Tips Lancar Live Streaming Untuk Event Virtual

Karena masalah pandemi, banyak event sekarang menggunakan platform streaming. Contoh saja press conference. Jika dulu event ini menggunakan ruangan besar dengan banyak guest yang duduk satu ruangan, sekarang event ini bisa disaksikan secara online.

Karena tidak butuh datang langsung, penggunaan ruang virtual lebih mendukung situasi pandemi. Walaupun tidak hadir secara langsung, event tetap bisa dirasakan dekat berkat teknologi streaming saat ini.

Sayangnya tidak semua orang bisa membuat acara live streaming yang baik.  Set up virtual stage bisa sulit bagi yang tidak biasa. Untuk membantu Anda yang ingin buat event virtual dan live streaming, silahkan coba tips – tips berikut ini:

Pilih Platform yang Paling Cocok dengan Konten Event Anda

Hal pertama yang simple tapi jarang dipikirkan adalah tentang platform event virtual. Tergantung platform yang dipakai, kapasitas live stream bisa berbeda. Platform berbeda juga memiliki peraturan dan fitur tertentu yang pengaruhi kualitas live stream.

Banyak jasa live streaming memisahkan layanan berdasarkan platform yang dipilih. Mulai dari YouTube, Twitch, Zoom, Instagram dan platform lain, akan membutuhkan skill berbeda. Jika pihak profesional memisahkan kategori layanan berdasarkan platform, Anda juga harus pertimbangkan hal ini.

Contoh saja, Anda ingin live streaming event untuk pengumuman seputar gaming dan pop culture. Platform yang cocok untuk ini biasanya Twitch. Sedangkan untuk live stream bisnis yang formal, tempat seperti Zoom dan YouTube akan lebih cocok.

Setiap platform menawarkan fitur dan layanan yang berbeda. Tantangan streaming di satu platform bisa berbeda di platform lain. Contoh saja soal Twitch. Tempat ini memiliki fitur banyak seputar live stream. Tapi karena fitur yang banyak ini, beban live stream jadi berat. Orang dengan kecepatan internet kurang akan bermasalah streaming dan nonton stream di sini.

Kebalikan dengan live stream Instagram. Di platform ini, Anda bisa lebih casual. Menggunakan kamera HP sudah cukup untuk keperluan live di sini. Tapi batasan kecepatan dan fitur yang diberikan untuk live stream lebih restriktif. Jadi, Anda harus lakukan sendiri banyak penyesuaian di backend, untuk tampil lebih profesional.

Penyesuaian Untuk Event Exclusive dan Public

Tips berikutnya adalah menyesuaikan keperluan live stream dengan audience. Apakah Event Anda exclusive? Atau public? Hal ini bisa membuat kebutuhan live stream berbeda jauh. Untuk keperluan exclusive, content harus lebih interaktif dan dekat dengan audience. Jika public, konten harus lebih umum dan general.

Aspek ini bisa dilihat dari contoh jasa event green screen. Jasa ini biasanya memberi efek green screen yang fokus dan lebih personal seputar event di tipe exclusive. Sedangkan stream public, green screen lebih general dan fokus pada tampilan saja. Hal ini karena stream public butuh menarik penonton, sedangkan exclusive sudah pasti dapat audience yang jelas.

Konten selain tampilan juga penting. Anda harus pertimbangkan apakah topic event ataupun isinya sesuai dengan audience. Untuk event exclusive, topic bisa lebih personal. Contoh saja event Zoom perayaan ulang tahun perusahaan yang penonton adalah karyawan. Dalam lingkup ini, pembicaraan bisa bahas seputar perusahaan tanpa takut ada informasi bocor ke pesaing.

Buat Perencanaan yang Detail

Perencanaan ini harus detail karena bergantung dengan tampilan live stream. Contoh saja transisi, pemutar video, penggunaan efek, durasi, topic dan interaksi audience harus direncanakan baik. Banyak event live stream spontant sering gagal karena tidak siap dan canggung.

Perencanaan juga penting untuk persiapan perlengkapan dan staff. Misalkan saja, Anda butuh tampilan tertentu pada live stream. Jika sudah deplaning dari awal, Anda akan mudah pesan dari jasa virtual stage custom untuk kebutuhan tampilan tertentu.

Aspek perencanaan biasanya berbeda tergantung dari isi acara. Contoh saja seminar. Untuk hal ini, lebih dipentingkan konteks bahasan topic, media pendamping dan durasi. Isi seminar harus disesuaikan dengan media. Jadi saat pembicara muncul, timing gambar ataupun video pendamping bisa selaras saat live stream. Tanpa timing di perencanaan, tampilan seminar online ini bisa kurang profesional.

Tentukan Format Event dengan Jelas

Format event juga menentukan kesuksesan live stream Anda. Jika ingin lancar, pastikan format jelas. Apakah Anda buat format talk show dengan dua orang mengobrol? Apakah presentasi? Apakah mix media dengan music, gambar dan video? Apakah format interaktif? Semua ini akan memerlukan touch berbeda.

Orang seringkali memiliki gambaran berbeda soal apa itu virtual stage. Karena itu, pembicaraan format harus jelas terlebih dahulu. Banyak orang pandang hal ini seperti konser yang di broadcast secara virtual. Tapi di sisi lain, stage ini bisa berupa panggung untuk press conference. Jika dari awal, konsep tidak dijelaskan, Anda bisa bingung mengaturnya.

Perhatikan Desain Virtual Stage

Desain virtual stage harus diperhatikan juga jika ingin lancar live stream. Event green screen boleh mahal, tapi jika tampilannya tidak sesuai dengan tema acara, Anda bisa bermasalah. Coba contoh saja games announcement dari Nintendo di YouTube.

Background sederhana dengan proses transisi yang mudah membuat tampilan tidak hanya menarik tapi profesional. Konsep ini hanya bisa ditunjukan jika desain virtual stage Anda matang dan sesuai kebutuhan.

Pastikan diskusi dengan pihak yang jual stage virtual custom soal kebutuhan Anda. Mereka biasanya mampu memberi masukan dan arahan yang baik seputar virtual layout untuk stream acara tertentu. Tidak jarang Anda bisa pilih dari template yang mereka punya sebagai inspirasi dan arahan kongkrit tampilannya.

Kesiapan Peralatan Harus Dipenuhi

Peralatan untuk streaming bisa dibuat sederhana. Tapi untuk event besar, Anda harus punya persiapan penuh. Contoh saja dalam menggunakan green screen. Cara pakai green screen adalah melakukan seleksi warna dari capture kamera dan mengganti warna hijau dari green screen dengan animasi atau gambar yang diinginkan. Hal ini tampak simple tapi harus dengan alat khusus.

Anda tidak bisa pakai sembarang warna hijau dan melakukan capture green screen. Umumnya pencahayaan dan bayangan harus diperhatikan. Bayangan bisa membuat tampilan  hijau jadi gelap dan scan warna bisa terganggu. Masalah ini menjadi hal besar jika Anda tidak siap saat live stream sudah dimulai.

Keperluan program overlay streaming juga perlu. Percuma memiliki desain custom virtual stage yang megah jika sistem overlay yang digunakan tidak bagus. Banyak live stream blurry atau error karena program stream overlay tidak disetting baik. Jadi belajar banyak soal perlengkapan streaming dan cara memakainya sebelum mulai buat event stage virtual.

Perhitungan Budget dan Kebutuhan Streaming

Biaya live stream tidak akan mahal jika Anda ingin tampilan sederhana. Tapi untuk virtual stage, harga bisa sangat mahal. Tidak jarang perusahaan sewa studio khusus untuk kebutuhan ini. Harga jasa virtual stage bisa mahal jika Anda tidak tahu batasannya.

Anda harus usahakan cari jasa lives streaming murah jika memang butuh jasa profesional tapi dalam budget tipis. Perhitungan ini mungkin sulit bagi yang tidak berpengalaman. Tapi Anda bisa coba research terlebih dahulu berapa banyak uang yang dibutuhkan.

Umumnya, peralatan seperti kamera, kemampuan internet cepat untuk streaming dan juga komputer untuk pengatur broadcast harus ada. Hal ini tentu bisa dibuat sederhana jika streaming casual. Contoh saat saat streaming dari kamera HP ke Instagram. Tapi untuk keperluan bisnis presentation, budget harus tersedia lebih besar.

Simulasi dan Latihan Harus Dilakukan Lebih dari Sekali

Hal nomor satu dalam belajar live streaming adalah simulasi dan pengulangan. Jika Anda ingin event live streaming lancar, simulasi harus dilakukan berkali – kali. Dari simulasi ini, hasilnya akan dievaluasi. Jika ada masalah muncul atau tampilan yang tidak sesuai harapan, perbaikan harus dilakukan.

Misalkan saja Anda memesan material green screen. Nantinya event green screen akan tampilan background animasi selama stream. Tapi jika ada masalah pada tampilan green screen tersebut, Anda tidak tahu tanpa melakukan simulasi. Jadi jangan remehkan lakukan simulasi!

Perhatikan Kemampuan Interaksi dengan Penonton

Untuk live stream sukses, Anda harus pikirkan juga bagaimana interaksi dengan penonton. Apakah Anda membuka interaksi dua arah? Atau hanya satu arah? Biasanya live stream seminar dan press conference hanya berjalan satu jalur. Tapi untuk live stream konser dan stand up comedy, interaksi dengan audience live stream juga penting.

Penyesuaian interaksi ini juga terlihat saat pakai jasa buat virtual stage. Jika konsep interaksi satu arah, Anda lebih fokus pada pembicara. Tapi jika ingin interaksi dengan penonton, Anda harus siapkan tool di layar untuk tampilkan chat dan comment tabs.

Jika Anda coba lihat live stream di YouTube, penggunaan tampilan chat dan comments sudah umum. Tapi jika Anda butuh ini, Anda harus cari pihak yang jual stage virtual custom. Penyesuaian tampilan tabs ini dengan event akan penting. Anda tentu tidak ingin overlay live stream terlihat basic, jadi pemikiran interaksi dengan chat ini harus dipikirkan baik.

Menggunakan Layanan Jasa Virtual Event dan Live Streaming

Tips terakhir adalah dengan kerja sama dengan jasa virtual event. Banyak orang yang tidak berpengalaman, sering pesan jasa ini untuk mempermudah acara. Memang harga jasa virtual event bisa mahal, tapi dibandingkan event yang gagal dan mengecewakan, jalur ini jauh lebih baik.

Jasa virtual event bisa membantu mulai dari hal konsep sampai dengan hal technical. Sering juga ada tawaran paket – paket layanan tertentu yang bisa Anda pilih. Harga jasa live streaming bisa lebih murah dengan layanan paket ini biasanya.

Layanan seperti ini tidak sulit ditemukan di internet. Anda hanya cukup sesuaikan keahlian penyedia jasa dengan kebutuhan Anda. Ada jasa yang ahli soal live stream sederhana dengan budget tipis, tapi ada juga yang ahli untuk high tech event besar. Pastikan tanya – tanya dulu sebelum menggunakan jasa broadcast live stream ini.

Sekian bahasan tentang tips mengenai virtual event dan live streaming. Dari bahasan di atas, banyak hambatan yang pasti Anda hadapi. Tapi di sisi lain, Anda yang menghadapi tantangan ini dengan baik pasti lebih terlatih. Jika sudah biasa membuat event digital, Anda pasti lebih mudah melakukannya.

Jalur cepat juga bisa dilakukan dengan gunakan jasa live streaming. Menggunakan jasa ini, Anda bisa bayar orang untuk mempersiapkan acara dan membantu virtual event makin sukses. Hal ini mudah tapi lebih mahal. Namun bagi yang memang kesulitan, jalur ini bisa diambil.

Semoga bahasan ini berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah baca artikelnya dan semoga acara digital Anda lancar!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *