anda. Terkadang ketidakpahaman menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada suatu masalah. Dengan memahami hak dan kewajiban kita akan mengetahui apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat dilakukan. Biasanya hak dan kewajiban anda sebagai konsumen juga berkaitan dengan apabila terjadi penipuan. Maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk memahami apa saja hak dan kewajiban anda sebagai seorang konsumen.

Harga

belanja online harga

Sebagai seorang konsumen tentu harga menjadi salah satu poin penting bagi anda. Apalagi bagi kaum wanita, mencari harga yang murah adalah tujuannya. Namun kini berbagai macam modus penipuan dengan alibi harga murah sudah sering ditemukan pada kasus belanja online. Berbagai penawaran diberikan dengan harga yang sangat murah hanya demi meraih perhatian publik semata.

Untuk itu anda perlu menjadi pengguna toko online yang bijak. Yang harus anda perhatikan adalah apakah harga yang diberikan sesuai dengan kualitas yang didapatkan atau tidak. Anda dapat membandingkan harga yang anda dapatkan dengan kualitas produk atau terbuat dari bahan apa produk tersebut. Apabila harga terlihat sangat murah maka anda perlu menanyakan lebih detail mengapa harga itu menjadi sangat murah apalagi harga berada di bawah harga pasar.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan transaksi yang mana jangan terburu buru melakukan transaksi. Yang kedua yaitu perhatikan apakah merek yang diberikan merupakan merek asli atau palsu sehingga harganya murah, kemudian survei dan bandingkan dengan harga pada toko lainnya. Jika perbedaan harga sangat jauh maka ada patut waspada.         

Deskripsi Produk

Tips belanja online berikutnya yaitu dengan membaca deskripsi produk. Banyak orang yang hanya termakan visual atau gambar dari produk. Yang harus anda ingat adalah seringkali ekspektasi jauh dari realita. Karena barang yang ditampilkan biasanya sudah melewati berbagai proses filtering ataupun pengeditan gambar. Efek cahaya dan penggunaan kamera yang bagus juga mempengaruhi. Maka dari itu bacalah deskripsi secara detail.

Kesalahan yang seringkali terjadi adalah pada bahan pakaian. Misalnya pada gambar terlihat pakaian tersebut cukup tebal namun ternyata bahan aslinya lebih tipis. Dengan membaca deskripsi produk biasanya akan membantu anda untuk mengetahui bahan produk yang digunakan. Untuk itu tahan diri anda agar tidak terburu buru langsung membeli tanpa membaca deskripsi produk.

Deskripsi produk biasanya menyediakan ukuran, bahan yang digunakan, bentuk, serta informasi informasi detail lainnya. Apabila terjadi kesalahan anda merasa tertipu, biasanya pihak toko tidak ingin melakukan pengembalian karena mereka sudah menuliskan dengan jelas pada bagian deskripsi produk. Bacalah secara seksama apabila anda merasa ada yang masih kurang maka tanyakan pada min toko.

Metode Pembayaran

Memahami metode pembayaran menjadi satu hal penting yang patut diperhatikan. Biasanya ketika melakukan transaksi pada e-commerce maka akan disediakan banyak metode pembayaran. Pada umumnya metode pembayaran terdiri dari transfer antar bank, pembayaran melalui gerai, pembayaran menggunakan uang elektronik, credit card, dan jenis pembayaran tambahan lainnya. Berikut ini beberapa tips yang patut anda perhatikan dalam melakukan metode pembayaran.

  • Pelajari mengenai prosedur pembayaran mulai dari step by step
  • Sebisa mungkin hindari pembayaran menggunakan credit card, karena biasanya informasi pribadi anda akan terekam        
  • Apabila tersedia jenis pembayaran COD atau cash on delivery, maka akan sangat baik jika anda memilih metode tersebut karena anda akan membayar ketika barang telah tiba .
  • Apabila anda melakukan per belanjaan pada brain ternama maka pastikan bahwa anda tidak transfer pada akun atas nama pribadi
  • Hindari metode pembayaran yang dilakukan di luar gerai
  • Jika anda membeli produk melalui umkm, maka pastikan bahwa anda telah menyamakan nama yang muncul ketika akan melakukan pembayaran anda dengan nama yang diberikan oleh penjual.
  • Pembayaran dengan metode gerai seperti alfamart dan indomart juga merupakan salah satu pilihan yang aman.
  • Apabila anda dihubungi dan mengaku bahwa orang tersebut adalah perwakilan dari tokoh yang akan anda belanja dan meminta anda untuk men transfer uang maka jangan lakukan. Karena bisa saja itu merupakan salah satu bentuk penipuan.         

Bukti Pembayaran

Bukti transfer merupakan salah satu kertas kecil yang berisikan tentang nominal yang telah anda transfer atas nama siapa dan waktu mentransfer anda. Sebagian orang setelah melakukan transfer makan langsung membuang bukti transfer, namun hal ini sangat tidak disarankan untuk anda. Memegang bukti transfer perlu dilakukan hingga bareng tiba di tangan anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari penipuan.

bukti pembayaran

Ketika terjadi hal yang tidak dinginkan bukti transfer merupakan salah satu bukti yang kuat untuk anda melakukan pelaporan. Apabila anda melakukan transfer dengan menggunakan mobile phone atau smart phone, biasanya anda akan menerima bukti yang ditayangkan pada layar. Anda dapat melakukan screenshoot untuk mengambil gambar tersebut lalu disimpan.

Mungkin sebagian dari anda akan bertanya lalu apa yang harus dilakukan ketika bukti transfer telah hilang ? Yang harus anda lakukan adalah pertama tama lihat situasi. Apakah situasi tersebut mencurigakan atau tidak, apabila anda yakin 100% maka relakan saja bukti transfer yang hilang. Namun jika sudah ada tandatanda hal yang tidak dinginkan, maka sebaiknya anda berkunjung ke bank untuk meminta bukti transfer karena biasanya anda dapat mencetak selembar kertas yang menunjukkan bukti transfer anda.

Gadget Pribadi

Melakukan kegiatan belanja online tidak dapat dilakukan sembarang. Apabila anda hendak melakukan kegiatan tersebut maka gunakanlah ponsel pribadi anda atau alat elektronik milik anda. Hindari menggunakan alat elektronik milik orang lain ataupun menggunakan alat elektronik publik. Misalnya warnet.

Karena dalam melakukan transaksi biasanya kita akan mengisi informasi informasi yang bersifat pribadi. Secara tidak langsung informasi tersebut akan terekam oleh alat yang kita gunakan. Untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan, yang mungkin akan terjadi pada waktu yang tidak kita prediksikan, maka dari itu sebaiknya digunakan alat elektronik milik pribadi anda. Apalagi apabila sudah tidak melakukan transaksi lalu menggunakan komputer pada tempat umum seperti warung internet.

Solusi yang bisa anda lakukan adalah menggunakan alat elektronik milik anda sendiri atau apabila anda tidak memiliki atau tidak mumpuni, maka gunakan milik rekan atau kerabat there dekat anda tetapi gunakan akun mereka. Jika anda menggunakan akun milik orang lain maka proses pembayaran juga harus anda perhatikan. Misalnya hindari pembayaran dengan mencantumkan nomor CVV atau pembayaran menggunakan kartu kredit.         

Review Seller

Salah satu tips belanja online agar tidak tertipu yaitu dengan melihat review seller atau ulasan penjual. Hal ini cukup penting untuk mengetahui track record atau pengalaman tokoh dalam menangani para pelanggan nya. Jika anda membeli barang pada situs e-commerce maka biasanya tersedia ulasan para pembeli dan jumlah pembeli serta bintang yang diberikan. Dari sana ada dapat mengetahui apakah produk tersebut bagus atau tidak. Jangan ragu untuk mengabiskan waktu dengan membaca ulasan ulasan dari para pembeli sebelumnya. Namun ada juga harus tetap bijak dalam melihat komentar tersebut apakah masuk akal atau tidak.

review seller belanja online

Hal yang berbeda terjadi jika anda mau beli di luar e-commerce atau pada website yang dimiliki oleh produk tersebut. Biasanya ulasan ulasan tidak banyak yang disediakan. Maka dari itu anda perlu mencari pada mesin pencarian google. Kadang juga ada situs situs ataupun blok yang mengulas secara khusus tentang produk produk tertentu.

Melihat ulasan bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon admin kepada para pembeli, mengetahui bagaimana kualitas produk, mengetahui kepalsuan atau ke aslian dari produk, melihat apakah ada pengguna yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Maka dari itu sebaiknya jangan lewatkan ulasan ulasan tersebut.                           

Kebijakan

Kebijakan merupakan salah satu hal yang diberlakukan oleh pemilik toko kepada kita. Meskipun sebagian dari kita menganggap bahwa suatu kebijakan bukan hal yang terlalu penting tetapi esensinya sangat amat penting dan akan terasa apabila kita mengalami suatu masalah dalam proses belanja online. Anda harus memastikan beberapa poin tertentu mengenai kebijakan. Pastikan bahwa anda telah memahami isi serta membaca seluruh isi dari kebijakan yang diberlakukan sebelum anda melakukan transaksi.

Yang perlu anda lakukan adalah membaca dengan cermat apa saja kebijakan yang diberlakukan oleh produsen. Seringkali terjadi kesalahpahaman karena pembeli tidak membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu kemudian setelah terjadi hal yang tidak dinginkan klaim yang diberikan tidak dapat di atasi oleh sang produsen. Tiga hal seperti ini terjadi pada anda, anda tidak dapat langsung menyalahkan sama produsen karena kesalahan yang diperbuat adalah oleh anda dan apa yang diberikan telah disediakan.

Biasanya syarat dan ketentuan yang berisi tentang kebijakan berada pada halaman metode pembayaran atau prosedur per belanjaan. Jika toko tidak menyediakan maka mungkin akan lebih baik jika anda menghubungi bagian admin dari toko tersebut untuk menanyakan hal hal yang ingin anda tanyakan. Beberapa hal penting yang perlu anda ketahui adalah bagaimana prosedur pengiriman barang, apa yang harus anda lakukan jika barang yang datang rusak, apakah bisa dilakukan kembalian ketika barang tidak sesuai ataupun penukaran ketika ukuran tidak sesuai.      

Adapun hal penting lainnya itu menanyakan kebijakan mengenai penggunaan data pribadi. Apakah toko tersebut menjamin kerahasiaan data pribadi anda, karena sekarang ini sedang marak maraknya penjualan data yang dilakukan. Apabila toko tersebut merupakan tokoh yang terpercaya maka mereka akan memberikan pelayanan secara maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa ada hal yang mencurigakan.

Bertanya Pada Seller

Jangan pernah malu untuk bertanya pada penjual. Setiap tokoh menyediakan admin atau orang yang menangani pelayanan publik. Apabila anda rasa bahwa produk yang ditampilkan pada deskripsi belum sesuai atau masih ada yang ingin anda ketahui, maka pastikan bahwa anda akan menghubungi admin yang telah disediakan.

Bertanyalah hingga ada merasa puas sebelum akhirnya anda membeli barang atau melakukan transaksi. Namun apabila ada rasa msh ragu dan belum pasti akan membeli barang sebaiknya tidak bertanya yang terlalu mendalam karena biasanya hal ini menciptakan sensitivitas antara anda dengan admin toko.

Barang Dalam Negeri

Hindari membeli barang dari luar negeri. Hal ini berlaku bagi para pengguna e-commerce besar. Biasanya anda akan melihat banyak produk dari luar negeri yang menawarkan harga dengan sangat murah. Sekali lagi anda tidak boleh terpengaruh dengan harga yang murah. Karena harga yang berapa belum tentu memberikan kualitas yang memuaskan.

belanja online produk lokal

Mengapa kita perlu menghindari membeli barang dari luar negeri. Karena hal ini berhubungan dengan faktor keamanan, bisa saja produk yang di kirimkan tidak sesuai. Selain itu juga apabila terjadi hal yang tidak dinginkan maka akan sulit untuk melakukan komplain maupun pengembalian barang. Karena akan memakan waktu serta biaya yang cukup besar.

Selain itu anda juga tidak perlu ragu dengan produk produk dalam negeri. Karena kini di indonesia sudah banyak UMKM yang menjual produk lokal berstandar nasional dengan kualitas yang sangat baik. Selain anda dapat memberikan kontribusi bagi negara ini, secara tidak langsung ada juga memberi dukungan kepada para pelaku umkm untuk senantiasa berkembang. Hindari tindakan underestimate pada produk produk dalam negeri.         

Hindari Kontak Personal

Biasanya apabila kita melakukan belanja online, maka kita akan dihubungkan dengan atmin yang mana mereka secara legal mewakili toko tersebut. Kini sudah banyak modus modus yang mengatasnamakan admin lalu membawa ke ranah pribadi dengan menggunakan nama pribadi dan meminta untuk transfer sejumlah uang dengan dalil pembayaran yang tidak diketahui. Hal ini perlu anda hindari.

Apabila anda tidak mendapatkan kontak langsung dari admin atau tidak mendapatkan kontak dari orang yang mengatasnamakan personal, maka segeralah berwaspada. Ingatlah untuk tidak mudah percaya dengan orang baru apalagi dalam kegiatan berbelanja online melibatkan sejumlah transaksi yang tidak main main.

Apabila Barang Rusak

Jika anda melakukan belanja online dan ketika produk yang datang merupakan barang rusak, segera melaporkan hal tersebut kepada pihak toko. Informasikan segala kondisi yang ada bila perlu anda harus mengirimkan foto sebagai suatu bukti. Lalu kemudian tanyakan mengenai prosedur pengembalian ataupun penukaran barang.

Segera Lapor

Jika anda melakukan proses belanja online namun dalam tahapannya terdapat berbagai hal hal yang mencurigakan, mulailah untuk mengumpulkan bukti bukti dan mencari tahu terlebih dahulu. Misalnya anda dapat melakukan klarifikasi terlebih dahulu pada admin toko. Jika masih tidak mendapatkan jawaban, maka sebaiknya ada lapor kepada pihak yang berwajib dengan membawa sejumlah bukti.

Namun biasanya kasus kasus dengan dalih belanja online yang mengatasnamakan nama pribadi sulit untuk diusut oleh pihak kepolisian. Kak dari itu pastikan bahwa anda telah mengikuti segala prosedur yang ada, membaca kebijakan serta syarat dan ketentuan, dan mengumpulkan bukti sebelum akhirnya anda melaporkan kepada pihak yang berwajib.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *